Manfaat mengonsumsi telur
Manfaat mengonsumsi telur (Ilustrasi/Google images)

6 Manfaat Mengonsumsi Telur

6 Manfaat Mengonsumsi Telur – Apakah anda sering mendengar pertanyaan “lebih dulu mana telur dan ayam?”  Ya, setiap orang akan kebingungan menjawabnya, namun jawaban yang menurut orang kebanyakan sangat tepat adalah ayam yang terlebih dahulu ada. Ayam adalah hewan unggas, daging ayam sangatlah enak dan lezat, namun bukan saja dagingnya yang diambil untuk dikonsumsi tapi juga telurnya. Telur adalah hasil reproduksi dari beberapa unggas lainnya bukan saja ayam, tapi kali ini topik yang akan kita bahas adalah mengenai telur ayam. Ya, telur ayam. Hampir setiap kuliner menggunakan bahan baku diantarnya telur ayam. Telur ayam selalu digunakan dalam pembuatan kue, nasi goreng, bahkan telur ayam pun kadang digunakan untuk pembuatan non kuliner seperti lem dan lainnya. Namun, tahukah anda? Bahwa telur ayam yang kecil itu memiliki fungsi yang sangat besar dan juga berguna untuk tubuh kita, mari kita simak khasiat mengonsumsi telur ayam.

6 Manfaat Mengonsumsi Telur

Manfaat mengonsumsi telur
Manfaat mengonsumsi telur (Ilustrasi/Google images)

1. Penambah stamina

Mungkin anda pernah melewati atau mengunjungi kedai bubur kacang hijau. Kebanyakan kedai bubur kacang hijau selalu memiliki menu telur 1/2 matang. Mengapa seperti itu ? Karena telur memiliki khasiat untuk menambah stamina, tapi banyak juga meminum telur ayam kampung mentah atau mengonsumsi telur setengah matang ataupun ada yang sering mengonsumsi telur ayam kampung rebus setiap hari. Telur mengandung banyak protein yang berfungsi sebagai penghasil energi.

2. Mencegah rabun

Selain mengandung protein yang banyak, telur juga mengandung vitamin. Kuning telur yang biasa kita konsumsi mengandung vitamin A yang berguna untuk mencegah rabun senja, selain itu karena vitamin A yang terkandung di dalam kuning telur juga berfungsi sebagai pembentuk pigmen mata dan pertahanan kesehatan kornea.

3. Menambah selera makan

Apakah anda ingin menaikkan berat badan atau ingin menambah selera makan anda? Tidak ada salahnya mengonsumsi telur 2 hari sekali karena kuning telur ayam juga mengandung vitamin B1 karena berfungsi dalam memperlancar sistem metabolisme dan juga membantu penyerapan lemak oleh usus halus.

4. Memberikan efek positif untuk kulit

Bagi anda terutama kaum hawa, pasti selalu mendambakan kulit yang sehat dan indah. Bila anda ingin memiliki kulit sehat, maka telur adalah salah satu cara untuk memiliki kulit sehat. Telur yang mengandung vitamain A, B6, dan E berfungsi untuk mencegah pengelupasan kulit, peradangan pada kulit, dan juga menghaluskan kulit.

5. Untuk kesehatan tulang

Selain vitamin A, kuning telur pun mengandung banyak vitamin D. Sehingga mengonsumsi telur dapat memberikan efek positif dalam pembentukan tulang dan gigi, selain itu telur juga berfungsi mengarbsorpsi fosfor dan kalsium dan juga mencegah dari penyakit rakitis.

6. Baik untuk kesehatan darah

Vitamin B6 yang terkandung dalam telur berfungsi untuk mencegah kekurangan sel darah marah atau anemia. Vitamin E yang terkandung dalam telur pun berguna dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah sel darah merah. Telur juga berperan aktif dalam pembekuan darah dan juga mencegah darah sukar membeku karena kuning telur ayam juga mengandung vitamin K.

Demikianlah 6 Manfaat Mengonsumsi Telur, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- manfaat mengkonsumsi kuning telur rebus ayam kampung untuk anak usia 7tahun, - mampa at telor 1/2matang, - apa baik minum kuning telur d campur kcg ijo, - manfaat telur 1/2 matang, - bubur kacang ijo sama telur rebus apa bagus, - Telur setengah matang dan bubur kacang hijau naikan berat badan, - Apa manfaat telus ayam, - apa manfaat telur ayam kampung setengah matang, - Apa manfaat makan telur ayam matang, - apa 6 manfaat kegunaan telur

data-ad-format="link">
6 Manfaat Mengonsumsi Telur Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 438 views
Kontributor www.Infosehatkeluarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *