15 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

Otak merupakan organ vital tubuh yang berfungsi sebagai pusat koordinasi atau pengaturan seluruh sistem dalam tubuh. Seperti halnya organ tubuh lainnya, otak juga memerlukan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kinerjanya. Nutrisi yang tepat dapat meningkatkan kemampuan otak, misalnya dalam berpikir atau memperkuat ingatan.

Apa saja makanan yang dapat menyehatkan otak? Ada .. makanan yang dapat meningkatkan kemampuan otak, antara lain:

  1. Ikan Salmon
Makanan untuk otak yang membantu anda berkonsentrasi

Makanan untuk otak yang membantu anda berkonsentrasi (Ilustrasi/pixabay)

Ikan salmon merupakan sumber asam lemak omega-3 yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kerja otak, meningkatkan daya ingat, dan meningkatkan konsentrasi kita.

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden mengandung EPA dan DHA serta asam lemak omega-3 yang membantu dalam transmisi impuls antara sel-sel otak sehingga membuat kita lebih fokus.

  1. Kuning Telur

Bagian kuning telur mengandung begitu banyak kolin, yaitu zat yang membantu perkembangan otak, membangun membran sel, dan memperbaiki fungsi memori  otak. Perkembangan otak dimulai ketika manusia masih dalam bentuk janin dalam kandungan ibu hingga lanjut usia.

  1. Tomat Merah

Tomat merah mengandung senyawa likopen yang berkhasiat sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Kerusakan sel otak dapat mengakibatkan penyakit dementia (pikun) dan Alzheimer. Sebaiknya, tomat merah dimasak dalam waktu yang cukup lama dengan penambahan minyak.

  1. Kacang-kacangan

Misalnya kacang almond, walnut, dan selai kacang. Mereka mengandung lemak tidak jenuh dan kaya akan vitamin E. Vitamin E memberikan nutrisi pada otak dan membuat otak bekerja lebih baik. Selain itu, vitamin E juga berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah sel otak mengalami kerusakan.

  1. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang penyerapannya butuh waktu lama. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi oatmeal, akan membuat otak kenyang dalam waktu yang lama dan membantu kita lebih konsentrasi.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. Alpukat juga mengandung vitamin K dan folat yang membantu meningkatkan performa otak, baik dalam hal memori dan konsentrasi.

  1. Blueberry

Kandungan flavonoid pada blueberry membantu otak berpikir lebih tajam, meningkatkan daya ingat, dan menangkal radikal bebas yang berpotensi merusak sel otak.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, asam lemak tak jenuh ganda, dan asam lemak omega-3. Berfungsi untuk meningkatkan daya ingat otak serta mencegah penyakit dementia.

  1. Brokoli

Brokoli banyak mengandung vitamin K, kolin, senyawa glukosinolat, vitamin B6, vitamin E, asam lemak omega-3, protein, zinc, dan selenium yang semuanya bermanfaat untuk mendukung fungsi kognitif otak.

  1. Sayuran Hijau

Misalnya bayam, kangkung, dan kale. Mereka memiliki kandungan folat dan vitamin E yang tinggi, yang mampu memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan performa otak, dan melindungi sel otak dari kerusakan.

  1. Bit

Bit mengandung nitrat alami yang mampu meningkatkan kinerja otak dan melancarkan aliran darah ke otak.

  1. Daging Sapi

Daging sapi kaya akan kandungan zat besi yang membantu transportasi oksigen dalam darah, sehingga mampu membuat kita lebih fokus.

  1. Cokelat

Cokelat memiliki kandungan flavonoid yang berkhasiat sebagai antioksidan dan antiradang. Selain itu, cokelat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, membantu meningkatkan konsentrasi dan menyehatkan otak.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berperan sebagai antioksidan dan antiradang, meningkatkan imunitas tubuh, menangkal radikal bebas, memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan konsentrasi dan membantu memproses informasi dengan lebih baik.

Leave a Reply

*