Cara Mendiagnosis Gejala Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Cara Mendiagnosis Gejala Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2 – Mengetahui apakah Anda mengalami gejala diabetes sangat penting dilakukan sedini mungkin sehingga apabila Anda positif menderita diabetes, pengobatan dapat dimulai sesegera mungkin. Jika Anda mengalami gejala diabetes, Anda harus mengunjungi dokter Anda secepat mungkin. Mereka akan bertanya tentang gejala-gejala yang Anda alami. Hal pertama yang dilakukan untuk mendiagnosa gejala diabetes adalah melakukan tes urin dan tes darah.

Tes urin dan darah untuk mendiagnosa gejala diabetes

Sampel urin akan diuji untuk melihat apakah mengandung gula darah dalam kadar yang tinggi. Urin biasanya tidak mengandung gula/ glukosa, tetapi jika Anda memiliki diabetes, glukosa bisa meluap melalui ginjal dan tercampur ke dalam urin. Urin akan diuji keton (bahan kimia) yang menunjukkan diabetes tipe 1.

Tes darah juga akan dilakukan untuk mendiagnosa diabetes. Sampel darah harus diambil pada pagi hari sebelum makan, dan akan diuji untuk mengukur kadar glukosa darah Anda. Jika kadar glukosa darah Anda tidak cukup tinggi, Anda harus melakukan Oral Glucose Tolerance Test (tes toleransi glukosa oral) atau OGTT. Hal ini juga kadang-kadang disebut sebagai Glucose Tolerance Test (toleransi glukosa menguji) atau (GTT).

Setelah minum minuman yang mengandung gula/ glukosa, sampel darah akan diambil setiap setengah jam, selama dua jam. Sampel akan diuji untuk mengetahui bagaimana tubuh Andabereaksi terhadap gula/ glukosa.

Hasil diagnosa gejala diabetes

Setelah tes toleransi glukosa selesai dilakukan, dapat diketahui apakah  Anda menderita diabetes atau Impaired Glucose Tolerance (gangguan toleransi kadar gula) (IGT).  Gangguan toleransi kadar gula akan diketahui berdasarkan jumlah kadar gula dalam darah, baik sebelum dan setelah minum minuman yang mengandung gula/ glukosa.

Cara Mendiagnosis Gejala Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Cara Mendiagnosis Gejala Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 (Ilustrasi)

Gula/ glukosa darah diukur dalam milimol per liter, sering juga ditulis sebagai mmol/l.

Jika Anda didiagnosa tidak menderita diabetes, kriterianya adalah sebagai berikut:

  1. Kadar gula/ glukosa kurang dari 6 mmol/l sebelum tes
  2. Kadar gula/ glukosa kurang dari 7.8 mmol/l, dua jam setelah tes

Jika Anda memilki IGT, kriterianya adalah sbb:

  1. 6-7 mmol/l sebelum tes
  2. 7.9-11 mmol/l 2 jam setelah setelah tes

Jika Anda didiagnosa menderita diabetes kriterianya adalah sebagai berikut :

  1. Kadar gula/ glukosa lebih dari 7 mmol/l sebelum tes
  2. Kadar gula/ glukosa lebih dari 11 mmol/l, dua jam setelah tes

Cara Mendiagnosis Gejala Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 1

Jika hasil tes Anda menunjukkan Anda memiliki IGT, atau bahkan didiagnosa menderita diabetes, Anda akan menerima resep yang harus Anda konsumsi secara teratur untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu kadar gula tetap terkontrol.

Di samping mengonsumsi obat untuk penderita diabetes, Anda harus merubah gaya hidup, pola makan, pola istirahat, dan pola olah raga yang tepat dan teratur sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter.

Banyak penderita diabetes bisa hidup dengan normal dengan mengikuti panduan dan saran yang diberikan oleh dokter. Sesekali, berkonsultasilah dengan para penderita diabetes, terutama mereka yang sudah meraih kesehatan. Contohlah segala sesuatu yang membuat mereka bisa menjalani hidup secara lebih sehat. Dan yang paling penting… tetaplah bersemangat untuk mengalahkan diabetes Anda !!!

Demikianlah Cara Mendiagnosis Gejala Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*