10 Penyebab Sakit Kepala dan Cara Pencegahannya

By | September 30, 2015

10 Penyebab Sakit Kepala dan Cara Pencegahannya – Tekanan darah tinggi, flu, stress atau gangguan lain pada otak dapat memicu sakit kepala. Bahkan beberapa hal sederhana yang tidak terduga juga dapat menyebabkan sakit kepala, misalnya bau parfum dan makanan tertentu. Kali ini kami akan berbagi informasi tentang penyebab dan cara mencegah atau mengobati sakit kepala. Selanjutnya, simak dalam 10 Penyebab Sakit Kepala dan Cara Pencegahannya berikut ini:

Penyebab Sakit Kepala dan Cara Pencegahannya

10 Penyebab Sakit Kepala:

  1. Udara panas adalah penyebab sakit kepala yang paling sering terjadi. Udara panas akan menyebabkan seseorang menjadi tidak nyaman dan memicu gangguan hormonal sehingga menyebabkan sakit kepala

  2. Aroma yang menyengat, misalnya parfum, makanan tertentu, dan beberapa jenis bunga.

  3. Ikatan rambut, atau penggunaan headband yang terlalu kuat dapat menyebabkan saraf di kepala tertarik dan akhirnya menyebabkan sakit kepala.

  4. Hubungan intim dan aktifitas fisik yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini sering terjadi terutama pada seseorang yang menderita migrain.

  5. Gerakan badan yang salah, misalnya duduk di kursi tanpa penyangga punggung, menjepit telepon diantara pundak dan telinga dan melihat sesuatu dengan jarak pandang sangat dekat (misalnya ketika menggunakan komputer atau menonton televisi) .

  6. Zat tiramin, adalah zat yang terdapat dalam makanan tertentu yang proses produksinya memakan waktu lebih lama, contohnya keju (misalnya keju cheddar, blue cheese, keju swiss dan keju parmesan). Makanan yang diproses lebih lama akan semakin banyak mengandung tiramin. Zat tiramin juga terdapat pada makanan atau minuman beralkohol, dimana alkohol juga menyebabkan tekanan darah ke otak semakin meningkat.

  7. Terlambat makan. Melewatkan waktu makan akan menyebabkan kadar gula darah menurun. Terlebih lagi pada penderita gastritis, terlambat makan menyebabkan peningkatan asam lambung dan memicu sakit kepala.

  8. Dehidrasi. Kekurangan cairan berdampak pada keseimbangan metabolisme tubuh yang pada akhirnya dapat memicu timbulnya sakit kepala.

  9. Merokok, baik secara pasif maupun aktif. Nikotin yang terdapat pada asap rokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah di otak. Bila asap rokok terhisap oleh penderita migrain, asap rokok dengan cepat menimbulkan rasa sakit. Selain itu, meningkatnya tekanan saraf pada penderita migrain dapat secara langsung menyebabkan gangguan pada mata, telinga dan hidung.

  10. Mengonsumsi kafein berlebihan. Kafein yang dikonsumsi dalam kadar yang cukup memang bisa meningkatkan konsentrasi. Namun bila dikonsumsi berlebihan, kafein akan membuat jantung bekerja lebih cepat dan memyebabkan sakit kepala.

10 Penyebab Sakit Kepala dan Cara Pencegahannya

Cara Mencegah Sakit Kepala:

  1. Jaga pikiran dan kelola stress dengan baik. Untuk melatihnya Anda dapat melakukan meditasi atau latihan lain yang bermanfaat untuk menjaga emosi Anda.

  2. Untuk mengatasi sakit kepala yang timbul secara tiba-tiba, Anda dapat melakukan pemijatan di bagian kepala yang terasa sakit. Cari titik-titik tertentu di kepala Anda yang dapat meringankan gejala sakit kepala yang sedang Anda derita.

  3. Rutin berolahraga. Anda tidak harus melakukan olah raga yang berat. Melakukan olah raga ringan jauh lebih baik daripada tidak berolahaga sama sekali. Anda dapat berolah raga dengan berjalan kaki mengelilingi tempat rekreasi atau bahkan berjalan-jalan di sekitar komplek rumah Anda. Olah raga akan meningkatkan fungsi tubuh Anda menjadi lebih baik dan memperkecil kemungkinan terjadinya berbagai gangguan kesehatan tubuh, termasuk sakit kepala.

  4. Makanlah secara teratur sesuai dengan jam makan dan dengan jumlah yang cukup. Kebutuhan nutrisi tubuh yang terpenuhi akan menjaga kadar gula darah tetap normal dan mencegah terjadinya sakit kepala.

Demikianlah 10 Penyebab Sakit Kepala dan Cara Pencegahannya. Terima kasih sudah berkunjung ke website kami, dan semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *