6 Cara Relaksasi Tubuh Untuk Mengatasi Stres

Stres memainkan peran besar dalam kesehatan kita. Kortisol dan Adrenalin yang merupakan hormon stres utama, dianggap sebagai salah satu faktor dalam hubungan antara stres dan penyakit. Jika hormon tersebut bekerja secara normal maka tentunya reaksi yang dihasilkan akan positif. Namun apabila stres terjadi secara konstan justru dapat menyebabkan permasalahan pada tubuh anda.

Permasalahan terjadi ketika stres menjadi konstan atau ketika otak percaya stres terjadi terus menerus meskipun tidak dalam kondisi stres. Karena stres dimulai di otak, namun memicu reaksi hormon Kortisol dan Adrenalin dalam darah yang jika terjadi terus-menerus akan memberikan dampak kronis terhadap kesehatan.

Berikut adalah beberapa langkah relaksasi yang mampu menjaga keseimbangan kondisi tubuh sehingga efektif dalam mengatasi kondisi stres.

6 Cara Relaksasi Tubuh Untuk Mengatasi Stres

  1. Meditasi

Jika Anda baru mencoba meditasi, tidak apa-apa. Meditasi berbeda untuk setiap orang. Ini praktek pribadi yang digunakan untuk menciptakan kesadaran, ketenangan, dan rasa tenang. Untuk meditator berpengalaman biasa duduk di keheningan dengan hati nurani, mengatur napas untuk 20-60 menit. Untuk mereka yang baru memulai, bisa dicoba secara perlahan untuk menemukan alur yang baik. Anda bisa memulai berkomitmen untuk satu menit sehari hingga ditambah menjadi 10-20 menit sampai satu jam sehari.

Untuk memulai, cari tempat yang tenang di mana Anda bisa sendirian tanpa gangguan. Berkomitmenlah untuk jangka waktu yang realistis untuk Anda. Tutup mata dan tenangkan pernapasan Anda. Tarik napas sampai hitungan lima dan kemudian perlahan-lahan menghembuskan napas setelah lima hitungan.

Duduklah dalam keheningan dengan benar-benar fokus dan menciptakan kesadaran. Cobalah merasakan tubuh Anda, rasakan pikiran Anda saat itu dan fokus pada pernapasan. Tenangkan pikiran Anda. Hadir dalam tubuh Anda. Jadilah terbuka untuk apa pun yang datang.

  1. Olah Raga

Menggerakkan tubuh Anda setiap hari akan memberikan efek menakjubkan dan memiliki banyak manfaat. Hal tersebut efektif dalam mengurangi stres karena aktivitas fisik berpengaruh terhadap peningkatan produksi endorfin.

Seperti yang diketahui bahwa hormon endorfin merupakan hormon bahagia yang memberikan efek tenang dan juga obat penghilang rasa sakit alami bagi tubuh.

  1. Mandi Detox

Campuran satu cangkir garam mandi ditambah satu cangkir baking soda ditambah sepuluh tetes minyak esensial (lavender sangat bagus untuk relaksasi) adalah semua yang Anda butuhkan. Isilah bak mandi dengan air hangat dan tambahkan bahan-bahan tersebut.

Rendam tubuh anda selama setidaknya 20 menit. Menyalakan lilin, memainkan beberapa musik akan membantu menenangkan pikiran Anda.

  1. Latihan Pernafasan

Cobalah latihan pernafasan dengan mata tertutup. Coba lakukan dalam ruang yang tenang, ditambah cahaya lilin, dan nyalakan musik santai. Lakukan latihan ini selama hitungan setidaknya delapan napas atau lebih sesuai keinginan Anda. Biarkan tubuh anda merasa tenang dan santai.

  1. Relaksasi Area Mata

Mulailah dengan memegang pensil di bagian tengah dengan ujung penghapus di sekitar ujung hidung Anda. Fokuskan pada penghapus dan perlahan-lahan arahkan pensil menuju mata Anda sampai sekitar kaki jauhnya. Tahan di sana selama beberapa detik.

Kemudian arahkan pensil mendekati hidung Anda sampai Anda melihat ganda (dua penghapus). Perlahan-lahan bawa kembali sampai Anda hanya melihat satu pensil dan tahan selama beberapa detik. Dorong sekitar satu inci lebih dekat. Jika itu terlihat ganda, tahan pensil dan coba untuk membuatnya nampak satu dengan lebih memfokuskan mata anda. Tahan di sana lagi selama beberapa detik .

Sekarang lemparlah pandangan ke seberang ruangan dan mencari objek sebagai titik fokus, seperti jam atau gambar. Jauhkan pandangan Anda selama 5 detik. Pindahkan pandangan mata Anda bolak-balik, dekat dan jauh, selama 30-60 detik. Hal ini membantu untuk memperkuat otot rektus medial Anda, yang merupakan otot di orbit yang berpengaruh terhadap kemampuan mata untuk bergerak ke atas dan ke bawah dan sisi ke sisi.

  1. Pijat Refleksi
Cara relaksasi tubuh untuk mengatasi stres

Cara relaksasi tubuh untuk mengatasi stres (Ilustrasi/pixabay)

Refleksi adalah terapi kuno asal Cina yang terfokus pada area kaki. Reflexology berfokus pada bagian-bagian kaki dan tangan yang mewakili bagian lemah dari tubuh. Memijat titik-titik tertentu membuka jalur saraf dan membersihkan racun dari tubuh.

Berdiri dengan satu bola (tenis atau bola tangan) di bawah setiap kaki (atau menggunakan satu bola, lakukan bergantian). Perlahan-lahan pindahkan berat badan Anda dari kaki ke kaki (atau bolak-balik jika menggunakan hanya satu bola). Setiap kali Anda bergerak, ubahlah sedikit posisi bola. Ambil napas perlahan dan hembuskan napas setiap kali Anda menempatkan tekanan pada bola. Perlahan geser ke seluruh bagian bawah kaki Anda dan

Lakukanlah latihan tersebut pada bagian kaki yang berbeda dan perhatikan bagaimana perbedaan sesudahnya. Apabila berdiri di bola terlalu kuat, Anda dapat duduk dan menempatkan satu bola di bawah setiap kaki.

Demikianlah 6 Cara Relaksasi Tubuh Untuk Mengatasi Stres, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*