Benarkah Sakit Kepala Bagian Belakang Identik dengan Kanker?

Benarkah Sakit Kepala Bagian Belakang Identik dengan Kanker? Sakit kepala yang terjadi pada bagian belakang adalah gejala kanker. Benarkah? Menurut medis, rasa nyeri yang terjadi pada kepala terutama bagian belakang tidak melulu penyakit kanker. Namun, bila adanya benjolan, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan langkah selanjutnya. Karena bisa jadi itu merupakan indikasi kanker. Jika ternyata tidak, bisa jadi itu disebabkan oleh syaraf kepala yang tegang atau kendur.

Penyebab sakit kepala bagian belakang

Posisi tidur yang salah pun bisa membuat kepala terasa sakit karena saat tidak sadar, kepala tertekuk dalam waktu yang cukup lama. Entah karena bantal yang berlebihan atau kurang hingga tempat tidurnya yang terasa tidak nyaman. Akibatnya, otot atau syaraf kepala akan tertarik dan mengakibatkan sakit kepala.

Penyebab lainnya yang juga perlu diwaspadai adalah terjadinya urat putus yang bisa memunculkan rasa sakit. Akan semakin diperparah jika ditambahkan dengan pikiran stres yang membuat pembuluh darah menjadi sempit.

Benarkah Sakit Kepala Bagian Belakang Identik dengan Kanker?
Benarkah Sakit Kepala Bagian Belakang Identik dengan Kanker? (Ilustrasi)

 

Gejala sakit kepala bagian belakang

Berikut ini gejala awal munculnya sakit kepala bagian belakang seperti :

Sakit Kepala Karena Tegang
Bagi sebagian orang, gejala ini biasanya diabaikan dan akan mendapat perhatian khusus jika rasa sakit kepala tak kunjung sembuh. Apalagi, jika dimulai dari daerah bahu, tengkorak dan berakhir pada otot leher. Biasanya, ini terjadi karena stres atau tekanan emosional yang begitu tinggi.

Sakit Kepala Karena Migren
Umumnya, sakit ini lebih berat dibandingkan karena ketegangan otot dan terjadi di salah satu sisi. Biasanya, wanita bisa sangat rentan terkena penyakit ini dibandingkan dengan laki laki. Pemicu utamanya adalah perubahan hormonal seperti menstruasi misalnya.

Sakit Kepala Karena Pasca Trauma
Kecelakaan atau terjatuh dan mengalami benturan di kepala sangat rentan munculnya penyakit sakit kepala pada bagian belakang. Meskipun pada saat kejadian tidak merasakan apa apa, namun seiring waktu rasa ini akan muncul yang bisa saja berlangsung cukup lama yaitu beberapa hari hingga bulan.

Sakit Kepala Karena Alergi
Alergi akut karena salah mengkonsumsi makanan hingga hiperaktifnya pertahanan tubuh bisa mengakibatkan sakit kepala. Jika dibiarkan terlalu lama, besar kemungkinan muncul sakit kepala yang cukup berat terutama pada bagian belakang.

Pantangan Bagi Mereka Penderita Sakit Kepala di Belakang

Gaya hidup tidak sehat yaitu mengkonsumsi makanan berlemak adalah salah satu jenis makanan yang wajib dihindari. Selain itu, makan makanan yang mengandung bahan penyedap rasa seperti MSG dan garam secara berlebihan pun berisiko menimbulkan penyakit yang satu ini. Mengapa? Karena kedua bahan ini tidak bisa diolah dengan baik oleh tubuh. Akibatnya, terjadi pengerasan pada pembuluh darah dan membuat darah mengental. Yang pada akhirnya membuat suply oksigen terhambat akibat suply darah menjadi berat.

Jadi, segeralah untuk mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga secara teratur. Dengan begitu, rasa sakit pada kepala yang bisa saja terjadi bisa diminimalkan.

Demikianlah artikel mengenai Benarkah Sakit Kepala Bagian Belakang Identik dengan Kanker? semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Benarkah Sakit Kepala Bagian Belakang Identik dengan Kanker? Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 873 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *