8 Tips Cepat Sehat dan Bugar Pasca Operasi Caesar

Tips Cepat Sehat dan Bugar Pasca Operasi Caesar
Tips Cepat Sehat dan Bugar Pasca Operasi Caesar (Ilustrasi/wikipedia)

Saat ini banyak wanita yang memilih operasi caesar untuk persalinan anaknya daripada proses persalinan normal. Berbagai faktor menjadi alasan kenapa para wanita lebih memilih operasi caesar. Faktor-faktor tersebut seperti prosesnya yang tidak sakit, karena alasan fisik tertentu seperti pinggul kecil, bayi sungsang dan sebagainya. Namun ada juga yang memilih operasi caesar karena dengan operasi caesar kita bisa menentukan tanggal kelahiran bayi.

Meskipun banyak keuntungannya, bukan berarti operasi caesar ini tidak ada kelemahannya. Di bandingkan dengan persalinan normal, pemulihan operasi caesar jauh lebih lama sebab adanya pembedahan pada bagian perut untuk mengeluarkan bayi. Tak heran bila setelah operasi sebagian wanita menghabiskan lebih banyak waktu untuk beristirahat di tempat tidur. Susah bergerak kalau luka bekas operasi belum kering.

Para wanita pastinya tidak ingin berlama-lama berbaring di tempat tidur setelah operasi caesar. Mungkin banyak target yang harus dicapai. Urusan rumah tangga juga menjadi terbengkalai. Apalagi kalau belum maksimal merawat si buah hati karena masih merasa lemah dan nyeri sana sini.

Bagi kamu yang baru pertama operasi caesar, ingin segera sembuh serta sehat bugar kembali agar bisa beraktivitas kembali secara normal, kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips di bawah ini :

8 Tips Cepat Sehat dan Bugar Pasca Operasi Caesar

  1. Terkait menghindari munculnya rasa sakit pada bekas operasi

Operasi apapun jenis dan tujuannya tidak ada yang enak. Bekasnya pasti menimbulkan perih dan nyeri yang bahkan sangat menyiksa bagi sebagian orang. Namun, kamu bisa mengatur strategi agar rasa perih dan nyeri itu tidak semakin kuat. Apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa sakit pada sayatan bekas operasi ini?

Kamu harus menjauhi makanan yang bisa menyebabkan sembelit. Kenapa? Karena sembelit akan meningkatkan rasa sakit pada sayatan bekas caesar. Makanan yang harus dihindari adalah daging merah, produk gula, produk susu dan lainnya.

Sebaiknya kamu juga menjaga diri agar tidak mengangkat beban-beban yang berat karena dapat menekan perut sehingga menimbulkan sakit pada bekas operasi. Selain itu, kamu juga menghindari naik turun tangga. Ini akan meningkatkan rasa nyeri dan perih di bekas operasi. Kalau kamu bandel, bisa saja bekas operasi malah lama keringnya.

BACA JUGA  Rahasia Langsing Kate Middleton Akhirnya Terungkap

2. Tetap santai

Di balik rasa bahagia atas kelahiran bayi, para ibu biasanya juga stres karena disibukkan dengan mengurus segala keperluan bayi. Para ibu menjadi sangat terfokus pada bayi sehingga terkadang lupa dirinya sendiri. Jangan terlalu stres, luangkan waktu untuk sedikit bersantai.

Untuk menjaga si bayi, kita bisa minta tolong pada suami, si sulung, nenek, pengasuh atau siapapun itu yang bisa dipercaya untuk merawatnya. Harus bergantian dengan mereka. Juga harus menghindari dulu mengerjakan pekerjaan rumah. Kamu bisa minta pertolongan orang lain agar pekerjaan terbantu. Kenapa demikian? Jika kamu lelah dan stres bisa memperlambat proses penyembuhan. Jadi hindari stres dan kelelahan ya.

Ketika bayi tidur, kita juga bisa mencuri waktu untuk beristirahat. Atau setidaknya, rileks atau berendam di kamar mandi. Sesekali kamu harus menggerakkan kaki dan usahakan agar otot-otot perut tidak tegang sehingga kamu merasa lebih nyaman.

3. Merawat luka bekas caesar

Seperti luka-luka lainnya, sayatan bekas operasi sangat berpotensi untuk terinfeksi oleh bakteri atau virus. Oleh sebab itu, bekas operasi sangat perlu untuk diperhatikan kebersihannya. Jika tidak, akan menimbulkan masalah baru dan luka juga akan lama mengering.

Bagaimana tips untuk perawatan bekas caesar? Kamu bisa membeli cairan antiseptik untuk membersihkan luka bekas operasi setelah mandi. Selain antiseptik, kamu bisa melengkapi dengan cairan antibiotik. Jangan sembarang menyentuh bekas luka karena kalau tangan kotor akan sangat berbahaya.

Ketika harus menyentuh bekas operasi, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Selain itu, agar bekas operasi tidak mengalami iritasi, jangan membungkusnya dengan ketat. Berilah sedikit ruang dan longgar. Sesekali kamu juga bisa mengambil air es di kulkas dan mengompreskannya pada bekas luka jahitan operasi.



BACA JUGA  9 Cara Mengatasi Nyeri Persalinan tanpa Obat-obatan

Kadang luka juga terasa gatal dan menyiksa karena selalu ingin menggaruk. Kalau kamu tidak bisa menjaga tangan kamu, malah membuatnya makin parah dan lama kering. Pijatlah menggunakan krim dan minyak khusus untuk bekas luka operasi caesar. Biasanya krim tersebut tersedia di apotik.

4. Melakukan perawatan pijat dan refleksologi

Akhir-akhir ini perawatan kecantikan dan kesehatan semakin beragam. Beberapa pebisnis sangat detail dalam memanjakan konsumennya. Nah, tahukah kamu, sekarang juga tersedia pijak khusus pasca caesar di beberapa tempat perawatan tertentu.

Cobalah mencari informasi dan temukanlah tempat pijak serta refleksologi yang berkualitas. Perawatan ini akan sangat membantu kamu dalam mewujudkan keinginan segera pulih pasca persalinan caesar. Sejenak memanjakan tubuh dengan perawatan salon juga akan meningkatkan kenyamanan dan mengurangi stress kamu.

5. Aktif bergerak

Setelah operasi caesar bukan berarti kamu harus bermaja-manja dengan selalu berbaring di tempat tidur. Terus berbaring membuat darah tidak mengalir sehingga tubuh kita akan kehilangan kesegaran dan kebugarannya. Selain nyeri dan perih di sekitar perut serta paha, kamu juga akan merasa nyeri di berbagai area tubuh seperti punggung, leher dan lainnya.

Oleh karena itu, tetaplah bergerak seperti berjalan, senam kecil dan hal-hal yang bisa membuat sirkulasi darah lancar. Akan tetapi, harus diperhatikan gerakan tersebut tidak terlalu melibatkan gerakan paha dan perut sebab bisa menimbulkan luka bekas sayatan menjadi terbuka. Lakukan gerakan yang ringan dan pelan saja.

6. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Kita tidak hanya harus menjaga dari luar saja tetapi juga dari dalam, caraya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengandung banyak gizi seperti asupan vitamin, mineral dan protein.

Mungkin setelah operasi ada sebagian ibu-ibu muda yang kehilangan nafsu makan saking stresnya. Ingatlah, ini tidak hanya berkaitan dengan rasa perih dan nyeri yang kamu alami. Selain membutuhkan ASI untuk nutrisi anak, tubuh kamu juga harus sehat.

BACA JUGA  9 Cara Mengatasi Nyeri Persalinan tanpa Obat-obatan

Kalau malas makan, kamu akan kehilangan banyak energi. Kecemasan akan membuat tubuh semakin lemas. Selain makanan, penting juga untuk memenuhi asupan cairan di dalam tubuh agar tidak dehidrasi dengan cara banyak minum air putih ataupun jus buah yang sehat.

7. Istirahat yang cukup

Agar bisa segera sehat dan bugar, maka cukupi waktu istirahatmu dengan tidur 8 jam sehari. Jika pada malam hari terkadang bayi rewel dan membuatmu tidak bisa tidur dengan nyaman, tidurlah saat bayi tidur. Manfaatkan waktu ketika bayi tidur tersebut untukmu beristirahat juga. Selama pemulihan pekerjaan rumah mintalah bantuan orang lain untuk melakukannya.

8. Jangan melakukan “hubungan” dengan suami dahulu

Mintalah pengertian suami untuk tidak melakukan hubungan dahulu selama pemulihan. Karena aktifitas tersebut bisa melonggarkan jahitan bekas caesar dan juga bisa menyebabkan rasa sakit pada bagian bekas caesar.

Nah, demikianlah 8 tips agar kamu bisa segera sehat dan bugar setelah menjalani operasi caesar. Bagaimana? Sudah siap untuk cepat sembuh? Semoga informasi ini bermanfaat.



Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- berapa hari setelah operasi caesar boleh mandi, - bekas jahitan operasi caesar perih, - bolehkah minum es setelah operasi caesar, - melahirkan caesar tanpa sakit, - berapa lama rasa sakit setelah operasi caesar, - bekas operasi caesar masih terasa nyeri, - nyeri pasca operasi caesar, - bekas operasi caesar masih sakit, - bolehkah minum air dingin setelah operasi caesar, - obat penghilang rasa sakit setelah operasi caesar

Artikel Terkait dan Link Sponsor

8 Tips Cepat Sehat dan Bugar Pasca Operasi Caesar Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 51,202 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes berhitung dulu *