mengapa menangis itu sehat?
mengapa menangis itu sehat?

Alasan Ilmiah Orang Menangis dan mengapa menangis itu sehat

Infosehatkeluarga.com – Saya teringat nenek yang mengatakan jangan selalu membiarkan anakmu menangis, nanti terbiasa. Terlepas apa alasannya melarang cucunya selalu menangis, apakah karena menangis itu tidak baik? Namun ada banyak penelitian tentang manfaat menangis, dan jawaban singkatnya ialah menangis merupakan hal yang baik. Mengapa menangis itu sehat? Menangis mengaktifkan tubuh dengan cara yang sehat, dan menangis merupakan hal yang sangat positif dan sehat.

Alasan Ilmiah Orang Menangis dan mengapa menangis itu sehat?

Dalam sebuah survei, sekitar dua pertiga orang umumnya melaporkan merasa lebih baik setelah menangis, namun menangis memang mengobati suasana hati, tapi jangan berharap bahwa menangis bisa mengatasi semua masalah.

Mengapa kita menangis?

mengapa menangis itu sehat?
mengapa menangis itu sehat?

Tahukah Anda bahwa manusia merupakan satu-satunya makhluk di bumi ini yang menangis karena alasan tertentu sebagai refleks? Beberapa binatang meneteskan air mata sebagai respons fisiologis terhadap rasa sakit atau iritasi, namun manusia merupakan satu-satunya makhluk yang menangis karena perasaannya. Menangis tidak hanya terjadi saat sedang sedih. Emosi yang kuat seperti empati, duka, kemarahan, kebahagiaan, dan kebanggaan akan prestasi bisa menyebabkan kita menangis. Terkadang kita menangis saat kita tersentuh oleh seni, musik, alam, atau spiritualitas.

Sebenarnya, ada beberapa kontroversi tentang apakah tangisan itu benar-benar bermanfaat bagi manusia atau tidak. Charles Darwin percaya bahwa air mata emosional “tidak ada gunanya”, namun 150 tahun kemudian, para ahli sepakat bahwa menangis merupakan sesuatu yang baik.

Air mata karena emosional vs Air mata refleks

Air mata emosional muncul saat kita nonton film yang mengharukan atau mendengar lagu sedih. Sementara air mata refleks keluar saat memotong bawang, atau saat kesakitan yang merupakan respon tubuh terhadap rasa sakit dan iritasi.
Para ilmuwan telah menemukan beberapa bukti bahwa air mata emosional secara kimia berbeda dari air mata refleks. Air mata emosional mengandung kadar hormon stres, protein, dan mangan pengatur mood yang lebih tinggi. Menangis karena emosional bermanfaat seperti melepaskan banyak tekanan. Itulah sebabnya setelah menangis, Anda akan merasa lebih baik.

Air mata refleks juga keluar saat mata mengalami masalah, seperti yang pernah kita bahas dalam artikel Mengapa mata terus berair? Inilah penyebab yang mengejutkan.

Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang mengapa sebagian orang ada yang katanya cengeng, sedikit-sedikit menangis, namun faktanya ialah bahwa menangis bukan merupakan tanda kelemahan, meskipun pada faktanya bahwa bawaan biologis perempuan memang mudah menangis (Bisa Anda baca dalam artikel 13 Hal Tentang Tubuhnya Yang Tidak Diketahui Banyak Perempuan). Jadi lain kali, janganlah mencoba menahan air mata Anda, ingat bahwa menangis sebenarnya baik untuk Anda! Menangis melepaskan stres, dan membuka rasa kemanusiaan Anda.

Sepertinya ada hubungan timbal balik antara depresi dan menangis. Ketika seseorang merasa depresi kemudian menangis, maka perasaan depresinya akan menjadi plong, namun menangis juga menjadi salah satu tanda dari depresi. Nah lo, coba Anda baca Depresi: Penyebab, Gejala dan Cara Menghindarinya.

Demikianlah Alasan Ilmiah Orang Menangis dan mengapa menangis itu sehat, semoga bermanfaat. Maka sekarang menangislah!!

data-ad-format="link">
Alasan Ilmiah Orang Menangis dan mengapa menangis itu sehat Post in | Last updated: February 13th, 2018 | 34 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *