7 Makanan Untuk Mencegah Stres

7 Makanan Untuk Mencegah Stres – Stres dan depresi sering merupakan gejala defisiensi magnesium yang berperan penting dalam metabolisme sel saraf dan regulasi 300 enzim. Konsumsi makanan kaya magnesium mencukupi kebutuhan tubuh untuk cegah depresi.

7 Makanan Untuk Mencegah Stres

Kakao dan Olahannya
Kebutuhan tiap individu kisarannya antara 300 hingga 400 miligram magnesium per hari. Asupan yang cukup akan seimbangkan aktivitas sistem saraf. Kakao memiliki kandungan magnesium sekitar 420 mg. Konsumsi produk olahnya berupa cokelat berwarna gelap mampu memenuhi 10 persen kebutuhan tubuh atas mineral ini. Keuntungan lain, kakao juga kaya unsur besi serta serat dan sumber anti oksidan

Kacang dan Biji-Bijian
Kacang mede, kacang tanah, biji quinoa, biji almond, biji labu dan biji bunga matahari juga memiliki kandungan mineral magnesium cukup tinggi. Kacang-kacangan ini juga kaya lemak tak jenuh serta protein.

Produk Olahan Kedelai
Kedelai juga punya kandungan magnesium tinggi. Tapi disarankan hati-hati mengkonsumsi kedelai, karena juga mengandung phytoestrogen yang bisa mengganggu keseimbangan hormonal. Lebih baik mengkonsumsi produk olahannya berupa tahu, tempe atau susu kedelai yang kadar phytoestrogennya lebih rendah. Tahu dan tempe mengandung magnesium lebih tinggi ketimbang daging dan ikan.

Polong-Polongan
7 Makanan Untuk Mencegah Stres 1
Keluarga kacang polong, kacang merah dan sejenis kacang merah yang berwarna putih mengandung rata-rata 140 mg magnesium per 100 gram. Mineral magnesium bersama dengan vitamin D mengatur absorpsi dan penyimpanan unsur kalsium yang diperlukan untuk regulasi sel tubuh.

Buah-Buahan Tropis
Pisang, mangga atau alpukat adalah buah-buahan yang kaya mineral magnesium. Mengkonsumsi buah-buahan secara rasional, memberikan asupan hingga 8 persen kebutuhan harian tubuh. Pisang segar hanya mengandung 30 mg magnesium sementara pisang yang dikeringkan kandungannya mencapai 110mg.

Sayuran
Terutama sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung cukup banyak magnesium. Sayuran hijau juga mengandung vitamin yang berperan memerangi molekul pemicu peradangan yang disebut cytokine. Sayuran banyak mengandung serat yang melancarkan pencernaan.

Sereal dan Padi-Padian
Gandum, beras merah, sorgum dan jelai juga mengandung mineral magnesium dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia. Sereal dan padi-padian juga diketahui berkhasiat sebagai anti peradangan. Dengan menyantap makanan sumber magnesium, orang tidak perlu lagi mengkonsumsi berbagai suplemen yang harganya relatif mahal. (Sumber: Deusche Welle / berbagai sumber)

Demikianlah artikel mengenai 7 Makanan Untuk Mencegah Stres, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*