Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada Orang Dewasa, Anak dan Bayi

Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP ) Secara Umum:

  1. Penekanan dilakukan sebanyak 30 kali. Lalu lepaskan tekanan Anda dan biarkan dada korban kembali rileks ke posisi normal. Jeda waktu antara penekanan dan relaksasi diusahakan sama.
  2. Setelah mencapai 30 kali penekanan, hentikanlah sesaat dan lakukan dengan pemberian napas dari ulut ke mulut (ventilasi) sebanyak 2 kali. (Penekanan sebanyak 30 kali dan 2 kali ventilasi disebut 1 silkus RJP)
  3. Penekanan dilakukan dengan kecepatan paling sedikit 100 kali/menit terus menerus tanpa berhenti, sedangkan ventilasi dilakukan 8 sampai 10 kali/menit.
  4. Jika di lokasi ada orang lain selain Anda, bagilah tugas itu menjadi dua. Periksa denyut nadi dan napas korban apakah RJP yang Anda lakukan sudah berhasil atau belum.

Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP ) pada Orang Dewasa

  1. Baringkan korban dalam keadaan terlentang pada bidang yang datar dan keras, misalnya lantai.
  2. Anda harus berdiri di sebelah korban dan posisikan lutut Anda agar sejajar dengan dada korban.
  3. Posisikan kedua lengan Anda tegak lurus pada korban. Leletakkan telapak tangan Anda di atas di atas tulang “sternum” atau tepatnya di tulang tengah dada (pada wanita adalah di antara kedua buah dada). Letakkan telapak tangan yang lain di atas telapak tangan pertama Anda, sehingga kedua tangan saling bertumpukan. Posisikan lutut Anda merapat pada bahu korban.
  4. Lakukan penekanan pada dada korban dengan cara mencondongkan atau menjatuhkan badan Anda sekitar 4-5 cm ke dalam dada. Lalu lepaskan tekanan Anda dan biarkan dada korban kembali rileks ke posisi normal. Jeda waktu antara penekanan dan relaksasi diusahakan sama.
  5. Jika di lokasi ada orang lain selain Anda, bagilah tugas itu menjadi dua agar tidak cepaat lelah dan RJP berjalan lebih optimal.
Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada Orang Dewasa, Anak dan Bayi
Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada Orang Dewasa, Anak dan Bayi (Ilustrasi)

Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP ) pada anak

  1. Baringkan anak dalam keadaan terlentang pada bidang yang datar dan keras, misalnya lantai.
  2. Lakukan penekan dengan menggunakan satu telapak tangan tangan di tengah sternum atau tulang dada.
  3. Penekanan dilakukan  3 sampai 4 cm ke dalam dada anak paling sedikit 100 kali/menit.

Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP ) pada bayi

  1. Baringkan bayi dalam keadaan terlentang pada bidang yang datar dan keras, misalnya lantai.
  2. Lakukan penekan dengan menggunakan 2 atau 3 jari di tengah sternum atau tulang dada. Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan dada. Atau, Anda juga bisa menggunakan 3 jari lainnya, yaitu jari manis, jari tengah dan jari  telunjuk.
  3. Tekan tulang dada sampai turun kira-kira 1,5 inchi kedalam rongga dada bayi, lakukan paling sedikit 100 kali/menit.

Catatan : Untuk orang dewasa, tiupan napas dilakukan dengan kuat, sedangkan untuk anak-anak cukup dilakukan dengan tiupan sedang (hembusan napas dada), dan untuk bayi hanya dilakukan dengan napas dari hasil penggembungan pipi Anda.

Baca juga:

Demikianlah artikel yang berjudul Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada Orang Dewasa, Anak dan Bayi, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- resusitasi jantung paru, - cara RJP, - cara melakukan RJP, - prosedur RJP, - teknik rjp, - RJP pada bayi, - tehnik rjp, - prosedur resusitasi jantung paru, - cara resusitasi jantung paru, - resusitasi jantung

data-ad-format="link">
Cara melakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) pada Orang Dewasa, Anak dan Bayi Post in | Last updated: June 9th, 2016 | 34,962 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *