Khasiat bayam merah untuk kesehatan
Khasiat bayam merah untuk kesehatan (Gambar: 1001budidaya.com)

Bayam Merah Sahabat Darah

Tanaman bayam sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bahan masakan, misalnya membuat pecel, lalapan, sayur, gado-gado, dan keripik bayam.

Secara umum, bayam terbagi menjadi 2 jenis, yaitu bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik memiliki struktur fisik yang tegak dan berdaun lebar. Sedangkan, pada bayam cabut, ia memiliki batang berwarna merah atau hijau keputih-putihan. Tetapi ada juga bayam yang bisa dipetik maupun dicabut. Bayam yang sering dijual di pasar dan yang sering kita konsumsi ialah bayam cabut.

Khasiat bayam merah untuk kesehatan
Khasiat bayam merah untuk kesehatan (Gambar: 1001budidaya.com)

Bayam merah memiliki ciri-ciri sebagai berikut: batangnya lemah dan berair, bunganya ungu gelap, dan daunnya berbentuk bulat telur. Di setiap 100 gram bayam merah, terdapat 45 kkal, 3,5 g protein, 6,5 g karbohidrat, dan 0,5 g lemak.

Bayam merah dapat kita manfaatkan untuk menyembuhkan penyakit, antara lain penyakit ginjal, anemia, hipotensi, sembelit, disentri, dan mencegah rambut rontok. Karena kandungan seratnya yang tinggi, bayam merah cocok dikonsumsi untuk penderita kanker kolon, diabetes, dan kolesterol tinggi. Bayam merah juga dapat membantu proses diet. Bayam merah dipercaya lebih manjur mengobati penyakit dibanding bayam hijau.

Yang perlu diperhatikan ialah bayam merah berbahaya untuk dikonsumsi bagi penderita rematik dan penyakit persendian lain karena bayam merah mengandung purin yang cukup tinggi. Purin akan diubah menjadi asam urat oleh tubuh kita. Dan asam urat dapat menyebabkan penyakit persendian menjadi tambah parah.

Untuk membuat ramuan obat penyakit tekanan darah rendah, Anda dapat mengikuti resep berikut:

Bahan: daun bayam merah secukupnya.

Cara: ambil daun bayam merah secukupnya lalu bersihkan. Kemudian, rebus dengan 2 liter air dan bahan tambahan yang Anda inginkan, misalnya gula batu. Setelah mendidih, dinginkan. Setelah itu, ramuan bayam merah siap diminum.

Untuk membuat ramuan obat penyakit anemia, Anda dapat mengikuti resep berikut:

Bahan: daun bayam merah secukupnya, jeruk nipis, madu.

Cara: ketiga bahan tadi dicampur dan dibuat jus. Jus tersebut diminum sekali seminggu.

Untuk membuat ramuan obat penyakit disentri, Anda dapat mengikuti resep berikut:

Bahan: daun bayam merah secukupnya, dan sedikit garam.

Cara: bersihkan daun bayam merah. Kemudian, tumbuk hingga halus dan tambahkan sejumput garam. Peras dan ambil airnya untuk diminum.

data-ad-format="link">
Bayam Merah Sahabat Darah Post in | Last updated: October 21st, 2016 | 117 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *