4 Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan

4 MANFAAT BIJI PEPAYA BAGI KESEHATAN – Apakah Anda suka pepaya… atau memang terbiasa menjadikan pepaya sebagai salah satu konsumsi buah Anda sehari-hari?
Jika iya, tentunya Anda juga harus tahu dengan manfaat dari bagian buah pepaya selain daging buahnya. Ya, tepatnya adalah biji pepaya itu sendiri. Ternyata banyak yang tidak mengetahui jika biji buah pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu khasiat dari biji pepaya adalah sebagai penangkal racun yang menumpuk di usus besar dan organ lever kita. Ingin tahu apa saja manfaat biji pepaya bagi kesehatan tubuh… Silahkan Anda simak ulasannya di bawah ini

4 MANFAAT BIJI PEPAYA BAGI KESEHATAN

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan
Manfaat biji pepaya untuk kesehatan (Ilustrasi)

Manfaat Biji Pepaya untuk Menghilangkan Racun dan Kolesterol

Sebagai antioksidan, biji pepaya memiliki kandungan berupa alkaloid, flavonoid, tanin, saponi anthraquinones, dan anthocyanosides. Kandungan-kandungan itulah yang menjadikan biji pepaya mempunyai efek antioksidan dan juga hipolipidemia yang sangat efektif dalam darah kita.

Efek Antioksidan dan efek Hipolipidemia, seperti kita ketahui bersama jika antioksidan adalah zat yang memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas yang biasanya mengandung racun atau dapat menjadi racun dalam tubuh kita. Hal ini juga telah teruji dalam sebuah penelitian dengan objek biji pepaya yang dibuat jus. Jus dari biji pepaya ini membuktikan mampu menurunkan kadar kolesterol serta LDL, dan mampu meningkatkan kadar HDL.

LDL adalah Low Density Lipoproteins dimana disebut juga sebagai kolesterol jahat, sedangkan HDL adalah High Density Lipoproteins yang disebut juga kolesterol baik. Oleh karena itu biji pepaya sangat baik digunakan untuk terapi alternatif hiperlipidemia. Hiperlipidemia adalah tingginya kadar lemak dalam darah seperti kolesterol, triggliserida, maupun kedua-duanya.

BACA JUGA  9 Manfaat dan Kandungan Gizi Nangka

Cara Konsumsi Biji Pepaya untuk Menghilangkan Racun dan Kolestrol:
Anda bisa mengkonsumsi biji pepaya ini dengan cara dibuat sebagai jus atau menjadi minuman kopi. Jika Anda tertarik untuk menjadikan biji pepaya sebagai minuman kopi, berikut ini caranya :

  • Cuci biji pepaya, lalu keringkan dengan cara dijemur selama 2-3 hari,
  • Setelah kering, lalu tumbuk atau blender biji pepaya hingga menjadi serbuk,
  • Ambil satu sendok teh serbuk biji pepaya tadi dan campurkan dengan satu gelas air hangat.
  • Akan lebih nikmat jika Anda tambahkan dengan gula,
  • Minum 1-2 gelas jus atau kopi biji pepaya tiap hari selama 14 hari.

Manfaat Biji Pepaya Untuk Pencernaan

Biji pepaya ternyata dapat membantu untuk memberantas parasit yang ada dalam saluran pencernaan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi terhadap anak-anak di Nigeria. Setelah 7 hari mengonsumsi biji pepaya, 76.6% dari mereka dinyatakan bebas dari parasit saluran pencernaan. Biji pepaya yang mengandung alkaloid anthalmintik unik yang disebut carpain inilah yang berfungsi efektif dalam membasmi cacing parasit dan amuba dalam saluran pencernaan.

Manfaat Biji Pepaya Untuk Menguatkan Rambut



Manfaat dari biji pepaya lainnya adalah dapat digunakan sebagai penghitam rambut yang aman. Hal ini dikarenakan dalam biji pepaya terkandung bahan Glucosid Carcirindan. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menjaga keratin rambut, sehingga dapat menghitamkan sekaligus menguatkan rambut. Selain itu bahan Glucosid Carcirindan ini tidak bersifat onkogenik yang artinya tidak menimbulkan kanker kulit kepala, sehingga aman dan menyehatkan untuk rambut serta kulit kepala.

Caranya membuat ramuan Biji Pepaya Untuk Menguatkan Rambut:

  1. Cara I : Sangrai 30 biji pepaya lalu tumbuk hingga halus. Lalu campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa, dan gosokkan campuran tadi pada kepala.
  2. Cara II : Jemur 2 sendok makan biji pepaya hingga kering, lalu sangrai sampai hangus. Setelah itu tumbuk biji pepeya yang telah disangrai tadi hingga halus. Campurkan sedikit minyak kelapa, aduk rata. Oleskan pada kulit kepala setelah keramas, dan waktu terbaik adalah sebelum tidur.
BACA JUGA  6 Khasiat Terong Ungu

Manfaat Biji Pepaya Untuk Rambut Beruban

Apakah Anda salah satu yang memiliki keluhan rambut beruban? Ya…mirip dengan manfaat biji pepaya untuk menguatkan rambut di atas. Biji pepaya juga pastinya cukup efektif untuk menghilangkan rambut beruban. Manfaat ini dapat diperoleh dari adanya kandungan biji pepaya berupa keratin. Keratin adalah materi dasar yang mengandung protein yang merupakan penyusun lapisan kulit manusia, dan juga merupakan materi dasar penyusun rambut dan kuku. Kandungan inilah yang dapat membantu mengurangi atau menghilangkan uban pada rambut Anda, karena sifat dasar inilah sehingga keratin dapat menyehatkan rambut yang secara otomatis dapat menghitamkan rambut Anda.

Manfaat Biji Pepaya Untuk Mengobati Sirosis Hati

Secara singkat tentang sirosis hati adalah penyakit yang menyerang hati di mana volume hati menjadi berkurang atau menyusut dan mengeras. Penyakit ini disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan selama bertahun-tahun. Dan jika sudah terkena sirosis hati ini, maka untuk upaya pengobatannya akan lebih sulit atau kurang efektif. Karena pada masa penyembuhan itu akan mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Di sinilah peranan biji pepaya yang mampu membantu mengobati sirosis hati secara efektif atau jika disebut juga dengan metode detoksifikasi hati.

Penting !!!
Segala yang berlebihan tidak akan menjadi lebih baik, malah bisa jadi sebaliknya. Harap diperhatikan tentang efek samping dari biji pepaya. Biji pepaya tidak direkomendasikan untuk ibu hamil, terlebih pada ibu yang sedang hamil muda. Sebuah penelitian menyebutkan jika mengonsumsi biji pepaya akan menyebabkan gangguan kesehatan pada kehamilan yang menjurus pada keguguran. Begitu juga bagi kaum pria, disarankan untuk tidak mengonsumsi biji pepaya ini terus menerus selama berbulan-bulan. Karena hal ini memiliki efek terhadap kesuburan pada pria.

BACA JUGA  Manfaat Konsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

Semoga artikel manfaat biji pepaya bagi kesehatan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Intinya, arti dari kalimat “mencegah lebih baik dari pada mengobati” adalah cara terbaik agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh kita sewaktu-waktu. Yaitu dengan membiasakan diri untuk menjalani pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.



Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- manfaat biji pepaya untuk kolesterol, - kopi biji pepaya, - manfaat kopi biji pepaya, - efek samping biji pepaya, - khasiat biji pepaya, - kopi dari biji pepaya, - biji pepaya obat kolesterol, - biji pepaya turunkan kolesterol, - manfaat kopi dari biji pepaya, - cara membuat kopi dari biji pepaya

Artikel Terkait dan Link Sponsor

4 Manfaat Biji Pepaya Bagi Kesehatan Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 1,854 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes berhitung dulu *