10 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

10 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut – Bau mulut seringkali menjadi masalah yang sangat tidak menyenangkan. Bau mulut yang berlebihan dapat menggangu kepercayaan diri kita ketika berdekatan dengan orang lain. Ketika kepercayaan diri kita menurun, segala sesuatu yang seharusnya kita kerjakan dengan orang lain akan kita hindari, dan ketika itu terjadi, prestasi menjadi taruhan yang sangat mahal.

Penyebab Bau Mulut:

Kita semua akrab dengan berbagai makanan Indonesia yang menggunakan rempah-rampah dan bumbu tertentu, misalnya bawang putih dan bawang merah. Penggunaan rempah-rempah dan bumbu tertentu dapat memicu bau mulut dan bau keringat yang berlebihan. Hal ini terjadi karena ketika makanan diserap dalam aliran darah kita, sebagian dari makanan tersebut dipindahkan ke paru-paru dan dihembuskan bersamaan dengan napas melalui mulut. Untungnya, bau mulut yang disebabkan oleh makanan hanya bersifat sementara.

Penyebab bau mulut yang lain adalah sisa makanan yang ada di mulut kita. Ketika sisa makanan tertinggal dalam mulut, mulut akan berubah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut berlebih. Penyebab bau mulut lainnya adalah kesehatan gigi yang buruk, penggunaan gigi palsu, penyakit periodontal dan rokok. Bau mulut juga bisa menjadi indikasi masalah kesehatan pada organ pencernaan.

10 Tips Cara Mengurangi dan Menghilangkan Bau Mulut:

  1. Sikat gigi dan bersihkan mulut Anda setiap kali setelah makan untuk menghilangkan sisa makanan dari mulut.
  2. Ketika menyikat gigi, sikat juga lidah Anda. Lidah ditutupi dengan ribuan rambut kecil yang dapat digunakan sebagai tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab bau mulut.
  3. Kunyahlah permen karet tanpa gula atau minum air tanpa gula dalam jumlah cukup banyak untuk meningkatkan air liur. Mulut yang kering cenderung akan menyebabkan bau mulut yang berlebihan.
  4. Hindari permen dan obat kumur yang mengandung alkohol. Penggunaan bahan yang mengandung alkohol untuk menghilangkan bau mulut hanya bersifat sementara, pada akhirnya alkohol dapat menyebabkan mulut semakin bermasalah, dan menciptakan lingkungan yang lebih menguntungkan untuk perkembangbiakan bakteri.
  5. Mengunyah sayuran, misalnya seledri mentah atau wortel dapat membantu menghindari pembentukan plak gigi. Sayuran yang mengandung klorofil adalah penyegar nafas alami yang ada dalam sayuran.
  6. Jika Anda berencana menghadiri acara besar, hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut, misalnya makan yang mengggunakan bumbu bawang merah dan bawang putih dalam jumlah banyak.
  7. Hindari minum minuman beralkohol. Alkohol dapat menyebabkan mulut kering dan iritasi. Kondisi yang tidak seimbang akan semakin memperburuk kebersihan mulut dan memudahkan bakteri untuk berkembang biak.
  8. Berhenti merokok. Tar dan nikotin dapat menyebabkan plak dan berbagai masalah pada gigi, gusi dan lidah.
  9. Peppermint dan baking soda. Peppermint adalah zat alami yang sangat baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Selain karena alami, sifat antibakteri peppermint akan membunuh bakteri di mulut dan membantu menyegarkan nafas. Baking soda sudah lama terbukti untuk menjaga kesehatan mulut dan memerangi bau mulut yang berlebihan.
  10. Secara rutin check-up kesehatan mulut dan gigi Anda. Lubang gigi juga dapat digunakan sebagai tempat berkembangbiaknya bakteri penyebab bau mulut.
10 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut
10 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut (Ilustrasi)

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca “10 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut”. Semoga tips tentang cara mengurangi dan menghilangkan bau mulut tersebut bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- yhs-1, - tips menghilangkan bau mulut berlebihan

data-ad-format="link">
10 Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Post in | Last updated: January 11th, 2017 | 63 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *