Cara Lain Menangani Asam Urat saat Kambuh

Cara Lain Menangani Asam Urat saat Kambuh – Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang penanganan asam urat agar tidak kambuh sebagai berikut :

Cara Lain Menangani Asam Urat saat Kambuh

Penanganan asam urat agar tidak kambuh

Penanganan untuk penderita asam urat harus rutin berkunjung ke dokter atau rumah sakit. Dokter akan memberi obat hingga kadar asam uratnya kembali normal. Kemudian dokter akan memberikan nasehat untuk mengatur pola hidup sehat dan mengatur pola makan.

Pola hidup sehat
Asam urat bisa menimbulkan gangguan seumur hidup jika tidak diobati, asam urat juga bisa menimbulkan komplikasi penyakit seperti, cacat tulang, gangguan penglihatan, osteoporosis, dan gangguan ginjal yang bisa menyebabkan hipertensi, gangguan jantung, diabetes mellitus, dan stroke. Untuk mengurangi resiko terjadinya penyakit asam urat, sangat dianjurkan untuk melakukan olahraga dengan rutin. Berkurangya olahraga membuat sistem metabolisme tubuh kita lebih lemah dibandingkan mereka yang rajin berolahraga karena tidak terlatih bekerja “keras” mengimbangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk membentuk energi.

Cara Menangani Asam Urat saat Kambuh

Cara Menangani Asam Urat saat Kambuh (Ilustrasi)

Mengontrol pola makanan
Bagi penderita asam urat, mengontrol makanan dan minuman sangat disarankan oleh para dokter untuk menghindari kambuhnya penyakit tersebut. Penderita asam urat harus menghindari makanan yang mengandung purin, seperti daging sapi dan ayam, jeroan, serta hasil olahan kornet.
Beberapa jenis sayuran juga ada yang banyak mengandung purin, terutama daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis. Buah durian, alpukat, nanas, dan air kelapa juga tidak boleh dikonsumsi dulu.

Dianjurkan bagi penderita untuk memperbanyak minum air putih. Terapi ini bisa membantu membuang purin yang ada di dalam tubuh. Minuman berakohol sebaiknya dihindari jika tidak ingin asam uratnya kembali kambuh.

Jenis makanan yang sebaiknya dihindari penderita asm urat antara lain :

  • Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, dan tiram, cumi-cumi
  • Minuman berlkohol
  • Makanan kaleng, seperti sarden, kornet sapi dan lain-lain
  • Jeroan seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal dan lain-lain
  • Buah seperti, durian, alpukat, air kelapa muda, emping melinjo, dan lain-lain
  • Kaldu daging

Demikianlah Cara Lain Menangani Asam Urat saat Kambuh, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*