5 Cara Mudah Mencegah Ngantuk di Siang Hari Saat Berpuasa

By | July 5, 2015
5 Cara Mudah Mencegah Ngantuk di Siang Hari Saat Berpuasa

5 Cara Mudah Mencegah Ngantuk di Siang Hari Saat Berpuasa – Rasa kantuk di siang hari menjadi salah satu hal yang paling sering dialami orang saat sedang menjalani ibadah puasa. Energi yang telah terkumpul saat sahur sedikit demi sedikit akan habis dan tubuh pun menjadi terasa lelah akibat aktivitas yang dilakukan. Di samping hal tersebut, aliran oksigen pada otak yang tidak lancar juga seringkali menjadi penyebab datangnya rasa kantuk.

Rasa kantuk yang terjadi pada siang hari tentunya akan sangat mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan, terlebih jika Anda berpuasa saat masih bekerja. Jika rasa kantuk pada siang hari terjadi pada Anda, maka hal tersebut dapat Anda cegah tanpa harus membatalkan puasa. Seperti yang dikutip dari Life Hackery, beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ngantuk pada siang hari saat sedang berpuasa adalah sebagai berikut.

5 Cara Mudah Mencegah Ngantuk di Siang Hari Saat Berpuasa

  1. Jalan – jalan
5 Cara Mudah Mencegah Ngantuk di Siang Hari Saat Berpuasa

5 Cara Mudah Mencegah Ngantuk di Siang Hari Saat Berpuasa (Ilustrasi)

Berjalan – jalan dan bangun dari kursi mungkin tidak Anda minati saat sedang berpuasa. Namun, dengan melakukan jalan – jalan ringan saja tentunya tidak akan membahayakan dan tidak akan membuat Anda menjadi semakin lelah meski sedang menjalani puasa. Jalan – jalan sejenak di sekitar tempat kerja justru akan membuat tubuh Anda menjadi kembali segar. Jadi tidak ada salahnya Anda bangun dari kursi dan berjalan – jalan sebentar ke luar ruangan. Anda dapat menghirup udara segar serta menikmati keindahan taman, pepohonan, atau pemandangan lainnya yang dapat membuat penglihatan Anda menjadi kembali segar.

Berjalan – jalan juga dapat membuat sirkulasi darah ke otak meningkat dan saluran pernapasan pun menjadi lebih longgar. Dengan demikian, rasa kantuk dan malas yang menempel pada tubuh akan segera tersingkirkan. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba untuk berjalan – jalan ke luar ruangan selama beberapa menit, maka manfaatnya akan segera dapat Anda rasakan.

  1. Meditasi 5 menit

Para peneliti percaya bahwa meditasi dapat dilakukan sebagai penyegaran tubuh. Jika Anda merasa sangat mengantuk saat sedang bekerja sembari berpuasa, maka janganlah memaksakan diri untuk tetap bekerja. Berhentilah sejenak, karena pekerjaan akan menjadi berantakan jika terlalu dipaksakan. Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk melakukan meditasi selama lima menit.

Meditasi tidak hanya Anda lakukan dengan menutup mata, karena hal tersebut justru akan membuat Anda menjadi semakin ngantuk. Agar manfaat meditasi dapat diperoleh secara optimal, Anda dapat memposisikan diri serileks mungkin, kemudian lakukanlah beberapa latihan pernapasan. Hal tersebut dapat membantu sirkulasi udara serta oksigen ke otak dan seluruh tubuh menjadi lancar. Anda juga dapat melakukan meditasi sembari mendengarkan musik sehingga Anda dapat lebih antusias dan termotivasi.

  1. Tidur siang

Tidur siang menjadi hal yang tentunya diinginkan oleh semua orang saat sedang merasa ngantuk. Namun, tidur siang yang dilakukan bukan hanya sekedar membuat Anda menjadi semakin bermalas – malasan. Tidur siang singkat yang juga disebut dengan power nap dapat membuat rasa kantuk yang dialami sepanjang hari menjadi hilang dan Anda pun akan merasa lebih segar. Power nap hanya dilakukan selama beberapa menit saja.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang yang singkat pada siang hari justru dapat membuat tubuh menjadi lebih segar serta produktif setelahnya. Namun, tidur siang tersebut tentunya tidak dilakukan untuk menjadi semakin bermalas – malasan. Anda dapat melakukan power nap dengan menyangga kepala dengan sebuah penyangga seperti bantal atau punggung kursi.

  1. Cuci muka

Anda tentunya tidak dapat mengkonsumsi makanan apapun untuk membuat energi kembali meningkat saat sedang mengantuk. Oleh karena itu, tubuh memerlukan stimulus dari luar lainnya agar rasa kantuk dapat dihilangkan. Salah satu stimulus yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencuci muka. Pergilah ke kamar mandi untuk mencuci muka saat Anda mulai merasa wajah menjadi kaku akibat lelah dan mengantuk.

Di kamar mandi, Anda tidak hanya dapat mencuci muka saja, tetapi juga dapat memperbaiki penampilan seperti memakai make up, menyisir rambut, atau melakukan pijatan pada wajah. Dengan mencuci muka dan memperbaiki penampilan, maka Anda akan merasa lebih baik serta tidak mengantuk lagi sehingga Anda pun akan terlihat menjadi lebih segar.

  1. Temukan hal yang lucu

Jika Anda merasa sangat mengantuk saat sedang bekerja menggunakan komputer, maka tidak ada salahnya untuk mencari hiburan sekali waktu. Rasa kantuk yang Anda rasakan dapat dicegah dengan melihat hal – hal yang lucu seperti gambar. Jika Anda tidak sedang bekerja dengan komputer, maka rasa kantuk dapat dicegah dengan mengajak teman kerja Anda mengobrol atau pun bercanda. Hal ini tentunya dapat Anda lakukan saat sedang tidak melakukan pekerjaan apapun. Karena saat sedang sendirian atau tidak mempunyai teman bicara, orang terkadang akan merasa ngantuk.

Dengan meminum kopi, rasa kantuk pada siang hari umumnya dapat dihilangkan. Namun saat sedang berpuasa, tentunya hal tersebut tidak dapat Anda lakukan. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih alternatif – alternatif di atas agar rasa kantuk dapat dicegah tanpa perlu membatalkan puasa. Mengkonsumsi makanan yang salah pada saat sahur terkadang juga dapat memicu datangnya rasa kantuk di siang hari. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan makanan yang disantap saat sahur. Janganlah mengkonsumsi makanan yang dapat cepat menyerap energi sehingga Anda tidak akan kekurangan energi saat sedang berpuasa.

Demikianlah 5 Cara Mudah Mencegah Ngantuk di Siang Hari Saat Berpuasa, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *