4 Tips Perawatan Awal Kehamilan Yang Benar

Untuk sistem perawatan kehamilan ketika masuk di bulan pertama bukan mudah untuk dilakukan. Karena pola kerja, gaya hidup dan beberapa makanan yang perlu untuk diadaptasi ketika masa kehamilan tersebut. Selain itu, dalam perubahan fisik bagi wanita perlu diperhatikan dan dikonsultasikan kepada dokter. Pada umumnya bulan pertama kehamilan proses perubahan bentuk tubuh dipengaruhi oleh hormon. Mual-mual merupakan salah satu bentuk perubahan pada kehamilan bulan pertama dan perlu cara dalam mengatasinya.

Tips perawatan kehamilan awal

Tips perawatan kehamilan awal (Ilustrasi/pixabay)

Berikut ini ada beberapa tips perawatan pada kehamilan bulan pertama agar tidak terjadi abnormal pada perkembangan janin, yaitu:

4 Tips Perawatan Awal Kehamilan Yang Benar

  1. Nutrisi

Di masa awal kehamilan tidak mudah bagi wanita dalam mengonsumsi jenis makanan maupun minuman. Sedangkan janin yang dikandung sangat membutuhkan nutrisi yang optimal. Nutrisi ini perlu dipenuhi agar tidak terjadi keguguran. Sebaiknya wanita di awal kehamilan perlu menghindari makanan maupun minuman yang ada bahan pengawetnya, berkafein dan memiliki bahan kimia yang sangat membahayakan pertumbuhan janin. Selain itu, hindari pula mengonsumsi keju yang merupakan salah satu penyebab terjadinya keguguran.

2. Pola kerja bijaksana

Hal ini dikhususkan bagi wanita karier yang sudah memasuki masa awal kehamilan. Perubahan fisik memiliki pengaruh besar dalam pekerjaannya. Oleh karena itu, perlu menghindari pekerjaan yang berat. Pekerjaan yang menyita waktu istirahat, terbebani dan mudah menimbulkan stres. Jika hal ini tidak dihindari maka hormon dalam tubuh akan mengalami kontraksi dan dapat menyebabkan terjadinya suatu keguguran pada awal kehamilan.

3. Kontrol emosi

Di masa awal kehamilan wanita pasti memiliki emosi yang tidak stabil, naik dan turun. Hal ini dikarenakan hormon yang tidak seimbang selama masa kehamilan terjadi. Bagi wanita yang hamil perlu mengontrol emosi khususnya bagi yang memiliki riwayat mengidap hipertensi. Perlu lebih cermat dalam pemilihan cara merelaksasi tubuh agar tidak mudah emosi.

4. Konsultasikan kepada dokter

Wanita di masa awal kehamilan perlu untuk berkonsultasi kepada dokter secara rutin. Hal ini penting untuk mengontrol kondisi janin. Khususnya bagi wanita yang mudah muntah, mual-mual, pendarahan di daerah organ kewanitaan dan keputihan. Hal ini perlu untuk diperhatikan.

Itulah beberapa tips perawatan di masa awal kehamilan yang perlu untuk diperhatikan dan diterapkan dengan baik dan benar. Khususnya bagi suami perlu untuk memperhatikan dengan baik semua aktifitas yang dilakukan oleh istri. Supaya nanti calon bayi yang ada di kandungannya selalu terawat dan terjaga.

Selain menerapkan tips di atas, jangan melupakan porsi makan setiap hari yang seimbang. Hindari jenis makanan yang membahayakan dan konsumsi makanan sehat yang berkaitan dengan kehamilan. Jangan sampai tubuh wanita hamil mengalami dehidrasi setiap harinya. Perbanyak minum air putih minimal 2 liter setiap hari. Hal ini penting untuk kesehatan dan daya tahan tubuh wanita yang sedang memasuki kehamilan awal.

Leave a Reply

*