cara mengatasi anak susah makan
cara mengatasi anak susah makan (Ilustrasi/pixabay)

Bunda Perlu Tahu, Ini Lho Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Ketika anak mengalami susah makan, sebagai seorang ibu, tentu anda merasa khawatir sebab buah hati yang sedang tumbuh seharusnya mendapatkan gizi yang cukup dari makanan. Sebenarnya penyebab anak susah makan ini ada dua hal, yakni dari faktor fisik maupun psikis. Faktor fisik seperti anak sedang tumbuh gigi atau pun sedang sakit, tentu akan menjadikan nafsu makannya menurun. Sementara faktor psikis dapat berupa suasana tempat makan yang kurang menyenangkan, tidak makan bersama orang tua, atau pun ketika ia dipaksa makan makanan yang tidak ia sukai.

Cara mengatasi anak susah makan sebenarnya mudah untuk dijalankan, yang dapat anda lakukan bisa berupa menampilkan makanan dengan sajian yang semenarik mungkin agar anak suka. Disini kreatifitas bunda perlu ditunjukkan. Buat makanan dalam porsi kecil, terlebih agar anak tidak merasa terbebani untuk menghabiskannya. Sebaiknya membujuk anak untuk makan dilakukan dengan cara yang lembut dan menyenangkan, jangan sampai ada ancaman atau kemarahan, sehingga anak jadi terpaksa ketika menelan makanan.

cara mengatasi anak susah makan
cara mengatasi anak susah makan (Ilustrasi/pixabay)

Jika buah hati anda masih berusia 6 bulan, di usia tersebut sudah mulai dikenalkan makanan pendamping. Yang dapat anda lakukan yakni dengan memberikannya bubur susu, sari buah dan nasi tim ketika usia mulai bertambah. Untuk cara mengatasi anak susah makan usia balita, anda dapat mengajarkannya makan dengan benar melalui kegiatan menyenangkan, seperti menyiapkan makanan bersama serta menemaninya makan, batasi agar anak tak terlalu sering jajan, dan sebagai gantinya siapkan cemilan sehat untuk anak.

Saat anak berusia satu tahun, biasanya sudah mulai tumbuh gigi. Biasanya anak akan susah makan karena sakit pada bagian gusinya. Cara mengatasi anak susah makan usia satu tahun, anda bisa memberikan alternatif makan yang lunak sehingga tak mengganggu pertumbuhan giginya. Selain itu, coba variasikan menu makanan agar anak tak bosan.

Demikianlah cara mengatasi anak susah makan sehingga anda tak perlu bingung lagi ya bunda. Selain cara di atas, ada satu lagi cara paling ampuh yakni dengan melibatkan ayah di saat buah hati akan makan. Anak pasti akan sangat senang jika makan ditemani kedua orang tuanya.

data-ad-format="link">
Bunda Perlu Tahu, Ini Lho Cara Mengatasi Anak Susah Makan Post in | Last updated: March 16th, 2017 | 92 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *