Cara mengatasi penyakit maag ketika berpuasa
Cara mengatasi penyakit maag ketika berpuasa (Ilustrasi)

7 Cara Mengatasi Penyakit Maag Ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Tentu saja datangnya bulan yang suci ini akan disambut hangat oleh seluruh kaum muslim. Seluruh umat islam wajib melaksanakan puasa penuh di bulan Ramadhan ini. Namun di balik suka cita berpuasa di bulan yang berkah ini, sebagian umat muslim yang menderita maag tentu adanya perasaan was–was untuk melaksanakan puasa penuh di bulan Ramadhan ini. Biasanya maag yang diderita ini akan kambuh pada saat perut kosong. Namun tentu saja ada beberapa trik yang bisa dilaksanakan bagi penderita maag supaya dapat menjalankan puasa sebulan penuh di bulan puasa ini.

Cara mengatasi penyakit maag ketika berpuasa
Cara mengatasi penyakit maag ketika berpuasa (Ilustrasi)

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi supaya maag tidak kambuh pada saat berpuasa:

1. Menyegerakan berbuka puasa

Ketika adzan magrib berkumandang, segerakan untuk berbuka. Janganlah menunda–nunda waktu berbuka supaya perut yang kosong dapat terisi kembali. Selain untuk menjaga kesehatan lambung Anda, menyegerakan berbuka puasa juga merupakan sunat puasa yang baik jika dilakukan bagi umat muslim.

2. Berbuka dengan makanan yang manis–manis

Saat berbuka puasa mulailah dengan makanan yang manis. Umat muslim sangat dianjurkan untuk berbuka dengan memakan kurma. Selain hukumnya sunat, berbuka dengan makanan yang manis dapat menormalkan kadar gula yang berada di dalam tubuh Anda. Hindari berbuka langsung dengan makanan besar seperti nasi dengan lauk pauknya karena dapat menimbulkan rasa mual. Makan nasi beserta dengan lauknya dapat dilakukan sejam kemudian setelah berbuka dengan yang manis–manis.

3. Sahur dengan makanan yang banyak mengandung serat

Sebaiknya ketika Anda sahur makanlah makanan yang banyak mengandung seratnya seperti sayuran. Alangkah baiknya sahur memakan nasi dengan lauknya berupa sayuran. Dengan memakan makanan yang banyak mengandung serat tersebut, pengosongan lambung pun akan berjalan dengan sangat lambat. Makanan serat juga baik untuk pencernaan tubuh Anda terutama di saat bulan puasa.

4. Hindari makanan yang asam dan pedas

Kurangi makanan–makanan yang asam–asam dan pedas–pedas. Tidak hanya bagi penderita maag saja, namun makanan asam dan pedas tersebut juga harus dikurangi bagi orang yang menjalankan puasa demi menjaga kesehatan tubuh di bulan Ramadhan.

5. Hindari minuman yang berkafein

Tidak hanya pada saat bulan puasa, namun di luar bulan puasa penderita maag tetap harus mengurangi ataupun tidak meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Selain kopi hindari juga coklat, soft drink, dan r*k*k karena dapat menyebabkan asam lambung di dalam tubuh meningkat.

6. Hindari tidur setelah sahur

Supaya terhindar rasa mual ketika memulai puasa, jangan pernah tidur setelah sahur. Biasanya kebanyakan orang akan pergi tidur setelah melaksanakan sholat subuh. Padahal tidur setelah makan itu tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

7. Minum obat maag

Jika maag Anda sudah cukup kronis, untuk mengatasi rasa mual atau maag yang kambuh bisa dengan meminum obat maag yang aman. Obat maag tersebut dapat diminum ketika berbuka puasa dan ketika Anda sahur.

Sakit maag bukanlah penghalang bagi umat muslim untuk tidak melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Beberapa tips Mengatasi Penyakit Maag Ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan di atas dapat dicoba bagi Anda supaya ibadah puasanya lancar dan tidak terganggu lagi oleh penyakit maag.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- info sehat ramadhan, - cara menghilangkan penyakit saat ramadhan, - Cara mengatasi sakit maag di bulan ramadhan, - cara mengatasi sakit maag d bulan puasa, - Cara mengatasi mag waktu bulan suci ramadhan, - cara mengatasi maag di bulan ramadhan, - cara mencegah sakit maag dibulan puasa, - cara berbuka puasa yang baik jika sakit lambung, - apakah yang dimaksud obat NON ditoko obaT, - tip sakit mag pada bulan puasa

data-ad-format="link">
7 Cara Mengatasi Penyakit Maag Ketika Berpuasa di Bulan Ramadhan Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 785 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *