Apakah Leher Kesemutan, Tanda Kolesterol Tinggi?
Apakah Leher Kesemutan, Tanda Kolesterol Tinggi? (Ilustrasi/wikipedia)

Apakah Leher Kesemutan, Tanda Kolesterol Tinggi?

Infosehatkeluarga.com – Kolesterol adalah suatu substansi normal yang harus berada dalam tubuh. Kolesterol dibutuhkan untuk cadangan energi dan menjaga keutuhan sel-sel tubuh. Namun ketika kolesterol dikonsumsi berlebihan (kolestrol LDL atau kolestrol Jahat), banyak sekali permasalahan yang akan timbul. Salah satunya adalah penumpukan plak di saluran pembuluh darah, yang berpotensi merusak organ-organ yang dialiri oleh pembuluh darah tersebut, karena asupan darah dan energi yang mengalir melalui pembuluh darah tersebut menjadi berkurang.

Baca juga:

* Kolesterol Tinggi tak menunjukkan gejala

* Inilah tandanya kolesterol tinggi dilihat dari mata Anda

* Bahaya kolesterol tinggi di usia muda

Tidak ada gejala fisik yang ditimbulkan oleh kelebihan kolesterol jahat, namun gejala biasanya muncul untuk penyakit-penyakit berbahaya yang disebabkan kelebihan kolesterol, misalnya penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Yang harus diingat adalah, kelebihan kolestrol bukanlah penyakit. Namun apabila kadar kolestrol jahat dalam darah tinggi sekali, ini akan meningkatkan risiko pembentukan plak di pembuluh darah dan menyebabkan kerusakan organ-organ yang dialiri oleh pembuluh darah tersebut. Kolestrol tinggi juga dapat menyebabkan hipertensi, karena meningkatnya tekanan resistensi pembuluh darah.

 

Apakah Leher Kesemutan, Tanda Kolesterol Tinggi?
Apakah Leher Kesemutan, Tanda Kolesterol Tinggi? (Ilustrasi/wikipedia)

Makanan gorengan yang menggunakan minyak yang dipakai terus menerus harus dikurangi. Banyaklah berolahraga untuk meningkatkan kolestrol baik (HDL) yang dapat membantu mencegah pembentukan plak yang bertanggung jawab dalam penyempitan di pembuluh darah. Perbanyak makanan tinggi serat dan yang mengandung antioksidan untuk mencegah kerusakan pembuluh darah dan organ. Daging sirloin dan kuning telur juga harus dikurangi.

Apakah Leher Kesemutan, Tanda Kolesterol Tinggi? 1
dr. Heru Sutanto Koerniawan

Sumber: dr. Heru Sutanto Koerniawan
www.MeetDoctor.com

Demikianlah artikel Apakah Leher Kesemutan, Tanda Kolesterol Tinggi?, semoga bermanfaat

data-ad-format="link">
Apakah Leher Kesemutan, Tanda Kolesterol Tinggi? Post in | Last updated: July 7th, 2016 | 7,223 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *