8 Akibat Dari Kemarahan Bagi Kesehatan dan Cara Meredamnya

8 Akibat Dari Kemarahan Bagi Kesehatan dan Cara Meredamnya –  Marah adalah perubahan sikap atau emosi yang ditimbulkan karena sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi dalam diri seseorang. Keadaan seseorang yang marah bagaikan ketika air di dalam tungku mendidih. Semua akan terasa panas karena sesungguhnya Tuhan menciptakan marah itu dari api dan menjadikannya sebagai salah satu sifat manusia.

Kemarahan seseorang merupakan luapan perasaan yang bertujuan untuk menentramkan jiwa. Dengan marah seseorang berpikir mampu membuat dirinya lebih tentram. Padahal sebenarnya tidaklah seperti itu, justru kemarahan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Dampak buruk yang terjadi pada kesehatan tidaklah ringan, melainkan banyak sekali bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan. Beberapa akibat kemarahan bagi kesehatan yang perlu anda ketahui sehingga akan menjadi motivasi untuk menahan kemarahan.

Berikut ini beberapa penyakit akibat dari marah adalah, sebagai berikut :

  1. Stress

Setelah marah akan menimbulkan stress, karena seseorang yang marah pasti memikirkan hal-hal yang rumit. Dia akan berpikir bahwa suatu masalah akan selesai dengan kemarahannya. Saat marah, orang akan mudah terpancing emosinya. Sedikit saja masalah yang menyentuhnya, dia akan meluapkan emosinya lagi sehingga masalah akan semakin rumit. Awalnya stress tetapi lama-kelamaan akan muncul penyakit lain, seperti : diabetes, gangguan usus, gangguan jiwa, dan lain-lain.

  1. Masalah Pencernaan

Marah juga dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pencernaan. Karena bila seseorang marah asam lambung dalam tubuhnya akan meningkat yang bisa menyebabkan penyakit lambung, atau masalah pencernaan lainnya.

  1. Gangguan Jantung

Pada saat marah, jantung akan berdebar lebih kencang dan detaknya akan terus meningkat bila dibandingkan dalam keadaan normal. Sehingga membuat tubuh anda mudah terkena serangan jantung.

  1. Gangguan Tidur

Ketika dalam keadaan marah, akan membuat hormon merasuk dengan hebatnya di dalam tubuh anda. Sehingga menyebabkan seseorang terganggu pikiran dan perasaannya yang menyebabkan tidak tenang. Ketika dalam ketidaktenangan inilah dapat menyebabkan gangguan dalam tidur, seperti : sulit tidur, tidur tidak nyenyak, mimpi buruk, dan lain-lain. Jika mengalami gangguan tidur akan membuat aktivitas yang dijalani menjadi terganggu. Jika Anda mengalami gangguan tidur, silahkan baca: Insomnia, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya.

  1. Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi)

Saat marah, tekanan darah di dalam tubuh akan naik sampai anda kembali tenang. Darah tinggi juga dapat memicu penyakit lain bagi tubuh.

  1. Gangguan pernapasan

Seseorang yang marah, sistem pernapasan dalam tubuhya tidak beraturan seperti ketika dalam keadaan normal. Karena tidak teratur itulah dapat memicu beberapa gangguan pernapasan yang bisa menyebabkan anda sulit bernapas atau bernapas dengan terengah-engah.

  1. Gangguan pada kepala

Saat kemarahan merasuki diri, membuat pembuluh darah berdenyut tidak normal. Menyebabkan terganggunya aliran darah ke seluruh tubuh termasuk juga pada otak. Dan ketika pasokan darah pada otak tidak sesuai porsinya bisa menyebabkan gangguan pada kepala, seperti : kepala pusing, migrain dan sakit kepala lainnya.

  1. Penyakit stroke

Yang paling parah akibat dari kemarahan adalah sakit stroke yang bisa menyebabkan sebagian bahkan seluruh tubuh anda menjadi lumpuh. Jika sudah seperti ini apa yang bisa anda lakukan?  Jika sudah terkena stroke akan sulit sekali menjadi normal. Karena penyakit ini membutuhkan proses penyembuhan yang cukup panjang.
Itulah penyakit yang bisa terjadi akibat hal sepele yaitu “marah”. Walaupun kelihatannya kecil tetapi dampaknya bisa sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Kesehatan begitu penting bagi kehidupan manusia. Karena jika tidak sehat seluruh aktivitas akan tertunda bahkan bisa mengalami kegagalan. Untuk itu kita harus selalu bisa mengendalikan diri saat amarah datang.

Baca juga: Bahaya Suka Marah-Marah Bagi Kesehatan

8 Akibat Dari Kemarahan Bagi Kesehatan dan Cara Meredamnya
8 Akibat Dari Kemarahan Bagi Kesehatan dan Cara Meredamnya (Ilustrasi)

Beberapa solusi untuk meredam amarah adalah, sebagai berikut :

1. Jika masalah datang, kita harus bisa berpikir tenang
Diam dululah dan tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Hal itu akan membuat kita memikirkan langkah apa yang harus diambil ketika menghadapi suatu masalah. Pikiran bahwa marah bukanlah cara terbaik untuk menyelesaikan suatu masalah. Setelah diam dan berpikir mulailah berkata-kata dengan halus serta menjaga sikap agar tidak menyakiti perasaan orang lain. Jangan pikirkan apa pemicu kemarahan tetapi bagaimana cara mengatasi permasalahan.

2. Pergi ke tempat yang mambuat anda senang, tenang dan nyaman
Setelah mengalami beberapa kejadian yang memicu timbulnya amarah, tentu pikiran akan terasa ingin pecah. Maka, jauhkan diri anda dari berbagai keributan. Datanglah ke tempat yang meneduhkan hati, mata, dan otak. Seperti : taman, masjid, kebun, laut, dan tempat lainnya yang bisa membawa kedamaian untuk anda.

3. Lakukan aktivitas yang membuat pikiran anda kembali jernih dan rileks
Dengan olahraga, mendengarkan musik, video, membaca novel, komik atau yang lainnya dapat mengurangi emosi. Melakukan kegiatan untuk mengalihkan amarah dapat membuat otot, pembuluh darah, detak jantung, menjadi kembali seperti normal. Menurut penelitan para ahli olahraga atau melakukan aktivitas fisik dapat memproduksi hormon yang membuat manusia menjadi bahagia.

4. Posisikan diri anda senyaman mungkin dan mengingat Tuhan
Saat kemarahan merasuki kecerdasan seseorang menurun drastis. Untuk menghindarinya posisikan diri anda senyaman mungkin jika marah dalam keadaan berdiri maka duduklah. Jika sedang duduk maka berbaringlah, jika masih tidak bisa segera bersuci atau mandi. Karena marah itu dari syaitan, syaitan terbuat dari api dan api akan padam jika terkena air. Dengan begitu, amarah dalam diri anda akan hilang.

5. Pikirkan akibat negatif dari kemarahan
Ingatlah dampak buruk yang terjadi yang bisa membahayakan diri sendiri. Pikirkanlah bahwa kemarahan akan membuat semuanya berantakan dan bertambahnya beban masalah. Dengan begitu anda mulai bisa mengontrol diri dari emosi yang berlebihan.

6. Selalu berpikir postif kepada apa saja yang terjadi
Jika terjadi suatu masalah pikirkanlah hal positifnya. Renungkanlah hikmah di balik semua yang terjadi dan tujuannya dalam membangun kesuksesan dalam hidup anda. Berpikir positif dapat membuat anda mengatur perasaan dan meningkatkan fokus anda. Selain itu, anda juga mengambil keputusan yang tepat dalam pemasalahan itu.

Meredam amarah memang sulit tetapi kita harus bisa sekuat tenaga melakukannya. Bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan, tetapi juga bagi pergaulan kemarahan sangatlah tidak baik. Seseorang yang pemarah biasanya dijauhi dan tidak disukai orang lain. Baik di lingkungan keluarga, masyarakat, tempat kerja, ataupun tempat umum, orang lain akan menghindar dari yang mudah terpancing emosi.

Seseorang yang gampang marah akan menimbulkan berbagai permasalahan dalam hidupnya. Misal, saat bekerja terkena coretan dari orang lain, kemudian marah, akan membuat seseorang manjauh dari anda. Atau saat menonton hiburan, diri anda tidak sengaja tersenggol, lalu marah dan menyakiti yang menyenggol, dapat membuat anda dilaporkan kepada polisi. Seseorang yang marah akan kehilangan kesadarannya. Dia tidak sadar bahwa perkataan dan perbuatannya bisa menyakiti perasaan orang lain.

Jika satu orang merasa tersakiti, ia akan mencari teman untuk membenci anda. Apabila tidak disukai seseorang akan menganggu segala aktivitas yang anda jalani sehari-hari. Marilah rubah kebiasaan marah dan jadilah orang yang menyenangkan.

Demikianlah artikel mengenai 8 Akibat Dari Kemarahan Bagi Kesehatan dan Cara Meredamnya, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- darah panas punca kemarahan, - Akibat marah2 terus, - akibat menahan emosi, - akibat sering menahan marah, - penyebab leher terasa sesak saat marah, - jantung berdebar saat emosi, - cara menahan emosi yang berlebihan, - mudah terpancing emosi apa penyebabnya, - cara menghilangkan angin di ulu hati, - akibat menahan amarah

data-ad-format="link">
8 Akibat Dari Kemarahan Bagi Kesehatan dan Cara Meredamnya Post in | Last updated: February 11th, 2018 | 10,991 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *