6 Kiat memilih dokter kandungan

Kiat memilih dokter kandungan – Memilih dokter kandungan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, termasuk kualitas dokter dan jarak tempat praktiknya.

Kala hamil, tentu Anda ingin mempersiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk si anak kelak. Mulai dari menjaga pola makan sampai berkonsultasi pada dokter kandungan yang terbaik. Masalah utama para ibu hamil, biasanya seputar kesulitan menemukan dokter kandungan yang cocok. Dalam artian, Anda merasakan nyaman dan percaya pada sang dokter.

Hingga tak jarang seorang ibu hamil harus berpindah-pindah rumah sakit atau bergonta-ganti dokter kandungan. Padahal sangat penting untuk ‘setia’ pada satu ahli kandungan, agar perkembangan janin dan kesehatan Anda terpantau baik. Berikut ini beberapa panduan agar Anda dapat memilih dokter kandungan yang baik:

Kiat memilih dokter kandungan

1. Tetapkan kriteria
Setiap orang memiliki kriteria dan pandangan berbeda tentang dokter yang baik. Karenanya, tetapkan kriteria Anda. Seperti yang dilakukan Kenya Sentana (26), seorang penulis yang kini sedang mengandung anak pertama. Menurut Kenya, spesialis kandungan paling baik adalah yang tidak pelit ilmu, mau memberikan jawaban dengan detail, dan terbuka dengan metode gentle birth.

“Saya suka dokter kandungan yang enggak asal memberikan jawaban atau hanya menjawab pendek untuk si ibu,” kata Kenya, Rabu, 15 Oktober 2014.

Lain halnya dengan Rivanda Lamufa (24), seorang ibu rumah tangga yang juga mengandung anak pertama. Ravinda meganggap dokter kandungan yang baik bisa dihubungi di luar jam praktek dan mau memberikan banyak saran untuk si ibu. “Yang paling penting dokternya harus ramah dan detail menjelaskan perkembangan janin,” kata Rivanda.

6 Kiat memilih dokter kandungan
6 Kiat memilih dokter kandungan (Ilustrasi/Thinkstock)

2. Jarak tempat praktik
Setelah menetapkan kriteria, Anda harus mempertimbangkan soal jarak tempat praktik dokter dengan rumah. Jangan sampai hanya demi bertemu dokter idaman, Anda rela menempuh jarak berjam-jam. Ini tentu tak baik untuk kesehatan Anda dan bayi. Usahakan untuk memilih rumah sakit yang dekat dengan rumah, sehingga Anda bisa mendapatkan penanganan cepat kala terjadi hal darurat.

3. Jenis kelamin dokter
Bagi beberapa ibu, jenis kelamin dokter kandungan akan menjadi pertimbangan sebelum berkonsultasi. Alasannya terkait kenyamanan si ibu kala dokter, yang notabene orang lain, melihat tubuhnya. Dalam pemilihan ini, Anda perlu berdiskusi dengan suami. Apakah Anda lebih nyaman dengan dokter pria atau perempuan.

Untuk poin ini, seorang ibu muda, Shinta Zatia beranggapan bahwa gender dokter tidak penting. Perempuan 24 tahun yang sedang menjalankan program kehamilan ini merasa bila kualitas dokterlah yang harus menjadi pertimbangan utama. “Kalau memang dokternya bagus ya bagus aja, tidak masalah apa gendernya dan berapa tarif jasanya,” kata dia.

Sedangkan Kenya berpendapat berbeda. Ia merasa lebih nyaman berbincang dengan dokter pria. Alasan Kenya, “Karena katanya dokter perempuan itu judes. Tapi setelah coba konsul ke dokter perempuan, ternyata tidak seperti yang aku bayangkan.”

4. Latar belakang rumah sakit
Memilih dokter kandungan berdasarkan latar belakang rumah sakit itu penting. Misalnya Rivanda yang memilih berkonsultasi dengan dokter dari rumah sakit lawas. Karena menurut keyakinan dia, RSIA yang sudah berpengalaman hanya akan menyediakan dokter yang berkompeten.

Fasilitas dari rumah sakit pun menjadi pertimbangan. Misalnya, tak semua rumah sakit memiliki fasilitas USG 4D atau water birth. Ada pula rumah sakit yang tidak pro-asi dan tidak pro-gentle birth. Itu semua kembali lagi pada kebutuhan dan kriteria Anda.

5. Dokter favorit
Mudah sekali menemukan dokter favorit di sebuah rumah sakit. Caranya, Anda cukup bertanya ke bagian resepsionis, dokter kandungan mana yang antriannya paling panjang. Nah, sekarang keputusan di tangan Anda, apakah rela mengantri berjam-jam dan bersaing dengan puluhan ibu hamil demi bertemu dokter favorit ‘sejuta umat’?

6. Gali informasi di forum online
Ada banyak sekali forum khusus ibu hamil agar Anda bisa mencari beragam informasi seputar masa mengandung. Mulai dari rumah sakit dengan beragam fasilitas, dokter kandungan yang baik, sampai gejala kelainan kandungan. Karena itu, selama mengandung rajin-rajinlah membaca forum kehamilan dan cari informasi sebanyak-banyaknya. (Ayu Noor | Plasadana | Yahoo!SHE)

Demikianlah artikel mengenai 6 Kiat memilih dokter kandungan, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- dr kandungan terbaik aceh utara, - mau mau mau ke dokter kandungan kelamin

data-ad-format="link">
6 Kiat memilih dokter kandungan Post in | Last updated: October 9th, 2015 | 2 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *