Asam Urat : Penyebab, Gejala, Makanan Pantangannya

Asam Urat : Penyebab, Gejala, dan Makanan Pantangannya– Saat ini asam urat sudah menjadi penyakit yang diderita oleh banyak orang. Dulu asam urat hanya diderita oleh orang berusia lanjut, namun kini banyak orang beusia muda yang sudah menderita asam urat. Kali ini kami akan mengulas tentang penyebab asam urat, gejala asam urat dan makanan yang pantang atau tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat.

Asam Urat : Penyebab, Gejala, Makanan Pantangannya

Penyebab Asam Urat:

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin adalah penyebab utama timbulnya gejala asam urat. Zat purin yang masuk dalam tubuh dalam jumlah berlebihan akan diproses dalam tubuh dan akhirnya berubah menjadi asam urat. Jumlah asam urat yang berlebihan dalam tubuh akan memaksa ginjal bekerja terlalu keras sehingga tidak mampu membuang asam urat yang berlebihan. Asam urat akan menumpuk di sendi dan menyebabkan sendi nyeri, sendi menjadi bengkak, radang sendi, sendi terasa panas dan sendi menjadi kaku.

Pada beberapa kasus, kegemukan (obesitas) juga dapat menjadi pemicu asam urat. Asam urat yang tidak ditangani dengan baik dapat berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

Gejala asam urat:

  1. Sendi terasa nyeri, linu, ngilu, radang, panas, kesemutan atau bengkak

  2. Gejala asam urat lebih sering terjadi pada pagi hari setelah bangun tidur.

  3. Rasa nyeri pada sendi terjadi berulang kali.

  4. Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, lutut, siku, tumit, dan pergelangan tangan.

  5. Dalam kasus yang parah, seorang penderita asam urat bahkan tidak mampu berjalan karena rasa sakit yang luar biasa pada sendi ketika mereka menggerakkan sendi tertentu, terutama kaki.

  6. Akibat lain yang ditimbulkan oleh asam urat adalah pengapuran tulang.

Asam Urat : Penyebab, Gejala, Makanan Pantangannya
Asam Urat : Penyebab, Gejala, Makanan Pantangannya

Makanan Pantangan Untuk Penderita Asam Urat:

Sebagian besar makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat adalah makanan hewani (segala jenis makanan yang diperoleh dari hewan). Namun ada juga beberapa jenis sayuran yang sebaiknya juga dihindari oleh penderita asam urat, selengkapnya akan kami jelaskan di bawah ini:

  1. Jeroan: babat, usus, hati, paru dan otak, ginjal, limpa

  2. Seafood: udang, kerang, cumi-cumi, kepiting, ikan teri, sotong, ikan sarden, remis, tiram



  3. Ekstrak daging abon dan dendeng.

  4. Makanan kalengan, misalnya sarden dan kornet sapi

  5. Daging sapi, daging kambing, daging kuda.

  6. Beberapa jenis unggas : daging angsa, bebek, dan kalkun.

  7. Makanan yang banyak mengandung protein dan lemak, misalnya telur, keju, es krim, kaldu/ kuah daging kental.

  8. Gorengan atau makanan bersantan atau makanan yang dimasak menggunakan mentega /margarin.

  9. Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas

  10. Beberapa jenis sayuran: bayam, asparagus, kembang kol, buncis, daun singkong, jamur kuping, kangkung dan daun pepaya.

  11. Kacang-kacangan: kedelai (termasuk tempe, susu kedelai tauco dan oncom), kacang hijau, kacang tanah, tauge, emping dan melinjo

Selain beberapa pantangan yang sudah disebutkan di atas, penderita asam urat harus minum air putih sedikitnya 8 gelas dalam sehari. Minum air putih dalam jumlah yang cukup akan meringankan kerja ginjal, salah satunya adalah membantu ginjal untuk bekerja membuang kadar asam urat yang berlebihan melalui urine ketika buang air kecil.

Demikianlah informasi tentang asam urat beserta penyebab asam urat, gejala asam urat, dan makanan pantangan atau yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat, semoga informasi kesehatan tersebut bermanfaat untuk Anda agar terhindar dari derita asam urat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- apa penyakit angin duduk, - cara pengobatan penderita sakit KRAM PIPI DADA, - mengatasi ketakutan yg berlebihan, - makanan yang dilarang saat nyeri tumit, - Makanan yang di hindari untuk nyeri tumit, - makanan penderita lutut bengkak, - makanan pantangan rang sendi tumit, - makan keju lutut bengkak, - tempe apa menyebabkan pengapuran?, - Asam urat di tumit dan pengapuran apa penyebabnya

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Asam Urat : Penyebab, Gejala, Makanan Pantangannya Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 1,326 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *