Bahaya Meninggal Mendadak Karena Asam Lambung, Hindari 5 Jenis Makanan Ini!

Meninggalnya Putri Indonesia Maluku 2016 pada 29 Desember 2016 lalu masih meninggalkan rasa duka yang mendalam. Terlebih, karena kematian mendadak Jean Patty dikarenakan oleh peningkatan asam lambung. Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan sebuah penyakit yang cukup awam dialami masyarakat Indonesia. Penyakit ini sendiri sebenarnya dikarenakan meningkatnya zat asam lambung ke arah esofagus atau rongga kerongkongan. Sifat asam dari zat ini menimbulkan perasaan tidak nyaman, hingga berujung pada rasa nyeri hingga terbakar di area dada. Rasa panas pada ulu hati pun kerap kali menjadi pertanda dari penyakit asam lambung ini.

Asam lambung, seperti yang dialami oleh Jean Patty, Putri Indonesia Maluku 2016 yang meninggal kemarin diakibatkan oleh tak berfungsinya saluran “pintu” esofagus, lower esophageal sphincter (LES). Melonggarnya LES ini bisa karena berbagai hal, mulai dari keadaan hamil, berat badan yang berlebihan atau kurang, gaya hidup tak sehat, hingga konsumsi makanan. Ya, makanan yang dikonsumsi pun memiliki peranan dalam ketidakmampuan LES menahan zat asam lambung.

Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan asam, menjadikan kondisi di dalam lambung menjadi semakin asam. Dan bisa diperkirakan akibatnya, zat asam lambung ini akan meningkat.

Mencermati dari fenomena penyakit asam lambung ini sendiri yang menewaskan Jean Patty, dr Mega Putri dari Klik Dokter menyebut ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah asam lambung. Dibawah ini 5 jenis makanan tersebut.

6 Jenis Makanan Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung

1. Makanan berlemak dan pedas

makanan penyebab asam lambung

makanan penyebab asam lambung (Ilustrasi/pixabay)

Kedua jenis makanan ini memang menjadi favorit untuk masyarakat Indonesia. Makanan bersantan dengan rasa yang pedas terbukti mampu meningkatkan nafsu makan menjadi berkali-kali lipat. Karena itu, tak heran bila makanan seperti gulai, rendang, hingga berbagai jenis makanan khas Padang laris manis. Tapi tahu tidak? Makanan berlemak dan pedas ini justru meningkatkan kondisi asam pada lambung.
Jenis makanan dengan rasa pedas dan juga berlemak ini bertahan lebih lama di dalam lambung, yang akhirnya meningkatkan kerja lambung dalam mencerna, yang menggunakan zat asam pada lambung.

2. Minuman karbonasi

Yang kedua yang harus dihindari ialah minuman berkarbonasi atau yang mengandung soda. Jenis minuman ini melepaskan gas yang akhirnya meningkatkan zat asam pada lambung pula.

3. Jeruk

Buah jeruk, meski memiliki banyak kandungan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, namun justru mampu membuat zat asam lambung meningkat. Terutama jeruk yang belum masam, serta jenis jeruk lemon dan jeruk limau.

4. Tomat

Sama seperti buah jeruk, tomat pun memiliki kecenderungan untuk meningkatkan asam lambung. Banyak orang mengira buah tomat yang sudah dimasak, atau produk olahan dari buah tomat sudah aman dari pemicu asam lambung ini. Namun pada faktanya, baik buah tomat segar atau olahan tetap dapat meningkatkan asam lambung.

5. Daun mint

Daun mint memang tidak secara langsung meningkatkan kadar asam pada lambung. Daun yang kerap kali ditambahkan pada minuman ini justru makin memperparah heartburn atau rasa terbakar pada dada dan ulu hati.

Setelah membaca lima jenis makanan yang harus dihindari ketika menderita asam lambung diatas, semoga bisa lebih menjaga kesehatan ya! Karena sebenarnya, tak ada apapun di dunia ini yang lebih berharga selain tubuh yang sehat dan bugar. Salam sehat!

Leave a Reply

*