6 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Berpuasa

Infosehatkeluarga.com – Puasa mengandung makna menahan diri dari makan dan minum, mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari, serta mengendalikan diri dari nafsu, emosi dan perbuatan tidak baik. Pola makan 3x sehari berganti menjadi 2x sehari, yaitu saat sahur dan berbuka. Banyak orang berpikir bahwa dengan berpuasa, pasokan energi kita akan berkurang. Tapi pada kenyataannya, tubuh manusia memiliki energi cadangan yang disimpan dalam bentuk glikogen. Glikogen ini dapat langsung diubah menjadi energi ketika tubuh kekurangan pasokan energi. Dan bila masih ada kekurangan, lemakpun dapat diubah menjadi energi.

Manfaat Puasa

Begitu banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita mau berpuasa. Baik itu untuk sisi rohani maupun sisi jasmani. Berikut ini manfaat-manfaat puasa:

  1. Dengan puasa, semua organ pencernaan diberikan waktu untuk istirahat, juga waktu untuk memperbaiki kerusakan.
  2. Puasa dapat mengurangi beban kerja ginjal dan hati sehingga membuat kinerjanya lebih baik lagi.
  3. Membebaskan tubuh dari radikal bebas yang berasal dari penumpukan racun, kotoran, dan sampah berbahaya. Dengan begitu tubuh akan terhindar dari bahaya kanker, maag, sembelit, penuaan dini, dan membuat kulit menjadi lebih sehat.
  4. Puasa mengurangi aktivitas mikroorganisme jahat yang masuk bersama makanan.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Meningkatkan daya serap terhadap nutrisi dan gizi.
  7. Ketika berpuasa, cadangan makanan berupa lemak dan glikogen akan dicerna, yang mana peristiwa ini tidak dapat terjadi bila tubuh tidak kekurangan energi. Dengan pengeluaran cadangan makanan ini akan memicu proses peremajaan sel-sel kulit, sehingga kulit lebih segar dan lembut.
  8. Dapat dimanfaatkan sebagai sarana diet. Tetapi, jangan sampai diet terlalu ketat yang menyebabkan penyakit. Atau makan berlebihan ketika berbuka puasa, karena hal ini dapat memberatkan kerja sistem pencernaan.
  9. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan penumpukan plak pada pembuluh darah, sehingga dapat melancarkan sirkulasi dalam tubuh, juga mengurangi risiko penyakit hipertensi, penyakit jantung, ataupun stroke.
BACA JUGA  9 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan

Tips Puasa Bagi Anak-Anak

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat saat puasa
Cara menjaga tubuh agar tetap sehat saat puasa


Puasa menjadi sarana yang tepat untuk mendidik kedisiplinan serta melatih anak untuk taat pada agama. Membangunkan anak-anak malam hari untuk sahur, sholat subuh, dan makan tepat waktu merupakan pembiasaan yang dapat melatih sikap disiplin dan taat agama.Puasa bukanlah hal yang harus dijauhi oleh anak-anak. Hanya cara pembiasaan yang tepat yang kita perlukan. Mengingat anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, kita juga harus memikirkan kecukupan gizi anak dengan mengatur menu seimbangnya untuk berbuka dan sahur. Selain itu, makanan jauh lebih menarik jika dipenuhi bermacam makanan.

Tips Menjalankan Puasa Bagi Penderita Maag

Perlu diperhatikan bagi penderita maag untuk makan secara teratur, tepat waktu, dan seccara bertahap. Artinya tidak langsung makan berlebihan ketika berbuka. Dengan cara ini, luka lambung tetap aman dan tidak menjadi parah. Sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gas, pedas, alko**hol dan kafein, garam yang tinggi, makanan yang terlalu panas ataupun dingin, makanan yang tinggi lemak, manis, dan asam.

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat saat puasa

  1. Sahur dan berbuka dengan makan makanan 4 sehat 5 sempurna.
  2. Porsi makan jangan berlebihan.
  3. Mengurangi makanan berkabohidrat tinggi. Makanan berkarbohidrat tinggi menyebabkan gula darah naik, sehingga insulin akan bekerja lebih cepat. Akibatnya, rasa lapar lebih cepat terasa.
  4. Makan lebih banyak protein, karena protein menahan rasa lapar lebih baik daripada karbohidrat.
  5. Jangan pernah lupakan sayur dan buah karena kedua makanan ini mengandung serat yang tinggi yang dapat menahan rasa lapar lebih lama.
  6. Awali sahur dengan minum susu atau camilan. Baru kemudian makan makanan yang lebih lengkap menjelang imsak.


Indira Prakoso - JV

Indira Prakoso - JV

Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi
Indira Prakoso - JV

Latest posts by Indira Prakoso - JV (see all)

Artikel Terkait dan Link Sponsor

6 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Berpuasa Post in | Last updated: October 2nd, 2017 | 85 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes berhitung dulu *