6 Tips Mencegah Rabun Jauh (Miopi)

6 Tips Mencegah Rabun Jauh (Miopi) – Apakah penglihatan anda ketika melihat objek yang jauh menjadi buram? Mungkin anda terkena gejala miopi atau rabun jauh atau banyak orang menyebutnya mata minus. Gangguan mata ini terjadi karena terlalu sering melihat obyek terlalu dekat, adanya ketegangan visual atau mungkin faktor obyek yang kita lihat misalnya terlalu lama melihat monitor komputer. Miopi pun beragam tingkatannya, ada yang rendah, menengah dan sudah parah. Untuk anda dengan tingkatan miopi yang rendah, anda masih bisa mengurangi atau menghilangkan gangguan miopi tersebut. Ada beberapa tips untuk anda yang ingin mencegah miopi ataupun mengurangi gejala miopi.

6 Tips Mencegah Rabun Jauh (Miopi)

1. Mengatur jarak dan pencahayaan ketika menggunakan komputer, smartphone dan Televisi
Apakah anda remaja yang sering chatting sambil tiduran via smartphone? Apakah anda pekerja yang setiap hari menggunakan komputer? Hati-hati karena kedua hal di atas memiliki risiko miopi, untuk mencegah miopi anda harus mengatur jarak pandang mata anda dengan komputer, smartphone atau Televisi. Anda juga harus mengatur pencahayaan atau kecerahan, tidak boleh terlalu cerah atau terlalu gelap karena bisa mengganggu mata anda.

Tips Mencegah Rabun Jauh

Tips Mencegah Rabun Jauh (Ilustrasi)

2. beri mata anda pemandangan alam lepas
Bagi anda yang setiap hari bekerja di depan komputer, anda harus memanjakan mata anda dengan memberikan mata anda sebuah pemandangan alam lepas atau terbuka, lebih diutamakan melihat objek yang jaraknya jauh setidaknya 1 kali dalam seminggu, karena otot siliaris mata anda akan kembali rileks setelah setiap hari mengalami ketegangan dan terlalu sering melihat objek yang terlalu dekat .

3. basuhlah dengan air
Agar mata anda kembali fresh, cobalah dengan membasuhnya dengan air karena bisa mengurangi ketegangan otot siliaris mata

4. senam mata
Agar mata tidak tegang dan kaku, anda bisa lakukan senam mata yaitu dengan cara melirikkan bola mata ke atas,bawah,kanan,kiri dan memutar karena dengan senam mata otot mata anda akan menjadi fleksibel.

5. makan makanan penting untuk mata
Pasti anda sudah tahu gizi makanan yang penting untuk kesehatan mata. Ya , itu adalah vitamin A yang sangat penting untuk kesehatan mata. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin A di antaranya wortel yang biasa kita jumpai dalam sayur atau sop .

6. istirahat yang cukup
Untuk kesehatan mata dan mencegah miopi, mata kita pun harus diistirahatkan dengan cukup. Anda bisa lakukan kapanpun misalnya ketika bekerja, pejamkan mata anda sejenak dan juga tidak boleh tidur terlalu malam atau memaksakan mata anda untuk terus terbuka karena itu akan merusak mata anda.

Demikianlah 6 Tips Mencegah Rabun Jauh (Miopi), semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*