6 Tips Diet Sehat dan Aman 1

6 Tips Diet Sehat dan Aman

6 Tips Diet Sehat dan Aman – Penampilan memang sangat penting untuk dijaga, namun kesehatan masih jauh lebih penting lagi. Ada kalanya dimana seseorang ingin memiliki penampilan yang lebih menarik dengan tubuh yang ramping namun tidak terlalu memperhatikan aspek kesehatannya.

Kondisi seperti ini kemudian membuat banyak orang memilih untuk menjalankan program diet agar bisa mendapatkan tubuh yang ideal dengan mengurangi porsi makanan, mengurangi frekuensi makan (umumnya melewati makan malam), atau dengan menghindari beberapa makanan tertentu.

Meskipun diet tersebut terbukti bekerja efektif, namun faktanya program yang menyiksa seperti ini hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, sebaiknya pilihlah program diet yang lebih sehat dan lebih aman dengan cara:

6 Tips Diet Sehat dan Aman

6 Tips Diet Sehat dan Aman
6 Tips Diet Sehat dan Aman (Ilustrasi)

Percaya Diri

  • Memiliki niat serta tekad yang benar-benar kuat.
  • Memasang target yang realistis, jangan terlalu memaksakan.
  • Kenali tubuh Anda dan jangan menjadikan orang lain sebagai tolak ukur.
  • Hindari pola diet yang ekstrim seperti tidak makan sama sekali.
  • Jauhkan perasaan emosi yang akan dilampiaskan dengan makanan.

Pola Makan

  • Usahakan agar selalu sarapan lebih awal sehingga pembakaran energi bisa dimulai lebih cepat. Tutupi kekurangan kalori dengan mengkonsumsi 300 hingga 400 kalori yang bisa diperoleh dari setangkup roti gandum, sebutir telur dadar, dan semangkuk salad. Selain itu, Anda bisa juga mengkonsumsi 100 gram nasi, sepotong ikan, dan juga semangkuk sayur. Pastikan untuk tidak sarapan dengan makanan yang berlemak tinggi.
  • Perbanyak buah dan sayur, makanan yang bebas gula, 15-20% protein, dan 21 gram serat setiap harinya. Agar bisa tetap prima, penuhilah kebutuhan kalori harian Anda sekitar 1.200-1.500 kalori. Jika asupan kalori ini Anda kurangi, maka akan membuat proses metabolisme tubuh menjadi terhambat sehingga bisa menyebabkan penimbunan lemak.
  • Usahakan untuk makan sebelum merasa lapar dan pastikan pula agar bisa berhenti sebelum merasa kenyang.
  • Anda sebaiknya mengunyah makanan lebih lama lagi. Semakin lama Anda mengunyah, maka semakin mudah pula makanan tersebut untuk dicerna sehingga rasa kenyang akan lebih cepat didapatkan.
  • Makan malam dengan menu sayur-sayuran agar daya tahan tubuh meningkat.
  • Setelah makan malam, pastikan untuk tidak langsung tidur, tapi lakukanlah aktivitas ringan seperti membaca buku agar makanan tersebut bisa masuk ke lambung dengan cepat dan lebih mudah dicerna.
  • Hindari konsumsi susu dan daging secara bersamaan, ataupun susu dan ayam, telur dan ikan, susu dan cuka, ikan dan daun salad, serta susu dan buah.

Olahraga dan Udara Pagi

Tips diet sehat dan aman selanjutnya adalah dengan mengkombinasikan olahraga dan udara pagi. Udara pagi itu sendiri sangat kaya akan oksigen serta belum tercemar oleh zat-zat lain, sehingga sangat baik untuk mengoptimalisasi metabolisme tubuh yang kemudian akan berpengaruh terhadap vitalitas.
Sementara itu, olahraga ringan yang dilakukan sekitar 60-90 menit sudah sangat cukup untuk membakar sekitar 200 hingga 300 kalori.

Air Putih

Penuhi kebutuhan cairan Anda dengan konsumsi air mineral minimal 2 liter per hari. Kurang minum hanya akan membuat kinerja dari ginjal menjadi berat sehingga kondisi ini akan menganggu sistem metabolisme tubuh.

Kebersihan Mulut

Menggosok gigi pada pagi hari bisa membantu untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi yang berdampak positif terhadap konsumsi makanan.
Gosok gigi Anda setelah makan malam yang sekaligus menjadi penanda bahwa tidak ada lagi waktu untuk makan.

Istirahat Cukup

Hindari kebiasaan begadang dan usahakan agar bisa tidur lebih awal sehingga Anda bisa bangun lebih pagi. Hal ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tidur termasuk sebagai hak dari tubuh.

Nah, jika Anda bisa mematuhi 6 tips diet sehat dan aman di atas, maka diet Anda akan lebih mudah dan tanpa beban.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- sirup kering riamycin

data-ad-format="link">
6 Tips Diet Sehat dan Aman Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 9 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *