9 Manfaat dan Kandungan Gizi Nangka

Buah nangka memiliki rasa manis dan daging yang empuk dan kenyal sehingga banyak disukai. Apalagi warna kuningnya menggugah selera siapapun yang memandang. Buah nangka dapat dimakan langsung atau dibuat campuran minuman, misalnya es cendol, es teler, dan juice. Selain itu, nangka juga sering dibuat camilan, misalnya kue basah dan keripik. Sementara itu, daging buahnya yang masih mentah (tewel dalam bahasa jawa) dapat dimasak menjadi gudeg. Tidak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, bijinya juga bisa kita manfaatkan. Berikut ini ulasan lengkap mengenai manfaat dan kandungan gizi nangka:

  1. Nangka merupakan buah yang mengandung energi yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Dalam 100gram nangka terkandung sekitar 100 kalori. Sedangkan pada nangka muda, terkandung sekitar 50 kalori.
  2. Nangka matang kaya akan vitamin A, B1, C. kandungan vitamin A-nya yang tinggi  dapat mengatasi penyakit pada mata, seperti rabun senja dan xerophtalmia.
  3. Warna kuning cerah pada nangka masak menandakan melimpahnya kandungan betakaroten yang berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, dan penangkal radikal bebas.
  4. Nangka, seperti pada buah-buahan lainnya, mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan sehingga dapat mengurangi sembelit.
  5. Nangka juga mengandung berbagai macam mineral. Contohnya, kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium. Mineral-mineral ini berperan dalam pembentukan sel darah merah, mempengaruhi kinerja jantung, paru-paru, dan organ vital lainnya.
  6. Biji nangka dapat digunakan untuk menggantikan kacang sebagai bahan masakan. Biji nangka kaya akan protein, fosfor, dan karbohidrat, bahkan melebihi kandungan dalam buah nangkanya sendiri.
  7. Biji nangka berguna untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.
  8. Biji nangka mampu melancarkan peredaran darah sehingga baik untuk kesehatan jantung dan organ penting lainnya.
  9. Biji nangka bagus untuk pertumbuhan rambut dan regenerasi sel-sel kulit. Caranya, giling biji nangka hingga menjadi bubuk, lalu oleskan pada kulit. Niscaya kulit yang keriput akan segera kembali segar dan kulitpun menjadi lebih mulus.
BACA JUGA  9 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan
Manfaat dan Kandungan Gizi Nangka
Manfaat dan Kandungan Gizi Nangka

PERHATIAN!



Nangka sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena mengandung gas dan alkohol. Gas yang menumpuk dalam tubuh dapat mengakibatkan perut kembung, sesak napas, perut sering berkontraksi, dan mempengaruhi pergerakan bayi dalam janin. Sedangkan alko**hol dapat menyebabkan kurangnya nafsu makan, muntah-muntah, diare, dan dapat mempengaruhi kondisi bayi ketika dilahirkan nanti.

Sekian artikel saya mengenai 9 Manfaat dan Kandungan Gizi Nangka. Semoga bermanfaat.



Indira Prakoso - JV

Indira Prakoso - JV

Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi
Indira Prakoso - JV

Latest posts by Indira Prakoso - JV (see all)

Artikel Terkait dan Link Sponsor

9 Manfaat dan Kandungan Gizi Nangka Post in | Last updated: October 22nd, 2017 | 64 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes berhitung dulu *