Manfaat Lidah Buaya
Manfaat Lidah Buaya (Ilustrasi/pexels)

10 Manfaat Tersembunyi dari Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan pelembap terbaik yang membantu meningkatkan kadar air dalam kulit sehingga kulit menjadi lembut. Lidah buaya juga mengandung semua jenis vitamin, kecuali vitamin D. Lidah buaya juga mengandung saponin yang berfungsi sebagai anti-mikroba, asam salisilat yang membantu menyeimbangkan pH kulit, antrakuinon yang membantu regenerasi kulit dan peremajaan kulit, anti-jamur, anti-bakteri, magnesium laktat yang mampu mengurangi ruam dan gatal-gatal pada jerawat, serta zat yang dapat mengurangi kelebihan minyak, kotoran, serta mengurangi ukuran nodul jerawat.

10 Manfaat Lidah Buaya

Sejak zaman Mesir Kuno, lidah buaya sudah dikenal sebagai tanaman ajaib yang mampu menyelesaikan berbagai masalah, mulai dari kulit, rambut, dan wajah. Apa sajakah manfaat lidah buaya? Simak penjelasan berikut ini:

  1. Mengobati Jerawat

Lidah buaya memiliki zat anti-mikroba, anti-bakteri, dan zat lainnya yang telah disebutkan di atas, yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat. Caranya, ambil bagian dalam lidah buaya yang berupa gel. Kemudian, tumbuk hingga halus dan oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.

Manfaat Lidah Buaya
Manfaat Lidah Buaya (Ilustrasi/pexels)

2. Pelembap Alami

Lidah buaya mengandung gel yang berfungsi melembapkan kulit. Caranya mudah, cukup oleskan gel lidah buaya pada wajah, sebelum menggunakan make up.

3. Obat Gatal dan Obat Luka

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi peradangan dan membasmi bakteri yang menyebabkan infeksi. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada kulit yang gatal atau luka bakar.

4. Menyamarkan Stretch Mark

Stretch mark adalah garis-garis kerutan yang muncul akibat bertambahnya berat badan usai melahirkan sehingga mengakibatkan kulit meregang. Stretch mark dapat diatasi dengan memijat-mijat kulit dengan gel lidah buaya.

5. Mencegah Keriput

Lidah buaya mengandung vitamin C dan E yang membantu mengencangkan kulit, meremajakan kulit, dan menjaga kulit tetap lembap.

6. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sinar ultraviolet dari sinar matahari berbahaya, karena dapat membakar kulit dan menyebabkan bintik-bintik pada wajah. Dengan mengoles dan memijat kulit dengan gel lidah buaya, dapat melindungi kulit dari sinar UV.

7. Mencerahkan Kulit

Tidak hanya mencerahkan kulit, lidah buaya juga membantu mencegah proses penuaan kulit, mendorong produksi sel-sel kulit baru, mencegah munculnya bekas luka, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan meningkatkan elastisitas kulit sehingga membuatnya halus dan lentur.

8. Mengatasi Kuku Rapuh

Tak hanya berguna untuk kesehatan kulit dan rambut, ternyata lidah buaya juga bermanfaat bagi kuku juga loh. Dengan mengoleskan gel pada kuku, akan membuat kuku lebih kuat dan tidak kusam.

9. Menjaga Kesehatan Rambut

Lidah buaya membantu mengatasi dan mencegah infeksi pada rambut, mempertahankan pH kulit kepala, menjaga kelembapan kulit kepala, mendorong pertumbuhan rambut, menghilangkan sel-sel kulit mati, dan mencegah ketombe. Caranya, oleskan gel lidah buaya pada rambut. Kemudian, diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

10. Menjaga Kesehatan Tubuh

Lidah buaya dapat kita buat jus atau wedang yang berkhasiat untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan dan lambung, mengurangi konsentrasi kolesterol, mencegah gigi berlubang, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, kita bisa buat minuman dengan gel lidah buaya. Caranya, potong dadu gel lidah buaya dan bersihkan hingga lendirnya hilang. Kemudian, rebus dalam air mendidih sekitar 10 menit. Angkat dan tiriskan. Lalu, rendam dalam air jeruk nipis sekitar 10 menit. Selanjutnya, angkat gel dan campurkan dengan minuman lain sehingga gel tadi terlihat seperti jeli. Untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya konsumsi gel bersama air gula merah.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- mamfaat lidah buaya, - 10 manfaat lidah buaya, - lidah buaya meremajakan sel sel mati, - mamfaat lidah buaya pada wajah, - mencari mamfaat lidah buaya, - meremajakan kulit ala lidah buaya

data-ad-format="link">
10 Manfaat Tersembunyi dari Lidah Buaya Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 217 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *