7 Manfaat sinar matahari untuk kesehatan

7 Manfaat sinar matahari untuk kesehatan– Kita sering mendengarkan mengenai sinar matahari sebagai penyebab kanker kulit, dan radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya. Namun di balik itu, selain menyediakan cahaya dan menghangatkan bumi, sinar matahari juga banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia.

Baca juga: Lindungi kulitmu dari sinar matahari dengan SPF.

Ada banyak manfaat dari sinar matahari selain menyediakan cahaya dan menghangatkan bumi. Ada banyak pula alasan mengapa sinar matahari sangat baik untuk kesehatan. Sumber utama dari vitamin D adalah sinar matahari.

Kekurangan vitamin D akan menyebabkan penyakit tulang pada anak-anak dan penyakit kronis lainnya bagi orang dewasa. Manfaat kesehatan dari sinar matahari juga tak hanya sebatas vitamin D saja. Namun jika tersorot sinar matahari terlalu sering juga sebenarnya berbahaya.

Matahari pagi merupakan yang terbaik karena panasnya tak terlalu menyengat dan tak terkontaminasi polusi. Sedangkan sinar matahari saat siang hari bisa berbahaya karena bisa terekspos ultraviolet. Dikutip dari Boldsky, ini dia beberapa manfaat baik sinar matahari untuk kesehatan:

7 Manfaat sinar matahari untuk kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat sinar matahari untuk kesehatan:

Tidur nyenyak

Waktu dan jumlah jam tidur tentu sangat penting. Melatonin adalah hormon yang membantu kita tidur di malam hari. Tubuhmu akan berhenti memproduksi melatonin siang hari dan akan menghasilkan lagi di malam hari tergantung pada seberapa besar sinar matahari yang kita dapatkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa sinar matahari yang baik untuk kesehatan.

Paparan sinar matahari memiliki dampak besar pada depresi, gangguan afektif musiman dan kualitas tidur.

Kesehatan Mental

Menurunnya paparan sinar matahari telah dikaitkan dengan penurunan kadar serotonin, yang dapat menyebabkan depresi berat dengan pola musiman. Efek serotonin yang dipicu oleh cahaya sinar matahari yang masuk melalui mata. Sinar matahari menunjukkan area khusus di retina, yang memicu pelepasan serotonin.

Berat badan turun

Salah satu manfaat kesehatan dari sinar matahari adalah bahwa ketika kamu mendapatkan sinar matahari pagi, maka ini akan membantu untuk mengurangi berat badan. Hal ini juga dapat dihubungkan dengan fakta bahwa jika kamu mendapatkan cukup tidur, kamu akan dapat mengelola berat badan dengan baik.

Sumber Vitamin D

Manfaat sinar matahari untuk kesehatan

Ketika sinar matahari alami mengenai kulit, hal tersebut memicu produksi vitamin D. Vitamin D juga dikenal sebagai “vitamin sinar matahari.” Ini merupakan bahan penting untuk kesehatan secara keseluruhan; melindungi terhadap peradangan, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu pembentukan otot, meningkatkan fungsi otak dan bahkan melindungi terhadap kanker.

Kadar vitamin D yang rendah dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker pros**tat, dan demensia.

Untuk itu, dianjurkan untuk mendapatkan paparan sinar matahari setidaknya 10-15 menit setiap hari.

Baca juga: Makanan yang kaya vitamin D.

Kesehatan dan Pembentukan Tulang Yang Kuat

Paparan radiasi ultraviolet-B dalam sinar matahari menyebabkan kulit seseorang memproduksi vitamin D. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2008, dalam periode 30 menit saat mengenakan pakaian renang, orang akan memproduksi kadar vitamin D berikut:

  • 50.000 unit internasional (IU) di sebagian besar orang Kaukasia
  • 20.000 hingga 30.000 IU pada orang yang berjemur
  • 8.000 hingga 10.000 IU pada orang berkulit gelap

Vitamin D yang dihasilkan berkat sinar matahari berperan besar dalam kesehatan tulang. Kadar vitamin D yang rendah telah dikaitkan dengan rakhitis pada anak-anak dan penyakit tulang seperti osteoporosis dan osteomalacia.

Vitamin D membantu tubuh untuk menyerap kalsium yang digunakan untuk tulang yang lebih sehat. Vitamin D juga ditemukan dalam ikan seperti salmon dan produk susu. Tapi, vitamin D sangat mudah diproduksi ketika sinar matahari menyentuh kulit.

Perlindungan dari penyakit

Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin D yang rendah dalam tubuh menempatkan resiko yang lebih besar terhadap penyakit ,seperti jantung dan kanker. Mereka juga menemukan bahwa vitamin D yang alami dari matahari akan memiliki nilai yang lebih baik daripada suplemen Vitamin D. Ini adalah salah satu alasan mengapa sinar matahari yang baik untuk kesehatan.

Terhindar dari penyakit auto-imun

Salah satu manfaat kesehatan utama dari sinar matahari adalah perlindungan dari terjadinya penyakit auto-imun. Sinar UV dari sinar matahari akan membantu menghindari hiperaktivitas sistem kekebalan tubuh, yang merupakan cara terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit autoimun seperti psoriasis.

Demikianlah artikel mengenai Manfaat sinar matahari untuk kesehatan, semoga bermanfaat.

*