atasi mata lelah karena komputer
Atasi mata lelah karena komputer (Ilustrasi/pixabay)

4 Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menatap Komputer

Kini banyak orang harus bekerja dan berlama duduk menatap layar komputer. Seharian penuh mengerjakan tugas di depan komputer tanpa istirahat, akan membuat otot mata menjadi stres dan lelah. Hal itu tak dapat dibiarkan, karena mata yang lelah terus-menerus akan berbahaya bagi kesehatan mata ke depannya. Lalu bagaimana mengatasi mata lelah karena menatap komputer terlalu lama? Berikut ini 4 tips untuk mengatasinya:

  1. Lakukan pemutaran mata

Langkah pertama apabila otot mata mulai lelah ialah lakukan pemutaran bola mata. Putar kedua bola mata ke arah atas, kemudian ke arah samping sampai beberapa kali. Melakukan hal sederhana ini akan membuat otot mata lebih rileks dan tidak terlalu tegang akibat berjam-jam menatap layar komputer.

  1. Lakukan pemijatan dengan telapak tangan

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi mata lelah ialah dengan melakukan pemijatan menggunakan tangan. Caranya yaitu, biarkan kedua mata anda terpejam, kemudian letakkan telapak tangan pada kelopak mata. Lakukan pemijatan secara perlahan sampai mata terasa lebih rileks dan segar kembali.

atasi mata lelah karena komputer
Atasi mata lelah karena komputer (Ilustrasi/pixabay)
  1. Pejamkan mata dan berkedip beberapa kali

Mengistirahtkan mata sejenak juga merupakan cara ampuh untuk mengatasi otot mata yang lelah. Caranya, pejamkan mata anda selama 10-15 detik beberapa kali, kemudian kedipkan mata beberapa kali sampai mata anda menjadi lebih segar.

  1. Lihat ke arah benda yang jauh

Ketika tengah beristirahat atau setelah pulang bekerja, cobalah untuk melihat ke arah benda-benda yang jauh, sehingga membuat mata anda takĀ  hanya terlatih melihat benda dekat saja seperti layar komputer. Anda dapat mengamati bangunan gedung-gedung tinggi atau apa pun yang terlihat dari kejauhan.

Nah, itulah tadi 4 tips bagaimana cara mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap komputer. Mudah bukan melakukannya? Kalau begitu, langsung praktikkan ya. Mata juga butuh istirahat dan penyegaran kembali agar dapat terus bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Meski pekerjaan mengharuskan anda untuk berada sekian jam di depan komputer, jangan lupa selingi dengan tips-tips di atas, sehingga mata tidak terlalu lelah. Oke?

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- jgn terlalu menatap orang, - penyegaran mata setelah lama melihat komputer

data-ad-format="link">
4 Tips Mengatasi Mata Lelah Akibat Terlalu Lama Menatap Komputer Post in | Last updated: January 8th, 2017 | 119 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *