Bagaimana Ebola Menjangkiti Manusia?

Bagaimana Ebola Menjangkiti Manusia? – Virus ebola pertama kali muncul bukanlah dari manusia, melainkan hewan yang terinfeksi virus tersebut. Lalu bagaimana virus ini menjangkiti manusia?

Pembawa Virus Ebola
Codot dan kalong termasuk jenis kelelawar besar. Di Afrika, sebagian besar jenis hewan ini membawa virus di dalam tubuhnya, termasuk di antaranya virus Ebola. Tidak seperti manusia, kelelawar kebal terhadap virus-virus tersebut. Karena sering dijadikan bahan makanan, virus yang terdapat pada daging kelelawar dapat dengan mudah menjangkiti manusia.

Ancaman Tersembunyi Virus Ebola
Laporan ilmuwan yang dipublikasikan di jurnal PLOS Neglected Tropical Diseases menyebutkan, sebagian kelelawar di kawasan sejak lama membawa virus Ebola dan seringkali bersentuhan dengan manusia. Hal lain adalah kelelawar yang telah terjangkit virus bermigrasi ke Afrika Tengah.

Hewan Lain Menjadi Inang Virus Ebola

Bagaimana Ebola Menjangkiti Manusia?
Bagaimana Ebola Menjangkiti Manusia? (Ilustrasi)

Hewan yang menampung virus Ebola dari kelelawar juga menyimpan ancaman. Ketika kelelawar membuang kotoran berbentuk buah yang tidak dicerna secara utuh, hewan lain seperti Antilop atau tikus bisa memakan sisa makanan tersebut. Melalui cara itu virus Ebola menyebar dan mengepung manusia.

Akar Masalah
Satwa liar di Afrika sering diburu untuk dimakan. Dikenal dengan nama “Bushmeat,” daging hewan liar ini diolah dan dijual di pasar-pasar tradisional. Namun justru kebanyakan hewan-hewan tersebut membawa berbagai macam virus.

Ancaman Infeksi
Cara mengolah daging dianggap sebagai salah satu sumber masalah. Manusia bisa terjangkit virus hanya dengan bersentuhan dengan darah atau lapisan kulit dalam hewan. Bahkan di Eropa pun manusia dilarang menyentuh kelelawar tanpa sarung tangan, kendati jenis virus yang dibawa jenis kelelawar di benua biru ini kebanyakan tidak berbahaya.

Penulis: Hannah Fuchs/Deutsche Welle

Demikianlah artikel mengenai Bagaimana Ebola Menjangkiti Manusia?, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- kasiat buah dimakan codot, - cara kerja sistem pertahanan tubuh, - codot biru, - cara mengolah kalong, - buah yang dimakan kelelawar, - buah dimakan codot, - bakteri buah sisa kelelawar, - bahayakah sisa buah yg dimakan kelelawar bila dimakan sama manusia, - bahaya mengkomsumsi codot, - virus ebola seperti apa

data-ad-format="link">
Bagaimana Ebola Menjangkiti Manusia? Post in | Last updated: October 27th, 2014 | 168 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *