Cara alami mengatasi kecemasan dengan teh hijau
Cara alami mengatasi kecemasan dengan teh hijau

19 Cara alami mengatasi kecemasan

Infosehatkeluarga.com – Apakah Anda merasa cemas, khawatir, panik? Mungkin Anda merasa khawatir mengenai masalah keuangan, kesehatan, pekerjaan, keluarga, cinta, yang membuat jantung berdetak kencang, membuat nafasmu menjadi sesak, dan membayangkan sesuatu hal buruk akan terjadi di masa depan, dan Anda ingin keluar dari kekacauan ini dengan tenang. Ada banyak obat non medis yang aman untuk mengatasi kegelisahan, Inilah Cara alami mengatasi kecemasan.

19 Cara alami mengatasi kecemasan

  • Chamomile.

Chamomile atau Chamomile Jerman adalah tumbuhan semusim dari keluarga bunga Matahari Asteraceae. Tanaman ini tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan wilayah Asia yang memiliki 4 musim. Chamomile juga telah tersebar luas di Amerika Utara dan Australia oleh manusia. Chamomile memerlukan tanah yang terbuka untuk dapat tumbuh, biasanya tumbuh secara liar di pinggir jalan, tempat penampungan sampah, atau di ladang-ladang. Tanaman chamomile dapat tumbuh setinggi 15 sampai 60 cm. Daunnya yang panjang dan kecil berkelompok dua atau tiga daun dalam satu tangkai.

Jika Anda saat ini merasa gelisah, secangkir teh chamomile mungkin dapat membantu menenangkan Anda. Beberapa senyawa dalam chamomile (Matricaria recutita) mengikat reseptor otak yang sama dengan obat-obatan seperti Valium.
Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai suplemen, biasanya bunga chamomile kering mengandung 1,2% apigenin (bahan aktif). Dalam sebuah penelitian di University of Pennsylvania Medical Center, di Philadelphia, pasien dengan gangguan kecemasan umum (GAD) yang mengkonsumsi suplemen chamomile selama delapan minggu memiliki penurunan gejala kecemasan yang signifikan dibandingkan pasien yang menggunakan plasebo.

  • L-theanine (teh hijau)
Cara alami mengatasi kecemasan dengan teh hijau
Cara alami mengatasi kecemasan dengan teh hijau

Katanya biksu Buddha Jepang bisa bermeditasi berjam-jam dengan waspada dan rileks. Salah satu alasannya ialah asam amino dalam teh hijau mereka yang disebut L-theanine,
Penelitian menunjukkan bahwa L-theanine membantu mengurangi denyut jantung dan tekanan darah yang meningkat, dan beberapa penelitian kecil terhadap manusia telah menemukan bahwa hal itu mengurangi kecemasan.

  • Hops.

Hop adalah sekumpulan bunga betina (disebut benih kerucut atau strobilus), dari spesies hop, Humulus lupulus. Hop umumnya digunakan sebagai perasa dan penstabil rasa bir, di mana mereka menambah rasa pahit dan asam. Hop juga digunakan dalam pembuatan minuman lain dan juga dalam pembuatan jamu. Hop telah di budidaya kan secara terus menerus sejak abad ke-8 atau ke-9 sesudah Masehi di kebun Bohemia di distrik Hallertau di Bavaria dan daerah di Eropa lainnya

Senyawa sedatif dalam hop adalah minyak atsiri, Hops sering digunakan sebagai obat penenang, untuk memudahkan tidur, seringkali dengan ramuan lainnya, valerian.

Catatan: Jangan mengonsumsi herbal ini jika Anda menggunakan resep obat penenang, dan beritahu dokter Anda suplemen apa pun yang Anda konsumsi.

  • Valerian

Valerian ditemukan di Eropa dan Asia Utara dan tumbuh di tempat basah. Bunga-bunga berwarna putih sampai merah muda dengan bau yang sangat unik tetapi lebih menyenangkan. Akar dan bagian lainnya memiliki bau yang lebih aneh dan pengap.

Beberapa suplemen herbal mengurangi kecemasan tanpa membuat Anda mengantuk (seperti L-theanine), sementara yang lainnya merupakan obat penenang. Valerian (Valeriana officinalis) berada pada kategori kedua. Herbal ini memudahkan Anda tidur yang biasa digunakan untuk insomnia. Valerian mengandung senyawa obat penenang; pemerintah Jerman telah menyetujuinya sebagai pengobatan untuk masalah tidur.

Bau valerian agak menjijikkan, sehingga kebanyakan orang mengonsumsinya kapsul, bukan teh. Jika Anda ingin mencobanya, konsumsilah di malam hari. Valerian sering dikombinasikan dengan ramuan obat penenang lainnya seperti hop, chamomile, dan lemon balm.

  • Lemon balm.

Llemon balm (Melissa officinalis), telah digunakan di setidaknya sejak abad pertengahan untuk mengurangi stres dan kecemasan, dan membantu memudahkan tidur. Dalam sebuah penelitian terhadap sukarelawan yang sehat, mereka yang menggunakan ekstrak lemon balm standar (600 mg) lebih tenang dan waspada daripada mereka yang menggunakan plasebo.
Meskipun pada umumnya aman, perlu diketahui bahwa beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak justru dapat membuat Anda lebih cemas. Jadi ikuti petunjuk pemakaian dan mulailah dengan dosis terkecil. Lemon balm dijual dalam bentuk teh, dan kapsul. Herbal ini sering dikombinasikan dengan ramuan menenangkan lainnya seperti hop, chamomile, dan valerian.

  • Olahraga.

Olahraga merupakan aktivitas yang aman, bagus untuk otak, dan penangkal depresi dan kecemasan, baik jangka pendek maupun dalam jangka panjang. Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda akan merasa lebih sehat. Salah satu penyebab utama kecemasan ialah kekhawatiran terhadap penyakit dan kesehatan, dan itu bisa hilang saat Anda merasa fit.

  • Penyembuhan 21 menit.

Dua puluh satu menit merupakan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga untuk mengurangi kecemasan.

  • Passionflower

Passiflora adalah genus tumbuhan yang terdiri atas 500 spesies, merupakan tumbuhan memanjat yang berasal dari Amerika. Tumbuhan ini bisa digunakan sebagai tanaman hias (Passiflora vitifolaPaasiflora racemosa) dan sebagai makanan (Passifora edulis). Pada Passifora edulis, bijinya mempunyai rasa segar, diminum dalam sirup dan limun

Herbal ini termasuk dalam golongan obat penenang; pemerintah Jerman telah menyetujui hal tersebut. Beberapa penelitian menemukan bahwa hal itu dapat mengurangi gejala kecemasan seefektif obat resep. Herbal ini sering digunakan untuk insomnia.
Seperti obat penenang lainnya, herbal ini bisa menyebabkan kantuk, jadi jangan mengonsumsinya bersamaan dengan valerian, kava, lemon balm, atau obat penenang lainnya..

CATATAN. Hati-hati menggunakan lebih dari satu ramuan obat penenang sekaligus, dan jangan mengonsumsi passionflower lebih dari satu bulan berturut-turut.

  • Lavender

Aroma lavender dari lavender (Lavandula hybrida) mungkin dapat dikatakan sebagai anti-inflamasi “emosional”. Dalam sebuah studi di Florida, siswa yang menghirup aroma minyak lavender sebelum ujian memiliki sedikit kecemasan – walaupun beberapa siswa mengatakan bahwa hal itu membuat pikiran mereka “kabur” selama tes berlangsung.
Dalam satu penelitian di Jerman, pil lavender yang diformulasikan secara khusus (tidak tersedia di AS) menunjukkan dapat mengurangi gejala kecemasan pada orang dengan Gangguan Generalized Anxiety Disorder (GAD) seefektif lorazepam (nama merek: Ativan), obat anti-kecemasan di kelas yang sama dengan Valium.

  • Menahan Nafas
Cara alami mengatasi kecemasan
Cara alami mengatasi kecemasan

Bukan menahan nafas sampai Anda menjadi biru, tapi pernapasan yoga terbukti efektif dalam menurunkan stres dan kecemasan. Dalam buku bestseller 2011 Spontaneous Happiness, Andrew Weil, MD, memperkenalkan teknik pernapasan yoga klasik yang dia sebut sebagai nafas 4-7-8.
Salah satu alasan kerjanya ialah Anda tidak bisa bernapas dalam-dalam dan cemas pada saat bersamaan. Untuk melakukan nafas 4-7-8, hembuskan nafas sepenuhnya melalui mulut Anda, lalu tarik napas melalui hidung selama hitungan empat. Tahan napas selama hitungan tujuh. Dan kemudian biarkan keluar perlahan melalui mulut dengan hitungan delapan. Ulangi setidaknya dua kali sehari.

  • Makan sesuatu.

Secara umum, orang menjadi lebih cemas dan mudah tersinggung saat mereka lapar. Jika Anda mengalami serangan kecemasan, itu mungkin berarti gula darah Anda turun. Hal terbaik yang harus dilakukan ialah memakan sesuatu, seperti segenggam kenari, atau sepotong coklat hitam, bersama dengan segelas air atau secangkir teh panas.
Dalam jangka panjang, diet merupakan kunci untuk mengurangi kecemasan.

Saran: Makan makanan utuh, makanan nabati dengan daging dan makanan laut pilihan, konsumsi banyak sayuran hijau (seperti kangkung) untuk mendapatkan folat, dan berbagai macam fitonutrien untuk membantu mengurangi kecemasan.

  • Sarapan

Banyak orang dengan gangguan kegelisahan melewatkan sarapan. Sebaiknya sarapan seperti telur, yang merupakan sumber protein dan kolin. Kondisi kolin yang rendah bisa dikaitkan dengan meningkatnya kecemasan.

  • Makan makanan yang mengandung omega-3

Sudah diketahui bahwa minyak ikan bagus untuk jantung, dan mungkin dapat melindungi dari depresi. Dalam sebuah penelitian, siswa yang mengkonsumsi asam lemak omega-3 sebanyak 2,5 miligram per hari selama 12 minggu memiliki sedikit kegelisahan sebelum ujian dibandingkan siswa yang menggunakan plasebo.
Para ahli umumnya merekomendasikan agar Anda mendapatkan omega-3 Anda dari makanan apapun, seperti. salmon merupakan sumber terbaik asam lemak; 6 ons salmon liar panggang mengandung sekitar 3,75 gram omega-3.
Pilihan bagus lainnya: ikan teri, sarden, dan kerang.

  • Hentikan pikiran buruk

Hentikan pikiran buruk Anda. Sebagai gantinya, ambil napas dalam-dalam, berjalan di sekitar pemukiman,

  • Menghangatkan badan.

Menghangatkan tubuh akan mengurangi ketegangan otot dan kecemasan. Sensasi kehangatan bisa mengubah rangkaian saraf yang mengendalikan mood, termasuk yang mempengaruhi serotonin neurotransmiter. Pemanasan tubuh bisa dilakukan dengan cara berolahraga, berjemur, sauna, atau duduk di depan pembakaran atau api unggun.

  • Jalan-jalan di hutan.

Orang Jepang menyebutnya Shinrin-yoku, secara harfiah berarti “mandi hutan”. Peneliti Jepang mengukur perubahan tubuh pada orang-orang yang berjalan selama sekitar 20 menit di hutan yang indah, dengan bau kayu dan suara arus air yang mengalir. Jalan-jalan hutan memungkinkan tingkat hormon stres  lebih rendah setelah berjalan kaki daripada yang melakukan jalan kaki di daerah perkotaan.

  • Pelajari meditasi kesadaran

Meditasi kesadaran adalah salah satu cara meningkatkan kemampuan berfokus, mengurangi stres, dan mengembangkan kreativitas

Meditasi kesadaran, yang awalnya merupakan praktik Buddhis tapi sekarang menjadi terapi utama, sangat efektif dalam mengobati kecemasan.

Bagaimana cara melakukannya? Pilih tempat yang tepat > Temukan rasa nyaman > Mulai meditasi > Kendalikan pikiran > Bernafas dalam-dalam > Sadari bahwa Anda bukanlah pikiran Anda > Fokus pada apa yang terjadi saat ini

  • Nafas dan pertanyaan

Untuk tetap sadar, tanyakan pada diri Anda pertanyaan sederhana saat berlatih pernapasan. Duduklah di tempat yang nyaman, tutup mata Anda, dan fokuskan bagaimana rasanya napas Anda masuk dan keluar dari tubuh Anda. Sekarang tanyakan pada diri Anda pertanyaan sambil memusatkan perhatian pada napas. Berapakah suhu udara saat masuk ke hidung Anda? Bagaimana nafas Anda terasa berbeda saat meninggalkan tubuh Anda? Bagaimana udara terasa seperti mengisi paru-paru Anda?

  • Puji diri Anda

Apakah Anda memiliki pikiran cemas? Selamat. Anda menyadari keadaan emosional Anda, dan kesadaran itu merupakanh langkah pertama dalam mengurangi kecemasan. Ingatlah untuk memberi pujian karena menyadari bahwa Anda memiliki pikiran cemas, dan mungkin perubahan pada tubuh.

Demikianlah 19 Cara alami mengatasi kecemasan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
19 Cara alami mengatasi kecemasan Post in | Last updated: December 17th, 2017 | 97 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *