Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang

Infosehatkerluarga.com – Membiarkan gigi berlubang  tentu saja berbahaya. Gigi berlubang jika didiamkan terus-menerus akan menyebabkan kuman menyerang saraf dan pembuluh darah di dalam gigi, serta menyebar ke seluruh bagian gigi. Pada saat kuman menyerang saraf dan pembuluh darah gigi, gejala yang timbul adalah sakit tanpa ada rangsang (sakit spontan) dan berdenyut terus-menerus. Biasanya jika rasa sakit ini bisa ditahan oleh pasien, atau dibantu dengan minum obat anti rasa sakit, maka rasa sakit akan hilang sementara dan pasien tidak akan mencari pertolongan ke Dokter Gigi.

Jika keadaan tersebut didiamkan saja dan tidak mendapatkan perawatan akibatnya bakteri akan terus melepaskan toksin-nya hingga menjalar ke bagian ujung akar gigi. Dan sebagai proses pertahanan tubuh dari pasien terhadap toksin bakteri, maka di bagian ujung akar tersebut akan terbentuk reaksi peradangan berupa abses, granuloma, atau bahkan kista pada bagian ujung akar gigi. Pada tahap ini, gejala yang dirasakan pasien adalah rasa sakit jika gigi ditekan atau dipakai mengunyah, terkadang timbul bengkak kecil di bagian gusi dekat akar gigi tersebut.

Tentu saja, jika eadaan tersebut dibiarkan kembali, kuman akan berlanjut melepaskan toksin-nya melalui pembuluh darah menuju ke organ-organ lain di seluruh tubuh. Dilaporkan beberapa kasus penyakit pada organ tubuh yang berkaitan dengan kuman yang berasal dari gigi berlubang antara lain, penyakit jantung, ginjal, lambung, dan sebagainya.

bahaya membiarkan gigi berlubang

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya segera mengunjungi Dokter Gigi terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat jika merasakan sakit akibat gigi berlubang.

Demikianlah artikel mengenai Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*