Cara menghilangkan stres
Cara menghilangkan stres

11 Jurus Menghilangkan Stres

Infosehatkeluarga.com – Manusia hidup tidak luput dari  masalah. Setiap orang pasti memiliki masalahnya sendiri-sendiri baik mengenai, perekonomian, masalah pekerjaan, sekolah, kuliah, pertemanan, percintaan, keluarga ataupun masalah lainnya. Namun masalah ini janganlah dijadikan beban pikiran yang bisa menjadikan stress berat dan bingung untuk melakukan aktivitas  sehari-hari. Stress yang berkepanjangan dapat mengakibatkan ganguan kesehatan, bahkan ganguan jiwa.  Tak ada yang mampu bertahan dari dampak negatif akibat stres. Namun dampak negatif ini dapat diminimalisir dengan menjaga fisik tetap aktif. Lalu bagaimana Cara menghilangkan stres?

Fisik yang aktif akan menjaga tubuh tetap sehat sehingga mengurangi dampak stres. Latihan fisik juga bisa menghindari efek negatif lainnya misal fluktuasi berat badan, pusing, dan merasa lelah.

“Stres berdampak negatif bagi tubuh seperti peningkatan beban otot, tekanan darah, dan detak jantung. Seseorang perlu menemukan aktivitas tertentu untuk mengurangi dampak stres,” kata peneliti dari University of Alabama at Birmingham School of Education, Jane Roy.

Salah satu aktivitas yang dianjurkan Roy adalah latihan aerobik sederhana.  Latihan ini dapat mempengaruhi neurotransmitter tertentu yang memiliki efek antidepresan. Efek ini mempengaruhi kerja otak dan meningkatkan aliran darah pada otot. Peningkatan aliran oksigen akan menurunkan beban tekanan pada otot.

Roy, yang memiliki hobi tenis, mengakui manfaat aktivitas fisik untuk mengurangi efek stres. Saat berolahraga konsentrasi dan perhatian beralih pada permainan, strategi, serta keahlian. Olahraga yang dilakukan bersama teman juga merusak perhatian pada hal yang mengakibatkan stres.

11 Cara menghilangkan stres

  1. Cari pemandangan baru

Pergi keluar mencari pemandangan baru, dan berjalan kaki selama 10-15 menit bisa meredakan stres. “Riset membuktikan lingkungan alam bisa berfungsi sebagai destressor,” kata Roy.  Ia menambahkan, apa saja di lingkungan luar selama cuaca mengizinkan bisa menjadi pereda stres. Bila cuaca buruk, yoga atau latihan dasar bisa menjadi pilihan. Pelajari Rahasia Yoga Untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda.

  1. Tarik nafas dalam
Cara menghilangkan stres
Cara menghilangkan stres

Menurut para psikolong, menarik nafas secara lembut dan dalam beberapa menit sangat bermanfaat karena dengan cara ini stres akan berkurang dan diri kita menjadi lebih tenang. Dengan bernafas teratur dan dalam, hormone endorphin (hormone relaksasi dapat bertambah secara optimal. Ada baiknya juga melakukan olahraga yoga sambil menarik nafas dalam-dalam. Olahraga ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga peregangan saraf-saraf pusat yang mengalami ketegangan karena stres.

Stres mengakibatkan seseorang menarik nafas atau menahan napasnya. Latihan napas sederhana yang perlahan dan dalam menolong seseorang tetap rileks dan meredakan stres.

  1. Temukan hobi

Tetap senang dan menikmati melakukan sesuatu adalah cara terbaik tetap merasa rileks.  “Merencanakan aktivitas yang menyenangkan, menikmati hobi, dan mengerjakan sesuatu di luar pekerjaan bisa membatu meredakan stres,” kata Wilkinson.

  1. Makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur, dapat meningkatkan kerja sistem daya tahan tubuh. “Pola makan buruk mengakibatkan tubuh stres dan melemahkan daya tahan. Akibatnya seseorang lebih mudah terinfeksi penyakit,” kata Wilkinson.

  1. Berfikir positif

Berfikir positif sangatlah berguna untuk menghilangkan stress berat atau masalah yang kita alami. Cobalah untuk membuka pikiran dan terus berfikir hal yang positif. Selalu berfikir bahwa Tuhan akan memberikan hal yang terbaik di kemudian hari, dan berfikir bahwa anda akan sukses dan dilancarkan di hari berikutnya. Dengan demikian pikiran kita akan tenang dan stres akan menghilang.

Tetap berfikir positif akan membuat perbedaan perbedaan besar saat menghadapi stres. “Seseorang yang menyikapi sesuatu dengan negatif lebih rentan menghadapi stres, dibanding yang mampu berfikir positif,” kata Wilkinson.

  1. Tetap berhubungan dengan lingkungan

Dukungan dari teman dan lingkungan sekitar sangat dibutuhkan saat menghadapi stres. “Support yang minim akan meningkatkan kesulitan saat berhadapan dengan stres,” kata Wilkinson.

  1. Peregangan

“Stres yang terbangun berpusat di leher, punggung, dan tulang belakang. Stres menyebabkan sakit kepala dan menurunkan respons daya tahan. Latihan dan peregangan akan meredakan stres,” kata Evans.  Ia menyarankan untuk membiasakan beristirahat 10 menit setiap hari, dengan menutup mata dan tarik nafas dalam untuk membuat tubuh tetap rileks. Bila perlu seseorang bisa berteriak untuk melepaskan emosinya.

  1. Mendengarkan musik favorit

Dengan mendengarkan musik kesukaan, saraf-saraf dalam tubuh kita akan mengalami relaksasi secara optimal, dan jika musik yang kita dengarkan tepat, maka kita akan menjadi lebih senang dan bahagia.

  1. Tertawa dan berteriak lepas

Rasa bahagia tentu ditunjukkan dengan tawa, cobalah mencari sesuatu yang bisa membuat anda tertawa sejenak, misalnya dengan mencari video lucu di youtube, menonton funny video atau stand up comedy dan masih banyak lagi. Jika anda tetap merasa sulit untuk tertawa, anda bisa menghilangkan stres dengan berteriak lepas. Tetapi pastikan dulu tempat anda berteriak jauh dari masyarakat, misalnya di pantai, bukit, perkebunan luas, atau gunung. Sebab jika di tengah masyarakat, bisa menimbulkan keramaian. Baca juga: Tidak Hanya Penghilang Stres, Inilah Manfaat Lain Dari Tertawa.

  1. Lakukanlah refresing otak

Coba lakukanlah kegiatan untuk merefresh otak anda, misalnya berwisata dengan keluarga, atau teman tercinta. Jika anda tidak memiliki rekan untuk berwisata, pergi sendiri pun juga baik. Pergi ke tempat menyenangkan atau tempat berudara sejuk yang indah untuk melepaskan sejenak semua masalah yang anda hadapi. Dijamin stres anda akan hilang. Bahkan banyak orang bisa mendapatkan solusi dari permasalahan yang dihadapi setelah refresing atau berwisata.

  1. Mencoba menuntaskan masalah

Jika anda telah melakukan cara di atas namun stres anda tidak kunjung hilang, maka memang anda harus menuntaskan masalah yang anda hadapi, bagaimanapun itu solusinya. Karena memang ada beberapa masalah yang harus anda hadapi untuk diselesaikan. Misalnya masalah pekerjaan, selesaikanlah dengan sabar, mungkin dengan bantuan orang yang lebih ahli anda bisa mendapat solusinya.

Demikianlah artikel mengenai Cara Menghilangkan Stres, semoga tips di atas bisa membantu anda dalam menghindari stres berat pikiran akibat masalah yang tidak terselesaikan. Hindarilah cara-cara negatif seperti menyalahkan diri anda ataupun orang lain, atau lari dari masalah, karena cara itu tidak akan menyelesaikan masalah anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- kata menghilangkan stres

data-ad-format="link">
11 Jurus Menghilangkan Stres Post in | Last updated: March 19th, 2018 | 10 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *