Cara meminimalisir radiasi smartphone
Cara meminimalisir radiasi smartphone (Ilustrasi)

7 Cara Meminimalisir Dampak Radiasi Smartphone

7 Cara Meminimalisir Dampak Radiasi Smartphone – Kini sudah banyak smartphone yang merajalela di kalangan masyarakat, baik itu kalangan atas, menengah, maupun bawah. Tidak dipungkiri smartphone kini sudah disamakan dengan pakaian dan makanan sebagai kebutuhan primer. Fiturnya pun beragam tidak hanya bisa SMS dan telepon namun juga internet, musik, kamera, dan lainnya. Namun di balik semua kecanggihan yang ada pada smartphone ada sebuah kelemahan yang memiliki dampak besar bagi kesehatan yaitu radiasi sinyal elektromagnetik smartphone. Kali ini ada beberapa cara untuk meminimalisir efek dari radiasi smartphone/handphone.

7 Cara Meminimalisir Dampak Radiasi Smartphone

Cara meminimalisir radiasi smartphone
Cara meminimalisir radiasi smartphone (Ilustrasi)

1. Jangan terlalu sering digunakan

Zaman sekarang smartphone bukanlah hanya sekedar untuk SMS dan telepon, namun juga digunakan untuk berselancar di dunia maya dan mayoritas penggunaan internet digunakan untuk mengakses situs social networking. Namun kita menjadikan social networking sebagai sarana untuk meluapkan perasaan sehingga setiap saat anda akan mengakses social networking, hal seperti itu akan membuang waktu kita, menguras kuota internet kita juga, dan juga memiliki dampak negatif pada tubuh kita, karena ketika smartphone didiamkan maka radiasi sinyal smartphone kita masih seperti biasa namun ketika sinyal smartphone digenjot untuk mengakses internet maka radiasinya semakin tinggi. Maka dari itu gunakanlah smartphone sepentingnya saja.

2. Gunakan handsfree

Handsfree adalah salah satu perangkat aksesoris smartphone yang berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan musik, sebagai antena untuk menyetel siaran radio pada smartphone, dan juga sebagai alat untuk mendengarkan percakapan telepon. Dengan kita menggunakan handsfree ketika bertelepon itu akan meminimalisir radiasi dari smartphone, karena kepala kita akan berjauhan dengan titik pusat sinyal pada smartphone.

3. Gunakan Loudspeaker/Speaker

Menerima telepon tanpa menggunakan handsfree atau loadspeaker akan meningkatkan radiasi
Menerima telepon tanpa menggunakan handsfree atau loadspeaker akan meningkatkan radiasi (Ilustrasi)

Ketika anda sedang bertelepon dengan teman, kekasih, atau keluarga, pasti anda akan menemukan fitur speaker atau hening di layar smartphone anda ketika sedang bertelepon.

Namun tidak mungkin kita mengobrol dengan fitur hening, maka kita pilih speaker. Speaker adalah fitur dimana suara telepon smartphone kita menjadi keras bahkan menyamai suara musik di smartphone kita. Selain itu, dengan loudspeaker atau speaker kita sudah meminimalisir radiasi dari handphone kita karena sama halnya dengan penggunaan handsfree yang menjauhkan kepala kita dari titik pusat sinyal smartphone.

4. Jangan simpan smarthpone berdekatan ketika tidur

Menyimpan hp dekat kepala meningkatkan radiasi
Menyimpan hp dekat kepala meningkatkan radiasi (Ilustrasi)

Kebiasaan buruk masyarakat kita adalah menyimpan smartphone di samping kepala kita ketika kita tidur, itu akan menghasilkan dampak yang sangat buruk bagi tubuh kita terutama otak kita. Ketika tertidur berarti kita berusaha untuk mengistirahatkan atau mengurangi aktivitas otak kita. Apabila otak kita sedang berelaksasi namun banyak radiasi yang masuk ke dalam otak kita, maka kita akan merasa belum cukup tidur walaupun kita sudah bangun tidur dan juga dampak radiasi dari smartphone bisa menyebabkan gejala tumor otak bahkan kanker otak yang ganas.

5. Nonaktifkan smartphone atau aktifkan mode penerbangan

Apabila anda tidak bisa berjauhan dengan smartphone anda ketika tidur, anda bisa menonaktifkan smartphone atau mengaktifkan mode penerbangan karena akan menghentikan jalur transfer sinyal pada smartphone dan juga menghilangkan radiasi sehingga aman bagi kita.

6. Jangan simpan di saku celana

Menyimpan hp di saku celana menyebabkan radiasi
Menyimpan hp di saku celana menyebabkan radiasi (Ilustrasi)

Banyak smartphone zaman sekarang memiliki ukuran jumbo, banyak yang tidak cukup disimpan di saku baju atau kemeja sehingga disimpan di saku celana. Namun, banyak penelitian menyatakan bahwa smartphone yang disimpan di saku celana memiliki tingkat radiasi yang sangat tinggi dan juga memberikan efek negatif bagi pria karena karena radiasi smartphone memengaruhi kualitas “semen”.

7. Nonaktifkan handphone bila sinyal buruk

Bila sinyal smartphone kita begitu buruk dan selalu kehilangan sinyal lebih baik nonaktifkan smartphone kita. Hal seperti itu akan membuat smartphone kita boros baterai dan juga akan meningkatkan tingkat radiasi yang begitu tinggi.

Demikianlah artikel 7 Cara Meminimalisir Dampak Radiasi Smartphone, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- penyebab phobia, - gambar cara bertelepon, - evek bertelpon di load speaker, - dampak hp dekat kepala, - ciri ciri phobia ketinggian, - ciri ciri penyakit dampak sinyal radiasi, - cara menghilangkan rasa takut menurut islam, - cara menghilangkan radiasi smartphone, - cara mengatasi speaker hp smartphone agar radang suaranya, - cara alami menghilangkan rasa takut kepada orang lain

data-ad-format="link">
7 Cara Meminimalisir Dampak Radiasi Smartphone Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 43 views
Kontributor www.Infosehatkeluarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *