Tips menambah berat badan
Tips menambah berat badan

6 Tips Sehat Menambah Berat Badan

Tips menambah berat badan
Tips menambah berat badan

Masalah berat badan merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling ditakuti dan membuat orang khawatir akan kesehatannya. Banyak orang yang ingin sekali menjadi kurus, hanya karena timbangan menunjukkan kenaikan 1-2 kg. Padahal sebaliknya, orang-orang yang ingin menambah berat badan justru bersusah payah untuk menaikkan berat badannya. Banyak orang yang berfikir bahwa semua orang jika diberi asupan yang banyak, maka akan menaikkan berat badan. Tentu saja ketika seseorang makan/mengonsumsi sesuatu berat badan akan bertambah, tetapi sehatkah cara yang dipakai untuk menambah berat badan? Berikut Tips Sehat untuk Menaikkan Berat Badan :

6 Tips Sehat Menambah Berat Badan

  1. Jangan Makan Banyak, tapi Sering.

Ya, asupan merupakan faktor utama dalam menambah berat badan namun bukan berarti kita harus menaikkan porsi makan kita menjadi 2-3 kali lipat dari porsi biasa saat kita makan. Karena hal tersebut membuat tubuh menjadi terbebani dan kaget karena merasa kewalahan untuk dapat menampung makanan sebanyak itu. Jika anda makan dalam jumlah yang sama tetapi sering, proses penyerapan nutrisi yang ada di makanan menjadi lebih optimal dibanding makan banyak dalam satu waktu saja.

2. Mengunyah makanan hingga halus.

Metode makan yang kita pakai untuk makan pun harus diubah. Jika sebelumnya kita makan satu sendok hanya mengunyah beberapa kali saja/bahkan langsung ditelan, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan tersebut. Mengunyah makanan hingga halus dapat membantu proses menambah berat badan karena pada saat makanan yang halus masuk ke dalam sistem pencernaan manusia, maka nutrisi yang terserap akan lebih optimal. Sehingga vitamin, protein, dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dapat dengan mudah didistribusi oleh sistem pencernaan ke organ-organ yang membutuhkannya sehingga tidak terbuang sia-sia.

3. Minum air putih yang cukup.

Banyak dari kita sering menyepelekan kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni dengan mengabaikan minum air putih dan lebih gemar untuk mengonsumsi minuman lain yang belum tentu dapat menggantikan peran air dalam tubuh. Padahal, kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tubuh sebanyak 8 gelas perhari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang pada saat kita beraktivitas. Dalam membantu penyerapan nutrisi oleh tubuh, air membantu untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi dalam menambah berat badan.

[Baca juga: Kebutuhan manusia akan air dari janin hingga masa tua]

4. Ngemil (Makan camilan).

Ngemil merupakan salah satu pendukung bertambahnya berat badan, karena cemilan walaupun terasa ringan memiliki kadar kalori yang tidak sedikit pula. Ngemil juga merupakan salah satu cara untuk menambah nafsu makan, ketika kita ngemil dan tidak kunjung merasa kenyang maka kita akan tergugah untuk makan berat. Dari kegiatan ngemil inipun harus dikontrol agar tetap sehat dalam menambah berat badan, jangan ngemil makanan yang banyak mengandung gula dan kolesterol berlebih karena dapat berisiko terkena diabetes / penyakit lain.

5. Tidur yang cukup.

Tidur malam penting bagi kesehatan, di samping itu pula kurang tidur pun dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, stroke, dan lain-lain. Namun dalam menambah berat badan ada tips tersendiri. Yakni, jika kita ingin menaikkan berat badan hendaklah tidur malam minimal 7 jam dan usahakan menyisihkan waktu untuk tidur siang. Tidur siang dapat membantu dalam mengurangi bahaya kesehatan karena pada tidur siang dapat mengurangi hormon kortisol yang merupakan akar dari stres. Siang hari yang biasanya panas pun akan menggoda kita untuk mengonsumsi minuman yang “segar” seperti soda, dan minuman lain. Padahal mengonsumsi minuman tersebut kurang sehat untuk tubuh. Dengan tidur siang pun kita dapat terhindar dari godaan tersebut.

6. Olahraga.

Menambah berat badan bukan menjadi alasan untuk kita berhenti beraktivitas. Olahraga dapat menyehatkan dan menyegarkan badan, selain itu olahraga juga dapat meningkatkan massa otot kita. Dengan meningkatnya massa otot, berat badan otomatis akan bertambah dan cara yang kita lakukan pun sejalan dengan kesehatan kita yang tetap terjaga serta dapat menambah nafsu makan pula.

Demikian tips Sehat Menambah Berat Badan. Pergunakan waktu yang ada untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Jika kita berusaha dengan keras pasti akan berhasil, tetap semangat dan tetap menjaga kesehatan.

data-ad-format="link">
6 Tips Sehat Menambah Berat Badan Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 133 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *