13 Efek Negatif Begadang

13 Efek Negatif Begadang– Begadang atau nongkrong di malam hari adalah kegiatan yang dilakukan oleh siapa saja yang mungkin disebabkan karena banyaknya aktivitas di siang hari. Tidak saja dilakukan orang orang dewasa, untuk saat ini anak-anak di bawah umurpun kadang melakukannya. Selain banyaknya aktivitas (bagi yang memiliki aktivitas), ada juga yang begadang karena malas, hobi terpendam, karena stress atau juga yang mengatakan “bukan orang atau remaja yang gaul kalau tidak melakukan keluar malam”. Perkataan tersebut sangatlah menyesatkan dan tidak benar, mengingat banyak sekali sisi negatif bahwa begadang boleh dikatakan salah satu kegiatan yang membuang-buang waktu yang sekaligus mengurangi waktu istirahat seseorang.

Selain itu ada bahayanya bila seseorang begadang atau nongkrong di tengah malam bagi kesehatan tubuh seseorang. Marilah kita cermati bila begadang mempunyai efek negatif bagi kita.

13 Efek Negatif Begadang

Insomnia.
Bila sering begadang sampai pagi menimbulkan sulit tidur nyenyak sehingga menimbulkan insomnia yang berlebihan bahkan susah tidur, disebabkan hobi begadang tadi. Sedangkan insomnia sendiri merupakan kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur, sehingga sangat pas apabila seseorang yang hobi begadang akan terkena insomnia.

Obesitas.
Efek negatif dari hobi begadang adalah mudah terkena obesitas, Banyak hal yang ditemukan hubungan antara kurang tidur dan obesitas, seseorang cenderung mengalami penurunan kadar hormonal. Dan orang yang mempunyai hobi begadang mempunyai nafsu mengkonsumsi makanan yang cukup tinggi dan berlebihan.

13 Efek Negatif Begadang
13 Efek Negatif Begadang (Ilustrasi)

Stress
Efek negatif yang lain adalah stress yang menghinggapi seseorang yang hobi begadang, apalagi jika begadangnya sendirian tidak ada yang menemaninya untuk berkomunikasi, maka mudah sekali terkena stress.

Diabetes.
Hobi begadang juga dapat mengakibatkan seseorang terkena diabetes karena resistensi insulin seseorang yaitu dimana kondisi insulin sudah tidak sanggup lagi mengatasi kadar gula darah.

Hipertensi.
Hipertensi adalah kondisi seseorang yang mengalami peningkatan darah tinggi secara kronis. Bila seseorang hobi begadang maka hipertensi ini akan mudah menghinggapinya.

Tidak teraturnya pola makan
Apabila seseorang kurang tidur akibat hobi begadang maka akan mengakibatkan ketidak-efektifan pembagian waktu untuk tidur, sehingga orang yang hobi begadang biasanya seringkali makan dan terkadang tidak nafsu makan, bahkan tidak selalu makan tiga kali sehari.

Serangan jantung
Efek yang ditimbulkan karena suka begadang adalah rentan terkena jantung. Karena  kurang tidur tersebut mengakibatkan tubuh memproduksi senyawa kimiawi ataupun hormon yang dapat memicu serangan jantung.

Mempersulit konsentrasi
Efek yang ditimbulkan karena hobi begadang adalah adalah terkena serangan pelupa hingga tidak bisa fokus atau konsentrasi pada pekerjaannya.

Telinga berdengung
Hobi begadang dapat membuat masalah seperti telinga menjadi berdengung akibat dari kurang tidur. Dari para ahli menyatakan bahwa dampak yang lebih membahayakan akibat hobi begadang adalah memperberat kondisi penderita tinnitus atau gejala di mana telinga atau kepala sering berdengung.

Kekebalan tubuh melemah
Akibat dari sering begadang maka sistem kekebalan tubuh melemah, artinya bahwa sel-sel darah putihnya hancur akibat tidak adanya refleksi istirahat organ-organ di dalam tubuh seseorang.

Mengindap penyakit darah tinggi (Jawa=bludreg)
Apabila seseorang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk istirahat, maka tekanan darahnya akan meningkat tajam, apalagi dibarengi dengan hobi begadang bisa jadi akan menimbulkan munculnya penyakit yang lain.

Menjadi bodoh
Menurut para peneliti bahwa siswa atau pelajar yang hobi begadang cenderung memperoleh nilai yang lebih rendah, dikarenakan kurang tidur yang cukup, dan biasanya mengalami sakit kepala, mudah lupa dan sulit berkonsentrasi. Intinya bahwa seseorang hobi begadang bagi pelajar akan menjadi bodoh.

Tidak bergairah dalam aktivitas
Hobi begadang kadang menimbulkan efek yang tidak baik bagi seseorang, biasanya dalam keseharian tidak ada gairah untuk beraktivitas.

Setelah diketahui bahwa Efek Negatif Begadang sangat mengganggu kesehatan, ada baiknya kita segera mungkin untuk menjauhi aktivitas ini dan tidak melakukannya.

Demikianlah artikel mengenai 13 Efek Negatif Begadang, semoga bermanfaat.

13 Efek Negatif Begadang Post in | Last updated: January 1st, 2015 | 159 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

2 thoughts on “13 Efek Negatif Begadang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *