Bagaimana Menghadapi Anak Pengidap Autis? 1

Bagaimana Menghadapi Anak Pengidap Autis?

Autis adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan saraf dan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak-anak. Anak-anak pengidap autis memiliki masalah dengan cara bicara dan konsentrasi, sehingga sulit bagi mereka untuk belajar sesuatu. Bagi kebanyakan orang tua yang memiliki anak Autis tidak tahu bagaimana cara mengurus anak-anak mereka. Mereka terus memarahi kenakalan anak-anak tanpa mereka sadari bahwa sebenarnya ada masalah di dalam diri anak tersebut.

Namun, dewasa ini banyak kampaye digalakan untuk mendukung anak-anak Autis agar lebih di perhatikan. Hingga kini banyak bantuan-bantuan medis tersedia untuk anak-anak Autis untuk membantu mereka hidup lebih normal. Bantuan tersebut termasuk layanan terapi okupasi yang diarahkan untuk membawa konsentrasi anak-anak ke hal yang positif dan belajar hal-hal umum. Di beberapa titik terapi wicara diperkenalkan lebih dini untuk menghadapi masalah bicara. Para terapis profesional tahu persis bagaimana menangani kasus yang dilakukan bersama anak-anak pengidap Autis.

1. Batasi Asupan Makan Anak
Anak-anak penderita autis biasanya sangat hiperaktif . Mereka memiliki banyak energi yang perlu diarahkan kepada hal yang membuat mereka merasa aman dan tenang, berlari atau berputar, contohnya. Sifat hiperaktif ini biasanya ditunjang dengan beberapa makanan yang malah memperburuk keadaan mereka. Sebenarnya sangat dianjurkan bagi orang tua untuk bisa memilih-milih makanan apa yang sehat bagi anak. Jangan terlalu banyak memberi mereka gandum atau gula. Ini adalah cara untuk menjaga anak agar tetap tenang dan dapat berkonsentrasi secara penuh pada hal-hal lain.

2. Ajarkan Permainan Yang Mengasah Otak
Ketika ketenangan anak terganggu, anak menjadi lebih was-was terhadap lingkungannya, bahkan anak akan mulai mengeluarkan amarahnya secara berlebih. Orang tua harus sadar bahwa anak-anak pengidap Autis sangat membutuhkan ketenangan dan sangat labil emosinya. Nah, untuk mensiasatinya, ajak anak untuk mengikuti permainan yang Anda berikan. Misalnya menyusun balok-balok atau merangkai beberapa gambar menjadi utuh. Ini merupakan cara yang baik untuk dilakukan di rumah.

Bagaimana Menghadapi Anak Pengidap Autis?
Bagaimana Menghadapi Anak Pengidap Autis? (Ilustrasi)

3. Jangan Mudah Putus Asa
Keinginan setiap orang tua yang memiliki anak Autis adalah untuk melihat anak mereka tumbuh normal dan melakukan hal-hal yang seharusnya dilakukan pada semua tahap perkembangannya. Banyak orang tua putus asa saat melihat tak ada perubahan pada anak autis mereka. Penting untuk diingat bahwa setiap anak autis sangat berbeda dan tentu saja reaksi yang didapat juga tergantung terapi yang ditawarkan. Cobalah untuk tetap sabar dan berdoa, serta yang paling penting adalah jangan pernah menyerah menghadapi anak Autis.

Demikianlah artikel mengenai Bagaimana Menghadapi Anak Pengidap Autis?, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- memarahi anak autis, - cara mengatasi kenakalan anak autis, - bagaimana menjaga anak autisme, - cara menghadapi kenakalan pada anak epilepsi, - kenakalan anak autis

data-ad-format="link">
Bagaimana Menghadapi Anak Pengidap Autis? Post in | Last updated: May 21st, 2016 | 127 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *