8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

By | August 22, 2015
8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami 1

8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami – Menurut penelitian, 7 dari 10 orang dewasa mempunyai resiko terserang stroke karena tekanan darah tinggi. Aktivitas yang tinggi, kurangnya olahraga, istirahat yang kurang, pola makan yang tidak sehat dan berbagai pola hidup yang tidak sehat akan memicu seseorang terserang tekanan darah tinggi.

Untuk orang yang masih sehat, terlebih untuk yang sudah terlanjur divonis memiliki tekanan darah tinggi, berikut ini kami berikan 8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami.

8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Olahraga secara rutin:

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda dapat melakukan olahraga ringan, misalnya joging atau sekedar jalan-jalan secara rutin. Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Olahraga dapat meningkatkan daya serap oksigen, memperbaiki fungsi jantung, memperkuat daya tahan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit dan tentunya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengonsumsi yogurt :

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa yogurt banyak mengandung kalsium yang dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih lentur. Pembuluh darah yang lentur akan menyebabkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi.

Memakan pisang lebih sering:

Untuk Anda yang menderita tekanan darah tinggi, pisang sangat disarankan untuk dikonsumsi. Pisang diketahui mengandung kalium yang berguna untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang pada akhirnya akan menurunkan tekanan darah tinggi.

Hindari asin, setidaknya kurangilah:

Garam diketahui dapat secara langsung meningkatkan volume dan tekanan darah pada pembuluh arteri, karena itu hindarilah makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Selain terdapat terdapat pada makan yang asin, kadar garam yang tidak sehat juga terdapat makanan cepat saji, makanan instan dan berbagai makanan olahan.

8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami (Ilustrasi)

Diet dan turunkan berat badan Anda:

Berat badan yang tidak idela dan terlalu berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi karena secara otomatis jantung Anda bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Kurangi kerja lembur:

Para karyawan yang sering bekerja lembur memiliki kemungkinan terserang tekanan darah tinggi sampai 29%. Kerja lembur tentu membuat Anda kurang istirahat dan terlalu lelah. Badan tidak fit tentu akan mengganggu fungsi tubuh, salah satunya adalah tekanan darah tinggi.

Hindari Kopi dan Stop merokok!!

Rokok yang mengandung nikotin dan kopi yang mengandung kafein akan memicu tubuh untuk memproduksi adrenalin lebih banyak. Adrenalin akan memaksa jantung bekerja lebih keras dan berdetak lebih cepat. Kerja jantung yang berat adalah satu faktor utama yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Kita tentu menyadari resiko tekanan darah tinggi, dan sudah semestinya bila kita tetap menjaga kesehatan dan menghindari berbagai hal yang dapat memicu tekanan darah tinggi seperti sudah disebutkan di atas.

Demikianlah 8 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *