5 Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya 1

5 Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya

5 Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya – Hanya mendengar kata “kanker” saja pasti sudah membuat Anda bergidik bukan? Pada kenyataannya, kanker memang bisa menyerang siapa pun dalam usia berapa pun. Efek dari kanker selalu menimbulkan kerusakan yang bisa berakibat fatal. Sel kanker yang sudah bersemayam dalam tubuh seringkali menyebar ke seluruh tubuh, dan itulah yang meyebabkan kanker sulit untuk disembuhkan. Bahkan proses pengobatan yang mahal dan menyakitkan membuat sebagian orang enggan untuk mengobatinya.

Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kanker. Beberapa diantaranya memang tidak dapat dihindari karena merupakan kodrat manusia, misalnya usia dan keturunan. Namun sebagian besar penyebab kanker adalah faktor yang timbul sebagai akibat dari kesalahan orang itu sendiri, misalnya asap rokok, karsinogen dan paparan sinar matahari yang berlebihan yang seharusnya dapat dihindari. 5 penyebab utama kanker tersebut akan kami bahas lebih lanjut sebagai berikut:

1. Usia Dapat Memicu Timbulnya Kanker
Walaupun tisak terjadi pada setiap orang, pertambahan usia juga dapat menjadi faktor pemicu kanker. Orang yang sudah “berumur” memiliki resiko lebih tinggi terhadap kanker. Kenyataannya, 75% kasus kanker terjadi pada usia 60 tahun ke atas. Hal tersebut terjadi karena pertambahan usia juga berpengaruh langsung terhadap metabolisme dan ketahanan tubuh manusia, termasuk ketahanan untuk mencegah serangan kanker. Cara untuk mencegahnya adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

2. Faktor Keturunan Sebagai Penyebab Kanker:
Beberapa kasus kanker pay*dara terjadi pada orang yang memiliki riwayat kanker tersebut dalam keluarga sedarah. Jika dalam keluarga Anda terdapat orang yang menderita kanker tersebut, maka kemungkinan terserang kanker yang sama juga lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat kanker tersebut. Untuk Anda yang memiliki garis keturunan penderita kanker, periksakan diri Anda untuk mengetahui ada tidaknya sel kanker dalam tubuh Anda.

5 Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya
5 Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya (Ilustrasi)

3. Asap Rokok Dapat Menyebabkan Kanker:
Asap rokok, baik yang diperoleh secara aktif maupun pasif sangat berpengaruh terhadap timbulnya kanker. Kanker dapat terjadi karena adanya zat polutan dalam tubuh, dan asap rokok juga dianggap polutan dalam tubuh. Asap rokok dapat menyebabkan kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker oesophagus dan (tentu saja) kanker paru-paru. Ingat, risiko ini dapat terjadi pada perokok aktif maupun perokok pasif, karena itu hindarilah asap rokok, terlebih bila Anda seorang perokok: “Berhentilah merokok sekarang juga!!”

4. Karsinogen Sebagai Penyebab Kanker:
Selain asap rokok, zat yang bersifat polutan juga terdapat pada sebagian besar bahan-bahan kimia. Karsinogen terdapat pada beberapa bahan kimia, misalnya asbes, benzena, formaldehida dan vinil klorida. Mungkin Anda tidak sadar bahwa sebenarnya bahan-bahan kimia tersebut juga terdapat di lingkungan Anda, bahkan di rumah, yaitu di cat tembok dan di eternit. Untuk mencegahnya, pilihlah produk-produk terbaik yang bebas dari bahan kimia yang berbahaya.

5. Sinar matahari Dapat Memicu Kanker:
Selama tidak menyebar ke organ dalam tubuh, kanker kulit memang tidak berakibat kematian. Namun efek dari serangan kenker kulit akan sangat mengganggu penampilan. Dan bagi sebagian orang, gangguan kulit yang disebabkan oleh kanker kulit adalah bencana besar dalam hidup mereka. Radiasi sinar UV adalah penyebab utama terjadinya kanker kulit. Jadi untuk Anda yang sering beraktifitas di luar ruangan, kenakanlah tabir surya atau krim pelindung sinar matahari dalam setiap aktifitas Anda.

Apakah Anda sudah terhindar dari penyebab utama kanker yang di sebutkan di atas? Bila belum, segera lakukan perubahan baru dalam hidup Anda agar tehindar dari risiko terserang kanker. Ingat, pola hidup yang sehat akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker. Demikianlah “5 Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya” semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- sebutkan 5 zat yang menyebabkan kangker

data-ad-format="link">
5 Penyebab Kanker dan Cara Mencegahnya Post in | Last updated: September 21st, 2014 | 46 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *