Manfaat dan efek samping sawi putih
Manfaat dan efek samping sawi putih (Ilustrasi/pixabay)

8 Manfaat Sawi Putih

Meskipun namanya sawi putih, namun teksturnya berbeda dengan sawi pada umumnya. Sawi putih memiliki tekstur yang lebih seperti kol. Rasanya netral sehingga cocok diolah menjadi berbagai macam masakan. Tidak hanya di Indonesia, sawi juga populer di Korea sebagai bahan baku utama pembuatan kimchi.

Tak hanya lezat dimakan, sawi putih ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu:

  1. Mencegah Kanker

Di dalam sebuah sawi putih terdapat senyawa isotiosianat dan indol yang berfungsi untuk mengendalikan enzim dalam proses detoksifikasi serta dapat menghambat enzim penyebab kanker.

Selain itu, kandungan sulforan dalam sawi putih dapat mencegah timbulnya penyakit kanker payud*ra.

Manfaat dan efek samping sawi putih
Manfaat dan efek samping sawi putih (Ilustrasi/pixabay)
  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten yang cukup tinggi pada sawi putih berguna untuk mencegah naiknya kadar kolesterol jahat dalam darah. Kadar kolesterol yang menumpuk dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, hipertensi, dan penyakit jantung.

Selain itu, kandungan niasin sawi putih mampu mengurangi risiko serangan jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sawi putih kaya akan kandungan vitamin A yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan ketajaman penglihatan.

  1. Mencegah Osteoporosis

Sawi putih memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Vitamin K berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah, pengaturan protein dan kalsium dalam tulang dan darah sehingga kita dapat terhindar dari proses osteoporosis.

  1. Menghaluskan Kulit

Vitamin E yang terdapat dalam sawi putih bermanfaat sebagai makanan bagi kulit. Vitamin ini mampu mencegah radikal bebas dan menjaga kulit tetap halus.

  1. Mencegah Anemia

Sawi putih banyak mengandung asam folat yang membantu mengoptimalkan produksi sel darah merah sehingga mampu menghindarkan kita dari bahaya penyakit anemia (kekurangan sel darah merah).

  1. Menjaga Berat Badan

Sawi putih berguna untuk mengurangi jumlah hormon ghrelin dalam tubuh. Adanya hormon ini membuat kita ingin makan terus dan memberi rasa lapar pada tubuh.

  1. Mencegah Gondok

Penyakit gondok disebabkan karena pembengkakan kelenjar tiroid yang terdapat di daerah sekitar leher. Sawi putih mengandung senyawa goitrogen yang berfungsi untuk menghambat kerja kelenjar tiroid sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid.

PERHATIAN!

Meskipun sawi putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun sebaiknya sawi putih tidak dikonsumsi bagi Anda penderita penyakit ginjal. Hal ini disebabkan karena sawi putih mengandung banyak senyawa oksalat yang dapat menyebabkan terjadinya kristalisasi sehingga terbentuk batu ginjal.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- Manfaat sawi putih, - manfaat sawi putih untuk ginjal, - kandungan sawi putih, - manfaat dan efek samping sawi putih, - manfaat sawi putih pada penderita anemia, - manfaat sawi putih untuk kelenjar, - manfaat sawi putih buat ginjal, - Www manfaatsawiputih, - efek samping sawi putih, - efek

data-ad-format="link">
8 Manfaat Sawi Putih Post in | Last updated: November 22nd, 2016 | 522 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *