3 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

By | June 18, 2015
3 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui 1

3 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui – Tak jarang seorang ibu akan memiliki rasa yang enggan untuk menyusui anaknya dikarenakan takut menjadi wanita yang bertubuh gemuk.

Hal ini jelas sangat beralasan mengingat tuntutan akan kebutuhan ASI kemudian mewajibkan sang ibu agar mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin agar produksi ASI nya bisa lebih optimal. Semua ini dilakukan semata-mata karena menyusui merupakan cara yang sangat cepat untuk membuat sang bayi lebih cepat terlelap karena merasa kenyang.

Namun sebenarnya, bukanlah jumlah makanan yang dibutuhkan oleh seorang ibu menyusui, tapi jumlah kepadatan gizi dan juga frekuensi makan yang dibutuhkan. Cara ini sebenarnya bisa membantu seorang ibu menyusui untuk menurunkan berat badannya, bahkan sangat memungkinkan untuk memiliki berat badan yang normal seperti saat sebelum hamil dan melahirkan.

Untuk diet, metode yang diterapkan oleh ibu menyusui tidak jauh berbeda dengan diet ibu hamil. Apabila ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang banyak agar kebutuhan janinnya bisa terpenuhi melalui plasenta, maka ibu yang menyusui juga membutuhkan asupan nutrisi yang banyak supaya bisa memenuhi asupan gizi bayinya melalui ASI.

3 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

3 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui (Ilustrasi)

Namun perbedaannya terletak pada sistem pembakaran kalori. Pada program diet ibu hamil, tidak terjadi proses pembakaran kalori, sementara saat menyusui hal ini akan terjadi. Seorang ibu yang menyusui akan mengalami pembakaran kalori hingga 3300 kkal. Dengan demikian, menyusui justru akan membantu ibu untuk menurunkan berat badannya lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menyusui.

Ibu menyusui yang akan menjalankan program diet sebaiknya mengikuti beberapa anjuran berikut:

3 Tips Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Mengelola Asupan Makanan

Sama seperti ibu hamil, ibu yang menyusui juga tidak dianjurkan untuk makan banyak tanpa terkontrol. Makan sebanyak mungkin bukanlah sebuah prinsip yang baik, karena bisa merugikan diri dan juga janin yang dikandung ataupun bayi yang disusui.

Selain bisa membuat bentuk tubuh menjadi melar karena penumpukan dari lemak, hal ini juga bisa menjadi sarang penyakit. Pada tingkat yang parah, hal ini bisa berakibat fatal untuk janin atau bayi karena mengalami gizi tidak seimbang.

Diet sehat untuk ibu menyusui adalah dengan karbohidrat seperti nasi, gandum, dan roti. Selain itu, pastikan pula untuk memenuhi kebutuhan protein baik itu hewani maupun nabati, terutama kacang-kacangan. Penuhi pula kebutuhkan mineral seperti kalsium dan zat besi serta vitamin yang bisa diperoleh dari buah-buahan yang memiliki komposisi seimbang.

Untuk porsi makan, hindarilah dalam ukuran yang besar. Porsi makan yang normal sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda, namun lakukan dengan frekuensi yang lebih sering. Misalnya, Anda bisa makan sebanyak 6 kali sehari dimana diantaranya 3 kali makan besar dan juga 3 kali makan kecil.

Minuman Sehat

Ibu yang menyusui akan lebih cepat haus karena nutrisi yang ada di dalam tubuhnya akan selalu dihisap oleh sang bayi. Maka dari itu, usahakan untuk memperbanyak minum air mineral sehingga ASI dan tubuh sang ibu bisa dinetralisir jumlah airnya. Sebaiknya minum air mineral sekitar 3 hingga 4 liter per hari.

Selain itu, hindari pula konsumsi kafein yang sangat sering ditemukan dalam minuman seperti kopi atau teh. Kandungan kafein di dalam minuman tersebut hanya akan membuat proses penyerapan nutrisi ke dalam tubuh menjadi terhambat. Pastikan pula untuk menghindari konsumsi susu kaleng dan gantilah dengan susu segar yang rendah lemak seperti susu kedelai atau susu sapi.

Tetap Melakukan Aktivitas

Umumnya, ibu yang sedang menyusui akan menyerahkan tugas-tugas rumah tangga kepada anggota keluarga yang lainnya. Padahal, ibu menyusui sebenarnya harus memiliki aktivitas tubuh yang banyak agar kalori di dalam tubuhnya bisa terbakar dengan cepat. Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga yang ringan, membersihkan rumah, sering menggendong bayi, dan aktivitas lainnya yang menuntut tubuh untuk terus bergerak.

Jika sang ibu menyusui bayinya dengan rasa senang, niat yang tulus, selektif dalam memilih asupan makanan, maka tidak akan ada kekhawatiran untuk menjadi gemuk. Bahkan tanpa disadari, sang ibu telah menjalankan program diet secara alami.

Nah, itulah 3 tips diet sehat untuk ibu menyusui yang sekiranya bisa membantu Anda untuk tetap memiliki tubuh yang indah meskipun tengah menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *