Manfaat Sarang semut untuk kesehatan
Manfaat Sarang semut untuk kesehatan (Ilustrasi: Wikipedia)

25 Manfaat Hebat Tanaman Sarang Semut

MANFAAT HEBAT TANAMAN SARANG SEMUT – Seperti kita ketahui bersama bahwa selain menggunakan obat-obatan dari resep dokter, obat-obatan dari bahan herbal juga memiliki khasiat yang tidak main-main. Seperti halnya bahan herbal “unik” yang satu ini. Sarang Semut, begitulah masyarakat di Papua (yang merupakan tempat asal tanaman ini) menyebutnya. Ya, Papua memang memiliki kekayaan alam yang unik dan masih terjaga kealamiannya, sehingga tidak heran jika banyak ditemukan tanaman obat berkhasiat hebat di sana. Yang salah satu contohnya adalah Buah Merah yang telah kita ulas pada artikel sebelumnya tentang Manfaat Buah Merah Bagi Kesehatan.

[Baca: 10 Manfaat Buah Merah Untuk Kesehatan]

Kembali ke ulasan tentang sarang semut. Bahan herbal satu ini merupakan bahan yang masuk kategori sebagai tanaman myrmecodia, yaitu tanaman yang berasal dari genus mirmekofita epifit. Tanaman ini berasal dari kawasan Asia Tenggara yang penyebarannya meliputi kepulauan besar yang membentang hingga Queensland, Australia. Sedangkan untuk istilah Myrmecodia sendiri berasal dari bahasa Yunani yakni myrmekodes, yang memiliki pengertian “mirip dengan semut” atau “dikerumuni oleh semut”. Sehingga sangat sesuai digunakan dalam penamaan tanaman sarang semut ini.

Pada umumnya sarang semut ini tumbuh “menempel” pada dahan atau batang pohon yang banyak ditemukan dikawasan hutan di Papua. Tanaman ini memanfaatkan proses simbiosis terhadap tanaman yang ditumpanginya untuk memenuhi nutrisi dan keberlangsungan hidupnya. Dengan akar umbi yang menjuntai pada cabang-cabang tanaman, sarang semut ini menghantarkan sari makanan dan air melalui bongkot berwarna coklat keabu-abuan yang mengembang dan ditumbuhi duri-duri. Berbatang tebal dan tidak bercabang yang dibungkus oleh klipeoli serta alveoli yang juga terdiri dari duri-duri dan juga daun-daun kecil.
(wikipedia)

KANDUNGAN SARANG SEMUT

Manfaat Sarang semut untuk kesehatan
Manfaat Sarang semut untuk kesehatan (Ilustrasi: Wikipedia)

Sarang semut memiliki beberapa kandungan senyawa yang sangat berperan dalam membantu mencegah timbulnya beberapa penyakit. Beberapa kandungan itu antara lain flavonoid dan kandungan polifenol yang bisa menjadi antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal tumbuhnya kanker. Selain itu ada juga kandungan bernama tokoferol dan alfa-tokoferol, dua kandungan ini merupakan zat antioksidan tinggi yang berkhasiat untuk membantu menghambat timbulnya radikal bebas.

Sebuah hasil uji sitoksis telah membuktikan khasiat sarang semut yang diketahui mampu menghambat bahkan membasmi sel sel penyebab kanker melalui sebuah mekanisme dari apoptosis, yaitu sebuah proses untuk membasmi sel kanker pada tubuh penderita namun dengan tidak menimbulkan rasa sakit atau trauma pada si penderita.
Oleh karena itu uji sitoksis ini sangat berguna sebagai data nyata bahwa tanaman ini mampu menghambat dan membasmi sel kanker tanpa memecah sel, sehingga tidak akan terjadi hal yang bisa menimbulkan adanya peradangan. Karena jika sampai terjadi peradangan akibat dari terpecahnya sel tadi akan menimbulkan efek yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh si pasien.

Perlu Anda ketahui juga bahwa kandungan flavonoid, polifenol, dan juga tannin merupakan antioksidan yang sangat efektif dan kuat, bahkan lebih kuat jika dibandingkan dengan kandungan vitamin C maupun juga vitamin E. Sehingga sarang semut mampu menurunkan risiko dari beberapa jenis kanker yang lainnya dan juga timbulnya penyakit kardiovaskular.

Berikut ini beberapa kandungan dari tanaman sarang semut :

  1. Senyawa Flavonoid

Perlu Anda ketahui jika di dalam tubuh manusia, flavonoid berfungsi untuk meningkatkan efektivitas dari vitamin C, melindungi struktur sel, anti-inflamasi, mencegah keropos tulang, dan sebagai antibiotik.

2. Polifenol

Polifenol adalah senyawa yang banyak ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Dalam sehari biasanya manusia mengonsumsi polifenol hingga sekitar 23 mg.

3. Senyawa Tanin

Tanin merupakan astringent yang mampu mengikat protein berlebih dalam tubuh. Dalam dunia pengobatan, tanin dapat dimanfaatkan untuk mengobati wasir, diare, serta hemostatik (menghentikan pendarahan).

4. Asam Fenolik

Kandungan yang satu ini merupakan kelas dari antioksidan atau senyawa yang dapat menghilangkan radikal bebas yang cukup berbahaya karena dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah dan menimbulkan kanker serta penyakit lain.

5. Tokoferol

Perlu Anda ketahui jika Alfa-tokoferol pada konsentrasi 12 ppm saja sudah mampu menurunkan radikal bebas dalam tubuh hingga 96%. Sedangkan pada Sarang Semut, memiliki antioksidan tokoferol yang mencapai sekitar 313 ppm. Tidak heran, herbal ini sangat efektif dan cepat dalam pencegahan maupun penyembuhan kanker dan tumor.

6. Magnesium

Magnesium termasuk jenis mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung manusia dan dapat membantu penyerapan kalsium bagi tubuh.

MANFAAT SARANG SEMUT

Nah agar lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat dan khasiat tanaman sarang semut bagi kesehatan :

  1. Sarang semut Mengatasi Kanker dan Tumor

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, sarang semut dapat membantu dalam proses penyembuhan berbagai jenis penyakit kanker dan juga tumor. Hal ini disebabkan adanya hubungan dari konsentrasi kandungan flavonoid yang ada di dalamnya. Kandungan ini mempunyai fungsi untuk menghentikan karsinogen, sebagai anti proliferasi, serta menghambat adanya aktifitas dari siklus sel.

2. Sarang semut membantu Penyembuhan Jantung Koroner

Khasiat hebat tanaman sarang semut lainnya adalah dapat membantu dalam penyembuhan penyakit jantung koroner. Meskipun pada fungsi ini cara kerja dari sarang semut ini masih belum dijelaskan dan diungkap secara nyata, namun dengan adanya hubungan tingkat konsentrasi pada beberapa macam mineralnya seperti kalsium dan juga kalium inilah yang memunculkan dugaan akan khasiatnya terhadap penyembuhan jantung koroner.

3. Sarang semut Membantu Mengatasi Stroke

Diketahui jika tanaman ini berkhasiat mengatasi penyakit stroke mulai dari yang ringan hingga yang paling parah sekalipun. Adanya mineral-mineral esensial pada tanaman ini dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh, sehingga dapat membantu mengatasi terjadinya penyumbatan atau penggumpalan pada pembuluh darah menuju ke otak.

4. Sarang semut Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Masih berhubungan dengan poin ketiga di atas, bahwa kandungan flavonoid yang terdapat pada tanaman sarang semut ternyata juga bisa membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu kandungan tokoferol pada sarang semut juga telah teruji secara klinis mampu membantu mengencerkan darah, sehingga sangat efektif dalam proses pencegahan tekanan darah tinggi dan penggumpalan darah.

5. Sarang semut Menjaga Kesehatan Ginjal

Kembali kandungan senyawa flavonoid dan tokoferol yang terdapat pada tanaman sarang semut ini mampu menjaga kesehatan dan menstabilkan kinerja ginjal. Kemampuan menurunkan produksi asam urat berlebihan yang dimiliki oleh tanaman inilah yang sangat berperan dalam menjaga kesehatan ginjal dengan cara menghambat produksi enzim xanthine oxidase.

6. Sarang semut Baik Untuk Ibu Menyusui

Adanya kandungan multi mineralnya akan sangat membantu dalam pemulihan kondisi pada ibu yang baru melahirkan serta melancarkan produksi ASI.

7. Sarang semut Membantu Menjaga Vitalitas

Kandungan antioksidan alami serta multi mineral dari tanaman sarang semut papua yang memberikan peranan besar dalam membantu meningkatkan vitalitas.

8. Sarang semut Membantu mempertahankan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
9. Kandungan magnesium pada herbal ini mampu mengikat kalsium dalam tubuh, yang bermanfaat untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.
10. Sarang semut Berperan sebagai antibiotik serta anti inflamasi.
11. Sarang semut Sangat berperan sebagai anti virus, termasuk virus HIV/AIDS.
12. Sarang semut Dapat digunakan sebagai obat pencegahan dari penyakit herpes.
13. Sarang semut Sangat baik mencegah dan mengobati penyakit asma.
14. Sarang semut Mampu mencegah timbulnya salah satu penyakit mata semisal katarak.
15. Sarang semut Mengobati encok/rematik.
16. Sarang semut Mengobati migrain atau sakit kepala sebelah.
17. Sarang semut Mengobati gangguan wasir/ambeien.
18. Sarang semut Untuk kesehatan mulut, tanaman ini mampu mengobati penyakit radang jaringan ikat yang bertindak sebagai penyangga akar gigi.
19. Sarang semut Mengobati penyakit TBC.
20. Sarang semut Meredakan dan mengobati mimisan.
21. Sarang semut Membantu menyehatkan jantung dan menstabilkan kinerja denyut syaraf.
22. Sarang semut Membantu proses pembekuan darah pada luka.
23. Sarang semut Membentuk Hemoglobin (sel darah merah).
24. Sarang semut Melancarkan peredaran darah dengan cara memecah gumpalan darah dan mengencerkannya kembali.
25. Sarang semut Meningkatkan produksi enzim.

CARA PEMBUATAN RAMUAN SARANG SEMUT

Sarang semut sangat pas bila disajikan dalam bentuk minuman. Dalam membuat ramuan sarang semut ini bisa dibilang cukup mudah, dengan proses perebusan seperti pembuatan ramuan pada umumnya. Berikut ini proses pembuatannya.

  • Pertama ambillah sarang semut secukupnya (ukurannya kira-kira 6x5cm)
  • Cuci potongan tadi menggunakan air mengalir sampai bersih.
  • Rebus bersama 250ml air bersih.
  • Rebus hingga mendidih dan sampai air berkurang serta warna air telah berubah kemerahan.
  • Kemudian diamkan untuk beberapa saat agar mengendap.
  • Setelah itu saring air hasil rebusan tadi. Akan lebih baik jika Anda menggunakan saringan yang terbuat dari kain agar ampas tidak ikut.
  • Setelah itu sari sarang semut tadi siap untuk dikonsumsi.

Jangan direbus pada wadah atau panci dengan bahan aluminium.

DOSIS PEMAKAIAN SARANG SEMUT

Takaran yang digunakan untuk pengobatan : 2-3 gelas perhari.
Takaran untuk Pencegahan : 1 gelas perhari.
Pemberian untuk anak-anak : setengah dari dosis dewasa.

Untuk permulaan ada baiknya diminum sebanyak 2 kali dalam seminggu. Akan lebih nikmat jika dicampur dengan teh hangat. O ya, potongan sarang semut yang telah Anda rebus tadi dapat digunakan kembali sampai air dari rebusannya tidak berwarna kemerahan lagi.

Untuk efek samping dalam penggunaan yang berlebihan akan mengakibatkan rasa panas seperti dehidrasi. Oleh sebab itu imbangilah dengan minum air putih. Dan bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat-obatan dari dokter, berilah jarak antara 2-3 jam sebelum atau sesudah meminum obat.

Semoga artikel tentang manfaat sarang semut bagi kesehatan tubuh ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- manfaat sarang semut, - khasiat buah merah dan sarang semut, - manpaat sarang semut, - khasiat sarang semut untuk mata, - apa sarang semut menurunkan hb?, - tanaman sarang semut, - cara kerja sarang semut herbal, - vitamin sarang semut merah, - bentuk sarang semut papua, - apa manpaat sarang semut yg brwarna coklat

data-ad-format="link">
25 Manfaat Hebat Tanaman Sarang Semut Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 658 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *