Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan
Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan

20+ Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan

Tidur nyenyak merupakan cara yang paling masuk akal untuk menghilangkan kelelahan, tetapi mendapatkan jumlah istirahat yang disarankan tidak selalu merupakan solusi bahkan jika menggunakan obat tidur. Jika Anda merasa kelelahan, berikut ini Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan.

Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan

  • Jalan-jalan.

Ketika orang berpikir tentang olahraga, mereka sering membayangkan latihan intensitas tinggi, menurunkan kalori, dan mengeluarkan keringat. Tetapi untuk meningkatkan energi, Anda tidak perlu seekstrem itu. Jalan cepat selama 10 menit atau berjalan selama tiga menit dalam sehari, merupakan cara mudah berolahraga sambil menjalankan aktivitas keseharian Anda. Baca juga: 10 Manfaat jalan kaki di pagi hari.

  • Bersepeda
Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan
Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan

Seperti berjalan, bersepeda selama 10 menit dapat membuat jantung Anda memompa dengan baik dan meningkatkan energi. Bersepeda (atau berjalan kaki) juga merupakan cara yang bagus untuk menyerap sinar matahari dan meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh, yang juga dapat meningkatkan energi. Baca juga: Bersepeda merupakan salah satu dari 4 Hobi yang Dapat Membuat Anda Lebih Sehat.

  • Olahraga pada waktu yang tepat

Banyak orang yang giat berolahraga di pagi hari, namun waktu yang lebih baik untuk meningkatkan energi ialah olahraga di sore hari.

  • Mematikan layar beberapa kali sehari

Para peneliti di London telah menemukan bahwa teknologi dapat menjadi hambatan yang membuat kita merasa stres dan lelah, terutama ketika melakukan multitasking. Orang-orang yang sering di depan layar memiliki kelelahan otak yang sama seperti mereka yang melewatkan satu malam tidur. Untuk itu, sisihkan waktu di siang hari untuk mematikan semua layar dan gadget, terutama di kamar tidur.

  • Berdiri

Membungkuk di depan komputer dapat menyebabkan pembuluh darah menutup dan aliran darah menjadi lambat. Berdiri atau bahkan duduk tegak untuk mengendurkan leher dan bahu, dan membawa sirkulasi ke pembuluh darah yang menyempit.

  • Belajar berkata tidak

Penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak tugas di tempat kerja maupun di luar kantor dapat menyebabkan kelelahan serius, yang juga dapat berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular. Untuk kesehatan mental dan fisik, sebaiknya Anda mempelajari kemampuan Anda untuk melakukan tugsa-tugas tersebut. Belajar untuk mengatakan tidak jika ada tawaran pekerjaan di luar kemampuan akan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja Anda.

  • Praktek pernafasan dalam

Pola pernapasan yang digunakan dalam yoga menenangkan pikiran dan meningkatkan energi. Latihan ini dapat dilakukan dengan duduk di meja: Ketika kelelahan menyerang, duduk tegak, tutup mata, dan tarik napas dalam-dalam. Letakkan tangan Anda di perut saat Anda mengeluarkan napas, tekan perut Anda sembilan atau 10 kali untuk membantu melepaskan semua udara dari dada Anda. Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan oksigen mengalir ke dalam tubuh Anda.

  • Kurangi asupan gula dan tepung putih

Energi yang didapatkan dari gula dan tepung putih hanyalah menipu perasaan Anda. Ketika dikonsumsi, makanan memberikan lonjakan energi dengan cepat, namun kemudian menurun. Lonjakan dan penurunan kadar gula darah tidak menghasilkan apa-apa selain lebih banyak energi. Hindari makanan ringan dan makanan yang penuh dengan gula dan tepung putih ini. Baca juga: Bukan Garam Penyebab Hipertensi, Melainkan Gula.

  • Makan makanan yang tepat

Daripada mengonsumsi gula dan tepung putih, makan makanan yang mengandung antioksidan berbasis tanaman, asam lemak omega-3, vitamin B, zat besi, vitamin D, magnesium, dan seng, yang dapat meningkatkan energi dan menjaga lonjakan gula darah.

  • Sering mengedipkan mata

Daripada menatap layar tanpa berkedip selama berjam-jam, cobalah mengedipkan mata 10 hingga 20 kali semenit. Hal ini memungkinkan otak untuk beristirahat sejenak.

  • Minum banyak air putih

Dehidrasi merupakan penyebab besar kelelahan. Bahkan jika Anda tidak menyadarinya. Berusahalah untuk minum cukup agar urin Anda kuning pucat. Banyak makanan juga yang mengandung air yang dapat membantu Anda tetap terhidrasi. Baca juga: 6 Alasan Kenapa Anda Harus Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur.

  • Sarapan setiap hari
Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan - sarapan setiap hari
Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan – sarapan setiap hari

Mulailah hari Anda dengan sarapan, dan bukan hanya makanan ringan. Pastikan mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan sedikit lemak sehat. Baca juga: Sering Tak Ada Waktu untuk Sarapan? Anda Perlu Tahu 4 Bahaya Ini.

  • Snack

Protein membantu menjaga kadar gula darah, sehingga menambahkan camilan protein ke dalam diet Anda beberapa kali sehari merupakan cara yang baik untuk mengatasi kelelahan.

  • Teh hijau

Meskipun kopi paling banyak digemari, namun teh hijau memiliki manfaat yang sama atau bahkan lebih baik, terutama ketika menyeruputnya di sore hari. Epigallocatechin gallate, atau EGCG, ditemukan dalam teh hijau dikaitkan dengan penurunan berat badan, sedangkan sejumlah kecil kafein dalam teh hijau memberikan dorongan energi tanpa mengganggu pola tidur di malam hari. Baca juga: 9 Manfaat Teh Hijau.

  • Ngemil buah

Kombinasikan teh hijau dengan apel untuk mendapatkan banyak energi. Apel merupakan sumber antioksidan nabati yang sangat baik, vitamin C, karbohidrat kompleks, dan serat. Semua kandungan tersebut menjaga kadar gula darah. Buah beri juga merupakan pilihan yang bagus. Itu dapat memadatkan anthocyanin dalam jumlah besar, yang secara alami meningkatkan energi. Baca juga: 5 Khasiat dan Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan.

  • Memonitor tekanan darah

Hal ini sangat penting untuk pria. Tekanan darah tinggi merupakan sumber utama kelelahan dan kondisi kesehatan yang membutuhkan perawatan dan pengobatan. Baca juga: 8 Makanan dan Minuman Penurun Tekanan Darah.

  • Memeriksakan sinus

Jika Anda menderita alergi, Itu dapat menguras energi Anda. Masalah sinus dapat berkontribusi pada tingkat oksigen yang lebih rendah yang beredar melalui tubuh.

  • Bergaul dengan orang-orang yang energik

Apakah Anda punya teman yang selalu penuh energi dan motivasi? Bergaullah dengan mereka. Antusiasme mereka akan menular, meningkatkan suasana hati dan tingkat energi Anda.

  • Tertawa

Tertawa itu baik untuk jiwa dan tubuh. Tertawa meningkatkan detak jantung dan tekanan darah yang dapat menambah energi. Baca juga: Tidak Hanya Penghilang Stres, Inilah Manfaat Lain Dari Tertawa.

  • Menyelesaikan konflik dengan orang lain

Kondisi pikiran dan tubuh yang disebut sebagai kelelahan adrenal mungkin berasal dari konflik dengan orang lain. Ketegangan antar pribadi menyebabkan stres yang dapat mempengaruhi kondisi mental dan tubuh dan membuat Anda merasa sangat lelah. Strategi terbaik ialah keluar dari hubungan yang tidak baik dan selesaikan konflik sosial.

  • Turunkan berat badan

Kelebihan berat badan akan menguras energi Anda. Semakin ideal berat badan, semakin banyak energi yang Anda miliki. Baca juga: 22 Makanan ringan untuk menurunkan berat badan TERBAIK.

  • Menepuk dada

Seorang praktisi teknik kebebasan emosional, suatu bentuk terapi akupresur yang dikenal sebagai penyadapan, mengatakan bahwa timus dapat berperan dalam tingkat energi. Kelenjar ini terletak di dada di bawah tulang selangka. Menepuk area ini selama 20 detik sambil mengambil nafas dalam menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meredakan stres, dan meningkatkan energi.

  • Manjakan diri Anda

Cari tahu apa yang tubuh Anda butuhkan. Melakukan pemijatan setiap minggu, atau meluangkan waktu bersama teman setiap minggu.

Demikianlah 20+ Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
20+ Cara alami meningkatkan energi dan mengatasi kelelahan Post in | Last updated: April 30th, 2018 | 49 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan