Berantas HIV/Aids dengan Pencegahan

Berantas HIV/Aids dengan Pencegahan – HIV/Aids merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Tidak sedikit orang-orang meninggal karena terkena HIV dan sudah mendunia bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang mematikan dan hingga saat ini belum dapat ditemukan obat untuk penyembuhannya.

HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yaitu suatu virus yang dapat menyebabkan munculnya penyakit AIDS. Virus ini biasanya dapat menyerang manusia serta menyerang sistem imun atau kekebalan pada tubuh, sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dalam menghadapi infeksi yang menyerang pada tubuh. Dengan kata lain adanya virus ini dalam tubuh akan menyebabkan kekurangan imun pada tubuh manusia. Sistem kekebalan yang turun terus menerus dapat menyebabkan defisiensi kekebalan pada tubuh. Orang yang tubuhnya defesiensi akan rentan terhadap ragam infeksi yang menyerang tubuh. Untuk AIDS sendiri merupakan singkatan dari ‘Asquired Immunodeficiency Syndrome / Asquired Immune Deficiency Syndrome yang menunjukan berbagai infeksi yang berhubungan dengan menurunnya sistem kekebalan pada tubuh.

Dengan maraknya HIV/AIDS yang sangat mengerikan itu. Lalu apa yang menjadi penyebab timbulnya penyakit tersebut? Sangatlah penting bagi anda untuk mengetahui bahaya virus HIV dan harus melakukan pencegahan terlebih dahulu. Dengan begitu andapun harus mengetahui secara pasti penyebab hadirnya virus tersebut diantaranya,

  • dosis terlalu tinggi menggunakan obat bius,
  • banyaknya pratek pergaulan bebas,
  • jarum suntik yang digunakan tidak steril bagi tubuh,
  • donor darah yang tidak diuji dan disaring melalui diskrining bebas HIV, dan
  • lemahnya pelayanan kesehatan,
  • penyebab lainnya virus HIV terhadap wanita adalah melakukan hubungan intim terhadap bukan pasangan begitupun sebaliknya yang terjadi pada laki-laki.
Berantas HIV/Aids dengan Pencegahan

Berantas HIV/Aids dengan Pencegahan (Ilustrasi/internet)

 

Penyebab HIV/Aids memanglah suatu yang dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu, dalam artian jarang dilakukan oleh banyak orang. Namun sayangnya kini telah merajalela dan telah mendunia apalagi di Negara-negara modern. Dan ternyata di Negara yang kita cintai ini masih ada saja bahkan makin meningkat saja jumlahnya. Jadi, apa yang harus dilakukan untuk memberantas AIDS ini?

Untuk mengurangi presentasi virus ini hendaknya kita melakukan pencegahan. Dengan pencegahan semuanya dapat diatasi daripada harus mengobati. Apalagi pengobatannya dalam jangka lama sekitar 10 – 15 tahun itupun kalau memang benar-benar dapat bertahan. Sayang umur, sayang badan, sayang keluarga kan? Yuk ikuti pencegahan sedini mungkin diantaranya,

  • menghindari pergaulan bebas,
  • menghindari perselingkuhan, melakukan hubungan intim di luar nikah, dan hubungan sesama jenis,
  • anda sebaiknya berhati-hati terhadap jarum suntik dengan tidak menggunakan bekas orang lain, terakhir,
  • sebaiknya jangan menggunakan obat terlarang yang dapat menghilangkan kontrol diri sehingga mendorong untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan tidak sah.

Cukup sebenarnya hanya 1 yang paling pokok, yaitu hindari hubungan intim dengan bukan istri Anda maka akan terhindar dari virus HIV. Dengan begitu Negara akan lebih aman sehingga yang terkena penyakit tersebut akan berkurang.

Demikianlah artikel mengenai Berantas HIV/Aids dengan Pencegahan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*