Cara menyembuhkan asma secara total
Cara menyembuhkan asma secara total (Ilustrasi/pixabay)

5 Terapi untuk Menyembuhkan Asma yang Dapat dilakukan Sendiri

Asma adalah sebuah penyakit terjadinya penyempitan di saluran pernapasan sehingga penderitanya akan kesulitan bernapas karena terhambatnya aliran oksigen. Pada saat kambuh, penderita akan mengalami sesak napas.

Ada banyak faktor yang dapat memicu kekambuhan, seperti: makanan, alergi, polusi udara, stres, dan lain-lain. Umumnya penderita akan bergantung pada obat-obatan, terutama inhaler. Nah, berikut ini terapi yang bisa anda lakukan sendiri agar asma tidak sering kambuh:

  1. Bagun pagi

Bangun di pagi hari dengan udara pagi yang masih segar, bagus untuk dilakukan sebagai terapi penyembuhan asma. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa vitamin D yang berasal dari sinar matahari di pagi hari akan dapat mengontrol asma agar tidak sering kambuh. Selain itu, udara yang masih segar juga baik untuk paru-paru.

Cara menyembuhkan asma secara total
Cara menyembuhkan asma secara total (Ilustrasi/pixabay)
  1. Senam pernapasan atau meditasi

Melakukan meditasi akan melatih paru-paru bekerja dengan teratur. Anda dapat melakukan pernapasan perut yang dapat memaksimalkan masuknya udara ke paru-paru. Caranya ialah dengan mengambil posisi duduk atau pun berbaring. Kemudian ambil napas secara perlahan dari hidung dan dikeluarkan melalui mulut. Lakukan secara teratur dan berkonsentrasilah pada pernapasan.

  1. Olahraga renang

Renang merupakan jenis olahraga yang dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Agar asma tak sering kambuh, minimal sempatkan untuk berenang seminggu sekali. Dengan melakukan olahraga secara teratur, maka paru-paru akan lebih sehat dan merupakan cara yang cukup efektif agar terhindar dari sesak napas karena asma.

  1. Konsumsi ramuan herbal

Makanan atau minuman yang mengandung banyak gizi juga menjadi faktor penting agar asma tak sering kambuh. Dengan mengonsumsi brokoli maupun minyak ikan akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga asma akan jarang kambuh. Selain itu, mengonsumsi buah-buahan, seperti: alpukat dan apel juga dapat membantu menjaga organ pernapasan. Minuman herbal yang terbuat dari jahe hangat dan madu juga bagus untuk meringankan gejala penyakit asma.

  1. Kontrol emosi dan jauhi stres

Penderita asma perlu lebih bisa mengontrol emosinya. Rasa takut, cemas, bahkan gembira secara berlebihan dapat menjadikan perubahan denyut jantung yang memicu kambuhnya asma. Terlebih lagi, jika penderita sedang mengalami stres, serangan asma bisa muncul sewaktu-waktu. Oleh karena itu, penting bagi anda yang ingin mengobati asma agar mulai mengontrol emosi yang ada.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan secara mandiri di rumah untuk memulihkan tubuh dari serangan asma. Semoga asma anda tidak kambuh lagi ya.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- cara menyembuhkan asma secara total, - terapi asma, - menyembuhkan asma dengan meditasi, - penyakit asma denganmeditasi, - penyembuhan asma dengan cara meditasi, - udara pagi menyembuhkan asma, - terapi manduri sesak napas, - terapi pengobatan azma, - terapi sendiri untuk menyembukan asma, - terapi sinar untuk penyakit asma

data-ad-format="link">
5 Terapi untuk Menyembuhkan Asma yang Dapat dilakukan Sendiri Post in | Last updated: November 16th, 2016 | 728 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *