Kandungan dan Manfaat Kencur
Kandungan dan Manfaat Kencur (Ilustrasi/pixabay)

25 Manfaat Rimpang Kencur

Kencur sering dipakai sebagai bahan baku pembuatan jamu beras kencur. Jamu beras kencur dibuat dengan cara menumbuk kencur bersama beras ditambah sedikit gula, kemudian diberi air sebagai pengencer. Beras kencur begitu populer di kalangan masyarakat atas maupun bawah, karena rasanya yang nikmat sekaligus berkhasiat bagi kesehatan.

Kandungan Kencur

Kencur mengandung 16 jenis zat, antara lain minyak atsiri, cinnamal, aldehide, asam motil p-cumarik, asam cinnamat, etil ester, pentadekan, etil p-metoksisinamat, kamferin, etilaklhol, sineol, paraeumarin, asam anisic, gom, pati, dan mineral. Dalam artikel lain menyebutkan bahwa kencur juga mengandung kamphane, borneol, asam metal kanil, paraeumarin, dan alkolid.

Kandungan dan Manfaat Kencur
Kandungan dan Manfaat Kencur (Ilustrasi/pixabay)

25 Manfaat Kencur

  1. Kencur mengandung senyawa borneol, kamferin, etilaklhol, dan sineol yang mampu membuat suara bening, meluruhkan dahak, membersihkan tenggorokan, dan menghilangkan lendir yang membuat hidung tersumbat.
  2. Sedangkan senyawa dalam minyak atsirinya, etil p-metoksisinamat dan etil sinamat, banyak digunakan dalam industri kosmetik dan dimanfaatkan sebagai obat anti-jamur dan obat asma.
  3. Manfaat Kencur untuk Menambah nafsu makan.
  4. Obat masuk angin. Caranya, kunyah 1 rimpang kencur bersama garam lalu telan. Setelah itu minum air hangat. Lakukan secara rutin 2 kali sehari, pagi dan sore.
  5. Manfaat Kencur untuk Obat batuk. Caranya, parut 2 rimpang kencur lalu tambahkan 1 cangkir air hangat. Kemudian peras dan saring. Tambahkan garam secukupnya. Lalu minum secara rutin sampai batuknya sembuh.
  6. Obat sakit perut/mulas. Caranya, parut 1 rimpang kencur lalu tambahkan 2 sdm air dan sedikit garam. Kemudian peras dan saring. Setelah itu minum 2-3 kali sehari.
  7. Obat ekspektoran (pelancar dahak)
  8. Obat asma.
  9. Menyedapkan makanan
  10. Bioinsektisida (obat pembasmi serangga)
  11. Obat tonikum
  12. Obat disentri
  13. Mencegah infeksi bakteri
  14. Menyembuhkan radang lambung
  15. Menyembuhkan radang anak telinga
  16. Menyembuhkan influenza
  17. Mendorong pertumbuhan bulu alis dan bulu mata. Caranya, tumbuk rimpang kencur secukupnya lalu keringkan atau bakar. Setelah menjadi bubuk, oleskan pada wajah sebagai wedak.
  18. Menyembuhkan sakit kepala
  19. Pewarna alami makanan
  20. Untuk ragi
  21. Manfaat Kencur untuk haid.
    Memperlancar haid dan membersihkan darah kotor pada wanita. Caranya, rebus 4 rimpang kencur bersama 2 lembar daun trengguli, 2 biji cengkeh kering dan adas secukupnya dalam 1 liter air. Biarkan hingga mendidih lalu saring. Minum sehari 2 kali secara rutin setiap hari.
  22. Mencegah diare. Caranya, tumbuk 2 rimpang kencur dan 2 biji bawang merah. Kemudian bungkus dengan daun pisang lalu bakar. Setelah itu oleskan serbuknya pada perut.
  23. Menyembuhkan keseleo dan pegal-pegal.
  24. Menghilangkan lelah. Caranya, sediakan 1 rimpang kencur, 2 sdm beras yang telah disangrai, dan 1 biji cabai merah. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian saring dan minum sampai rasa lelahnya hilang.
  25. Minuman jamu beras kencur.

Cara Membuat Beras Kencur

Bahan: 1kg beras, 25 genggam kencur, 50 jari jahe, 50 jari asam jawa, 10 potong kayu manis, 2.5 kg gula jawa, 150 butir botor, 150 butir kedawung, 150 butir cengkih, 150 butir kapulaga, dan 150 gelas air matang.

Cara membuat:

  1. Cuci beras kemudian rendam dalam air panas selama 30 menit lalu tiriskan.
  2. Cuci kencur lalu rebus biarkan sampai mendidih. Setelah itu, parut kencur.
  3. Bakar jahe sebentar lalu dikuliti kemudian diparut.
  4. Seduh asam jawa dengan air masak. Kemudian saring dan ambil sarinya.
  5. Iris tipis gula jawa. Kemudian seduh dengan air panas sampai mencair. Setelah itu saring.
  6. Sangrai botor, cengkih, kayu manis, kedawung dan kapulaga. Setelah itu tumbuk halus.
  7. Hasil tumbukannya dicampur dengan parutan kencur, parutan jahe, sari asam jawa, dan gula jawa. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk.
  8. Setelah itu, saring dan peras dengan menambahkan air sedikit demi sedikit.
  9. Jamu beras kencur sudah siap untuk dikonsumsi. Untuk pengemasan ke dalam botol sebaiknya botol disterilkan dulu dengan cara direndam dalam air panas.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- rimpang kencur, - manfaat rimpang kencur, - manfaat ragi dan cikur, - manfaat parutan kencur, - manfaat kunyahan k encur, - manfaat air cucian beras asan jawa buat bulu alis, - kegunaan rimpang kencur, - kandungan dan manfaat kencur untuk kosmetik, - hasiat mkan cikur sma bwng merah, - air kencur mengandung

data-ad-format="link">
25 Manfaat Rimpang Kencur Post in | Last updated: December 28th, 2016 | 305 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *