Efek Buruk Jika Cacing Pita Berkembang Biak di Tubuh
Efek Buruk Jika Cacing Pita Berkembang Biak di Tubuh (Ilustrasi/wikimedia)

3 Efek Buruk Jika Cacing Pita Berkembang Biak di Tubuh

Cacing pita dapat menginfeksi tubuh dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi manusia. Cacing ini seringnya ditemukan pada daging babi dan sapi. Proses pemasakan yang kurang matang dan higienis bisa saja membuat cacing pita tetap hidup berkembang biak di tubuh seseorang. Cacing dengan tubuhnya yang pipih dan beruas-ruas ini akan membawa dampak buruk jika terus berada di tubuh dan tidak segera dimusnahkan. Nah, inilah 3 efek buruk yang menjadi ancaman akibat cacing tersebut:

1. Kekurangan nutrisi

Cacing pita yang sudah masuk ke tubuh akan menempelkan kepalanya pada dinding usus manusia untuk memperoleh makanan. Cacing pita akan menghisap sari makanan yang sebenarnya diperlukan oleh tubuh kita, seperti: protein dan karbohidrat. Jumlah sari makanan yang diserap tersebut tergantung dari jumlah dan besarnya ukuran cacing pita. Jika seperti itu, tentu akibatnya ialah makanan sehat yang sudah kita makan tidak semuanya diserap oleh tubuh. Kita juga dapat mengalami kekurangan nutrisi jika makanan bergizi yang kita konsumsi tidak mencukupi tubuh karena justru banyak diserap oleh cacing pita.

Efek Buruk Jika Cacing Pita Berkembang Biak di Tubuh
Efek Buruk Jika Cacing Pita Berkembang Biak di Tubuh (Ilustrasi/wikimedia)

2. Gangguan pencernaan

Pada beberapa kasus, gangguan pencernaan juga dapat dialami oleh seseorang yang terdapat cacing pita di tubuhnya. Sekresi yang dihasilkan oleh cacing pita akan membuat pencernaan mengalami diare, mual, perut kembung, dan lain sebagainya. Jika seseorang terkena diare, akibat lainnya seperti kemungkinan terjadinya dehidrasi juga dapat terjadi.

Gambar cacing pita
Gambar cacing pita (Gambar: Wikimedia)

3. Alergi

Sekresi dari cacing pita juga bisa menimbulkan alergi di tubuh. Hipersensitifitas tersebut dapat berupa kejang, mual, atau pun muntah berlebihan. Beberapa orang juga ada yang mengalami demam dan sakit kepala.

Nah, itulah 3 efek buruk yang akan ditimbulkan jika sampai cacing pita bersarang di tubuh anda. Sebaiknya lakukan pengobatan, baik secara alami ataupun menggunakan obat dari dokter untuk menghilangkan cacing pita jika memang diketahui terdapat cacing pita di dalam tubuh. anda juga dapat mencegah cacing pita masuk ke tubuh dengan menjaga pola makan. selalu pastikan anda mengonsumsi makanan yang diolah secara higienis dan pastikan juga tingkat kematangannya untuk makanan yang berbahan dasar daging.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- poto cacing yang berkembang biak di badan manusia, - mengapa cacing pita membawa dampak buruk bagi kesehatan, - manfaat cacing pita dalam tubuh kita, - gambar cacing dalam perut manusia, - efek badan gk bisa berkembang biak, - Efeck cacing pita dalam tubuh manusia, - cacing pita berkembang biak dengan, - berkembang biak cacing pita, - apakah cacing pita dapat berkembangbiak ditubuh, - apa dampak jika cacing pipih berkembang biak di dalam perut manusia

data-ad-format="link">
3 Efek Buruk Jika Cacing Pita Berkembang Biak di Tubuh Post in | Last updated: August 21st, 2016 | 139 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *