manfaat dan kandungan gizi daun bawang
manfaat dan kandungan gizi daun bawang

7 Manfaat dan Kandungan Gizi Bawang Daun

Bawang daun atau sering juga disebut bawang perai merupakan salah satu sayuran yang digolongkan ke dalam golongan sayuran daun karena strukturnya yang mirip rumput. Pada umumnya, bawang daun sering digunakan sebagai penyedap masakan. Selain menyedapkan masakan, bawang daun juga memiliki kandungan gizi tinggi yang akan segera kita bahas. Selain kelebihan-kelebihan di atas, budidaya bawang daun juga cukup mudah.

SEJARAH

Bawang daun telah dibudidayakan sejak 3000 SM di daratan Israel hingga ke India. Pada zaman dahulu, bangsa Romawi memiliki keyakinan bahwa dengan memakan bawang daun akan membuat suara menjadi jernih dan kuat seperti ayam hutan. Oleh karena itu, Kaisar Romawi yaitu Kaisar Nero diduga sering mengonsumsi sup bawang daun untuk membuat suaranya merdu dan kuat.

manfaat dan kandungan gizi daun bawang
manfaat dan kandungan gizi daun bawang

Inggris mengenal bawang daun dari bangsa Romawi. Menurut legenda, ketika perang melawan bangsa Saxon tahun 1620, Raja Cadwallader menyuruh pasukannya menyematkan bawang daun pada topi mereka untuk sebagai tanda untuk membedakan diri dari musuh. Dan ternyata perang tersebut dimenangkan oleh Inggris. Karena peristiwa itu, Wales menganggap bawang daun sebagai simbol kebanggaan nasional.

KANDUNGAN GIZI

  1. Bawang daun memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 90%
  2. Bawang daun sangat rendah kalori, rendah lemak jenuh, rendah natrium, dan rendah kolesterol. Semua zat ini berpotensi menimbulkan penyakit stroke, hipertensi, obesitas, dan kolesterol tinggi tentunya.
  3. Bawang daun kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan vitamin B6.
  4. Bawang daun memiliki kandungan yang tinggi terhadap folat, mangan, magnesium, zat besi yang penting untuk pembentukan darah dan pertumbuhan.
  5. Bawang daun memiliki kandungan serat yang tinggi.

MANFAAT

  1. Bawang daun berguna untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap optimal serta menjaga berat badan agar tetap ideal.
  2. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, bawang daun sangat rendah kalori, rendah lemak jenuh, rendah natrium, dan rendah kolesterol sehingga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, mencegah keping darah menggumpal, dan mengurangi risiko serangan jantung.
  3. Vitamin C pada bawang daun berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Juga diperlukan dalam produksi kolagen sehingga membuat kulit tetap elastis dan terlihat segar.
  4. Daun bawang juga mengandung protein pembentuk kulit, urat pembuluh darah, dan ligamen.
  5. Manfaat lain dari vitamin C ialah sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
  6. Kandungan mineral dalam bawang daun berguna untuk menjaga kelancaran fungsi tubuh dan pertumbuhan serta perkembangan tubuh.
  7. Selain itu, bawang daun juga dapat berfungsi sebagai zat antiseptik dan antibakteri yang membantu melawan infeksi.

PERHATIAN!

Meskipun bawang daun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi disarankan bagi penderita gangguan ginjal untuk tidak mengonsumsi bawang daun terlalu banyak karena kandungan oksalat pada bawang daun dapat menurunkan absorbsi kalsium dan memberatkan kerja ginjal.

Sekian artikel saya mengenai 7 Manfaat dan Kandungan Gizi Bawang Daun. Semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
7 Manfaat dan Kandungan Gizi Bawang Daun Post in | Last updated: May 24th, 2017 | 572 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *