5 Bahaya Menahan Buang Air Kecil

Bahaya Menahan Buang Air Kecil – Di tengah maraknya kesibukan yang sering kali terjadi, sepertinya menahan buang air kecil bukanlah hal yang tabu. Entah itu dikarenakan sedang berada di perjalanan jauh dan tempat toilet umumnya kumuh sehingga tidak nyaman untuk membuang air kecil di situ, selanjutnya dikarenakan adanya banyak pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Padahal, dari hal yang sebelumnya disepelekan itulah, ternyata ada banyak dampak negatif yang akan mengancam kesehatan Anda, jika Anda sering kali menahan buang air kecil. Entah bahaya itu bisa dimulai dari terjadinya infeksi kandung kemih, kehilangan sensitifitas otot kandung kemih, terjadinya anyang-anyangan, hingga terjadinya kelumpuhan. Berikut adalah 5 bahaya yang bisa terjadi jika Anda sering menahan buang air kecil, antara lain:

5 Bahaya Menahan Buang Air Kecil

Bahaya menahan buang air kecil

Bahaya menahan buang air kecil

  1. Infeksi saluran kemih

Hal ini terjadi saat Anda sering menahan buang air kecil maka air seni yang seharusnya dikeluarkan menjadi tertampung di dalam kandung kemih, dimana pada kandung kemih tersebut terdapat otot yang berfungsi untuk menahan air. Otomatis jika hal ini dibiarkan terlalu lama terjadi, maka akan menimbulkan rasa sakit dan terjadinya sebuah infeksi. Karena pada saat menahan buang air kecil, genangan air yang ada di dalam kandung kemih tersebut akan dipenuhi dengan kuman. Akibatnya perut bagian bawah Anda akan merasa sakit, kemudian Anda juga akan merasa perih saat sedang buang air kecil, dan lebih parahnya lagi Anda akan menjadi lebih sering buang air kecil dengan volume yang sedikit. Hal inilah yang disebut dengan terjadinya infeksi saluran kemih.

2. Cara kerja otot yang ada di dalam kandung kemih menjadi kurang sensitif

Hal ini bisa terjadi karena otot yang ada di dalam kandung kemih tersebut harus bekerja lebih keras saat Anda menahan buang air kecil, sehingga hal ini berdampak pada sensitivitas otot kandung kemih yang menjadi hilang karena otot yang ada di kandung kemih harus menahan air secara terus-menerus sehingga otomatis otot tersebut menjadi longgar.

3. Terjadi anyang – anyangan

Anyang-anyangan ini sering kali terjadi pada Anda yang suka menahan buang air kecil, sehingga Anda akan merasa tidak nyaman dengan rasa ingin sekali buang air kecil secara terus – menerus, akan tetapi justru yang dikeluarkan hanyalah sedikit atau bahkan malah tidak ada urin yang keluar sama sekali.

4. Terjadi gagal ginjal

Mungkin sebelumnya Anda tidak pernah berpikir bahwa dengan menahan buang air kecil bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Namun itu memang benar. Karena dengan menahan buang air kecil tersebut sama saja Anda sedang memberikan tekanan pada ginjal untuk bekerja lebih keras. Sehingga jika hal ini terjadi secara terus – menerus, produksi ginjal Anda menjadi menurun dan bahkan akan terjadi pembengkakan yang kemudian ginjal Anda tidak akan berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

5. Kelumpuhan

Dari beberapa bahaya menahan buang air kecil yang telah disebutkan di atas, sepertinya dampak kelumpuhan inilah yang paling mengerikan jika dilihat dari segi akibat yang ditimbulkan. Perlu diketahui bahwa ternyata dengan rusaknya dinding otot saluran kemih yang disebabkan sering menahan buang air kecil tersebut bisa berakibat fatal, yaitu mengalami kelumpuhan.

Nah, melihat dari 5 bahaya menahan buang air kecil di atas, ada baiknya jika mulai saat ini Anda harus bisa membuang kebiasaan buruk seperti menahan buang air kecil apapun alasannya. Kalaupun Anda sedang berada dalam perjalanan jauh, sebaiknya jika Anda sedang ingin buang air kecil, Anda bisa mengakalinya dengan cara mencari SPBU atau WC umum terdekat yang mungkin akan membantu Anda membuang air kecil Anda.

Selanjutnya, jika Anda sedang berada dalam pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, maka ada baiknya untuk memberikan waktu sebentar atau menunda pekerjaan tersebut untuk beberapa menit dan segera meluangkan diri Anda untuk segera membuang air kecil. Karena perlu diingat bahwa dengan alasan yang se-simple itulah justru jika dilakukan secara berulang kali, hal ini bisa berdampak buruk seperti yang telah dijelaskan di atas.

Untuk itulah dari penjelasan di atas, sepertinya tidak ada alasan lagi untuk Anda menahan buang air kecil. Jadi, mari kita jalankan hidup sehat mulai sekarang!

Leave a Reply

*